Aku sampai terbelalak mendengarnya. "Sal, yang bener!"
Gadis itu mengangguk yakin. "Aku gak bohong! Setelah kejadian itu, beberapa kali aku suka liat Feby siksa hewan! Ya gak sering juga. Tapi kan aku gak tau kalo aku lagi lengah, dia ngapain. Makannya, sebisa mungkin aku terus bareng-bareng sama dia. Untungnya, gak lama habis itu, Mas Arsen panggil ART buat kerja di rumah. Dulu rumah kita emang bukan di situ, dan dulu, rumah kita gak segede itu. Makannya pas pindah, aku bersyukur banget ada bibi yang bisa bantu urusan rumah. Ya... walaupun sesekali, Mas Arsen suka marah kalo aku jagain Feby terus, toh dia udah mulai gede. Jadi ya, pas aku bantu bibi dan biarin Feby main sendiri, aku gak tau dia ngapain aja. Walaupun cuma di dalem rumah, gak menutup kemungkinan juga dia nargertin hewan-hewan kayak cicak, kodok, tikus, ikan."
"K-kamu udah coba periksain dia ke psikiater gitu?"
Dia menggeleng. "Aku takut... Aku selalu yakinin diri aku, kalo Feby itu cuma penasaran. Di umurnya yang segitu, mungkin dia suka coba-coba hal baru, jadi ya,,, aku biarin. Toh selama ini gak ada yang tau tentang ini."
"Tapi Sal...ini udah gak wajar. Feby kayak....psi--"
"Jangan, Rhe!" Mata Salwa membulat. "Jangan sebut dia kayak gitu! Aku yakin dia baik-baik aja! Mungkin suatu saat nanti, dia bakal ngerti kalo ngelakuin itu tuh gak baik."
"Salwa...kalo dia cuma ngelakuin itu sama hewan, okay mungkin bukan masalah besar. Tapi sekarang, udah ada dua korban manusia! Bahkan salah satunya meninggal."
Dia menunduk. "Terus aku harus gimana?"
"Kamu udah coba ngomong pelan-pelan sama dia, kalo apa yang dia lakuin itu salah? Semisal kamu gak sengaja ngeliat dia lagi siksa binatang, apa yang biasanya kamu lakuin?"
"A-ku cuma bisa bawa dia ngejauh dari hewan-hewan itu, tanpa ngomong apapun lagi. Aku gak mau bikin dia sedih karena marahin dia, dan bilang apa yang dia lakuin itu salah. Aku cuma mau dia ngelakuin apa yang bikin dia seneng, dan ngalihin dia dari rasa kesepian dia pas di rumah. "
Aku benar-benar tak habis pikir akan hal ini. "Kamu harusnya kasih tau pelan-pelan, Sal..."
"Aku gak bisa, Rhe... Dia terlalu kecil... Aku gak tega buat marahin dia."
"Kamu gak harus marahin dia, tapi nasehatin dia pake cara halus."
Gadis itu kini menatapku, "Apa aku orang tua yang buruk buat Feby?"
Aku menghela nafas. "Enggak... Kamu udah kuat bertahan sejauh ini, ngerawat dia, ngedidik dia jadi anak baik dan sopan. Kamu orang tua yang baik. Tapi, kamu cuma terlalu lembut dan ngewajarin kesalahan yang dia lakuin aja. Itu yang bikin aku khawatir sama Feby kedepannya."
"Aku terlalu sayang sama dia sampe gak tega buat negur. Feby satu-satunya orang yang selalu nemenin dan ada buat aku pas kamu pergi. Disaat aku sedih, dia ada buat usap air mata mamanya. Pas aku seneng, ya karena alasan utama aku seneng itu, dia. Jadi, rasanya susah buat lakuin itu."
Memang benar, selama ini gadis itu mungkin hanya ditemani oleh anak semata wayangnya saja. Tak ada yang bisa membantu dan menghiburnya selain dirinya sendiri dan anaknya itu. Aku paham. Salahku juga yang sudah meninggalkannya.
"Yaudah, sekarang kita gak usah pikirin ini dulu. Aku harap, Feby gak akan lakuin hal-hal kayak gitu lagi. Di sini, aku bakal bantuin kamu, buat ngomong pelan-pelan sama dia kalau-kalau, dia beneran ngelakuin itu lagi."
Gadis itu mengangguk. "Makasih ya, Rhe... Kamu janji kan gak bakal tinggalin aku lagi? Karena sekarang, aku cuma ada kamu sama Feby. Mama sama Papa bahkan belum tau kejadian sebenernya. Cuma kamu yang bisa bantu aku dan ngertiin aku."
KAMU SEDANG MEMBACA
Why Can't I Hold You?
Teen Fiction(Completed) Bersahabat denganmu adalah hal yang paling menyenangkan di dalam hidupku. Namun memilikimu, mungkin akan menjadi hal yang paling terindah di dalam hidupku. Tapi sayang, sebab hal indah itu mungkin tidak akan terjadi. Kau tidak akan bisa...