🌼 Bagian 6

18.1K 1.2K 19
                                    

Jangan lupa dibaca ilmunya ya gais
Ini dikutip dari salah satu sumber

SUNNAH-SUNNAH PENGANTIN BARU PADA MALAM PERTAMA

1. Mandi atau membersihkan diri.

Sebelum melakukan hubungan suami istri pada malam pertama, alangkah baiknya seseorang membersihkan diri terlebih dahulu dengan mandi. Hal tersebut sebaiknya dilakukan supaya kondisi fisik menjadi lebih fresh dan menghilangkan rasa lelah setelah seharian berdiri di pelaminan menyalami para tamu undangan.

2. Menyikat gigi.

Saat mandi, jangan lupa untuk menggosok gigi. Islam amat mementingkan kebersihan. Sebelum berjima', pastikan kedua pasangan sudah mandi dan gosok gigi sebelum melakukan malam pertama.

3. Berhias dan memakai wewangian.

Setelah mandi, khusus untuk wanita dianjurkan untuk berhias dan memakai wewangian agar suami dapat tertarik dan merasa senang kepada sang istri. Jika suami senang kepada istri dalam melayaninya, maka pahalanya sangat bagus dan menjadi amal ibadah.

4. Sholat sunnah 2 rakaat.

Sebelum melakukan malam pertama, bagi kedua pasangan disarankan untuk melakukan sholat sunnah. Tentunya hal ini menjadi salah satu cara untuk mencairkan suasana agar lebih nyaman. Sebagaimana Syaikh al-Albani Rahimahullaah berkata:

"Hal itu telah ada sandarannya dari ulama Salaf." (Shahabat dan Tabi'in).

5. Beri salam kepada istri.

Suami hendaklah mengucapkan salam terlebih dahulu 'Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh' kepada istri, sebagaimana yang pernah dilakukan Rasulullah.

6. Bergurau.

Setelah itu, berguraulah dengan pasangan untuk mencairkan suasana agar tidak tegang. Tentu saja suasana yang tegang tidak akan nyaman bagi pasutri. Sebaliknya ketika suasana santai dan rileks maka pasutri akan lebih bisa menikmati momen romantis ini.

7. Berdoa untuk istri.

Pengantin pria hendaknya meletakkan tangannya pada ubun-ubun istrinya sambil membacakan doa baginya. Rasulullah bersabda:

"Apabila salah seorang dari kamu menikahi wanita atau membeli seorang budak maka peganglah ubun-ubunnya lalu bacalah 'basmalah' serta doakanlah dengan doa berkah seraya mengucapkan: "Ya Allah, aku memohon kebaikannya dan kebaikan tabiatnya yang ia bawa. Dan aku berlindung dari kejelekannya dan kejelekan tabiat yang ia bawa"."

8. Membaca niat atau doa.

Tujuan membaca doa sebelum melakukan hubungan suami-istri adalah agar ketika sedang melakukan sunnah suami-istri ini, terhindar dari adanya gangguan setan serta calon keturunan yang akan dihasilkan juga dijauhkan dari gangguan setan yang terkutuk.

Nikah Dadakan [ END, lengkap ✅ ]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang