Bab 6. Ilmu jiwa

6 1 0
                                    

Semilir angin yang sejuk,menerpa dedaunan yang melambai-lambai bagai menari di udara, meliuk kekanan dan kekiri searah dengan tiupan angin yang bertambah kencang. Dedaunan kering berwarna kuning berguguran menambah kesan aestetik pada suasana seperti ini.

Hamparan bunga mawar dan bunga lavender melengkapi keindahan di bukit Tanslavenia. Seorang gadis kini sedang bersandar pada sebatang pohon jati yang memiliki daun yang rimbun, sehingga siapa saja yang berteduh disana tak pernah merasakan panasnya matahari meski sang waktu telah beranjak menjadi siang.

Gadis itu ialah razya,putri kerajaan MoonRedgar yang sedang beristirahat sehabis berlatih dengan gurunya. Terhitung kini zya telah memasuki tahun ke empat masa belajarnya di Tanslevania. Ia terus berlatih berpedang, memanah, dan banyak hal lainnya dengan master leo dan master rawny.

Sungguh ia sangat senang berada di sini. Kedua master tersebut memperlakukan zya seperti anaknya sendiri. Tak ada formalitas dan sebagainya. Hanya ada interaksi antara keluarga yang seperti telah terajut dan terbentuk sedari dulu.

Zya memulai aktifitasnya dengan berlatih pedang di pagi hari. Sang master bilang,pagi hari merupakan waktu terbaik untuk berlatih pedang. Zya selalu berlatih pedang dengan master leo sampai siang, dan di sore harinya ia akan belajar memanah bersama master rawny. Kedua master tersebut juga mengajar beberapa orang diperguruan yang berada di lereng bukit Tanslevania. Zya juga sering bergabung bersama mereka. Berlatih bersama dan terkadang berburu bersama. Zya merasa senang dengan semua kegiatan sehari-harinya. Walaupun para murid master disini hampir semuanya laki-laki, tak membuat zya mempermasalahkan akan hal itu.

Memang di masa ini. pedang, berburu dan segala hal yang menyangkut persenjataan atau kerja berat merupakan ciri khas dari seorang pria. Para wanita tak pernah ikut serta dalam hah-hal tersebut.

Tugas seorang wanita hanya untuk menjadi cantik, anggun, beretika baik, pandai memasak dan segala hal yang menyangkut pekerjaan rumah.
Jarang sekali wanita yang memiliki keinginan untuk mencoba sesuatu yang identik dengan pria. Sehingga jika ada seorang wanita yang melakukan hal tersebut. Maka orang itu akan di sebut aneh dan berkelainan.

      ***

Sang guru menghampiri zya dan duduk disampingnya.

"Master rasa setelah bertahun-tahun master mengajar diperguruan ini. Baru kali ini master mengajar seseorang yang berambisi penuh sepertimu nak. Kau dapat mengusai teknik pedang yang master ajarkan dalam sekali latihan. Master rasa kau memang sangat berbakat dalam ilmu berpedang. Di usiamu yang masih belia, itu jauh berbeda dengan jiwamu yang layaknya seperti orang dewasa. Master bangga padamu zya, dan berharap kau akan menjadi seorang master pedang yang hebat dan tangguh di masa depan. Dan dapat menjadi contoh untuk semua orang bahwa tak ada batasan bagi seorang perempuan bermain senjata atau melakukan hal yang identik dengan pria. " master leo menatap zya yang duduk di sebelahnya.

Zya tersenyum tulus mendengar pujian dari sang master
"Terimakasih master, saya tidak bisa seperti ini tanpa bantuan master dan master rawny, tanpa kalian saya tidak bisa sepandai ini dalam bermain pedang dan yang lainnya."

"Karena sudah tugas master mendidik dan membagi ilmu kepada kalian semua." jedanya kemudian kembali berucap
"Dan setelah kamu menyelesaikan semua pembelajaran ini, master harap kamu tidak melupakan kami. Kami akan sangat kehilanganmu jika kamu pulang kembali ke istana. Kamu sudah master anggap sebagai putri kami zya. " master leo menatap zya dengan raut wajah sendu setelah mengatakan hal itu. Zya tersenyum mendengarkan penuturan sang master,ia mengambil napas sejenak lalu kembali menatap sang master.

"Seumur hidup saya, saya tidak akan pernah melupakan kalian semua. Master leo dan master rawny merupakan orangtua kedua bagi saya. Mana mungkin seorang anak akan melupakan orangtuanya sendiri. Saya berjanji jika saya telah kembali ke istana, sebisa mungkin saya akan sering berkunjung kesini menemui master, saya rasa yang mulia raja tidak akan keberatan akan hal itu".

KING or QUEENTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang