PART 29 (Cerita Farel)

10 1 0
                                    

"Dulu Maa, waktu awal-awal kuliah. Gua dibeliin mobil sama papa gua. Yah, gua inget banget. Waktu gua kecil, tepatnya waktu gua TK, papa gua memang suka banget sama BMW. Dulu gua punya BMW E30 seri 318i. Tapi, mobil itu harus terjual Maa karena keuangan keluarga gua yang gak stabil. Dan akhirnya, ya mobil kesayangan papa gua harus dijual. Dan akhirnya, papa gua bisa beli lagi mobil yang dia suka Maa, ya BMW itu. Itu dikasih ke gua untuk gua pakai selama kuliah," Farel menghentikan ceritanya sejenak. Ia menghisap rokoknya dalam-dalam dan menghembuskannya.

"Terus, gua ada kenal sama cewek. Dan akhirnya, kami berdua pun jadi dekat. Kami memang belum pacaran, tapi orang-orang banyak yang berpendapat kalau kami berdua ini udah pacaran. Tapi Maa, bagi gua PDKT selama 2 bulan itu belum cukup. 2 bulan terlalu singkat. Dan, yah akhirnya dia pergi, ninggalin gua. Gua gak bisa sepenuhnya nyalahin dia, karena anggapan dia, gua kelamaan nyatain perasaan gua ke dia Maa. Tapi gua juga nganggap dia salah, karena menurut gua dia terlalu buru-buru. Yah, mungkin dia ada salahnya, dan gua juga ada salahnya. Dan akhirnya ya gitu, kami balik lagi kayak orang gak kenal. Ya jadi orang asing lagi lah," lanjut Farel menjelaskan. Ia kembali menghisap rokoknya.

"Nah, selama gua sama dia kan, gua sering tuh pergi sama dia pakai mobil itu. Setelah dia pergi, waktu gua lagi bawa mobil sendirian, pasti gua selalu teringat sama dia Maa. Gua udah berusaha ngilanginnya, gua berusaha ngilangin semua kenangan gua sama dia, terutama di dalam mobil itu. Tapi gua gak bisa, gua gak bisa Maa," lanjut Farel. Farel mulai tertunduk. Air matanya hampir saja menetes. Puma pun menepuk punggung Farel untuk menenangkannya.

"Akhirnya, gua jual mobil itu Maa. Papa gua kaget waktu gua jual. Gua juga kasian sama papa gua Maa, sayang banget dia sama mobil itu. Waktu beli itu, bagian-bagian yang rusak diperbarui semua sama dia. Mungkin kalau dia tega sama gua, di depan muka gua udah dibilangnya kalau gua anak yang paling bodoh yang pernah ia temui," lanjut Farel.

"Dari cerita tadi, lu seharusnya ngerti lah, dan lu harusnya tau ambisi gua apa," lanjut Farel lagi. Ia kembali berhenti sejenak untuk mematikan rokok dan membakar rokok yang baru.

"Untuk menuhin ambisi itu, kemaren gua coba ikut kejuaraan game yang dulu sering kita mainin. Hadiahnya lumayan lah. Tapi bukan hadiah yang gua cari, pengalaman berkompetisi nya yang gua cari Maa. Dan juga, kejuaraan itu bisa bukain gua jalan untuk ke jenjang yang lebih tinggi dan lebih lagi. Tapi ya gitu Maa, gua gagal. Dalam pertandingan itu, cuma tim peringkat pertama yang diambil untuk ke babak berikutnya. Yang bikin gua sakit hati, gua ada di peringkat 3 Maa. Salah satu jalan untuk menuhin ambisi gua udah gagal, dan gua harus cari jalan yang lain. Itu yang bikin gua harus pulang, ya nyari kerja"

"Dan karna saran bodoh lu yang kemaren, yang lu nyuruh gua untuk bawa Ara pergi dari sini. Itu bikin gua keinget lagi sama kegagalan gua. Iya Maa, gua emang ada rencana, kalau gua menang di kejuaraan itu, gua mau ngajak Ara pergi kemanapun kami mau. Akhirnya gua sadar, saran dari lu kemaren bisa jadi salah satu opsi Maa, dan itu bisa bikin dia keluar dari bagian kota yang salah ini, dari lingkugan dia. Tapi yah, semuanya udah ga ada artinya Maa, semuanya udah hilang. Jalan pertama gua untuk menuhin ambisi gua udah gagal, gua harus cari jalan lain," ujar Farel mengakhiri cerita.

Untuk beberapa saat Puma terdiam. Live music di kafe tersebut sebentar lagi akan melanjutkan kegiatan mereka untuk menghibur para pengunjung. Akhirnya, Puma pun membuka pembicaraan.

"Sorry ya Rell, kalau saran dari gua kemarin bikin lu keinget lagi sama kegagalan yang lu alamin"

"Gapapa Maa, lu kan niatnya becanda," ujar Farel sambil tersenyum tipis.

"Saran gua tetep sama Rell, lu kejar ambisi lu. Kalau menurut lu memang, dengan lu pulang, itu bisa jadi jalan lain untuk ngejar ambisi lu, lakuin itu. Lu gak perlu mikirin Ara, biarin aja dia. Dia udah gede Rell, dia pasti udah bisa ngebedain mana yang baik dan mana yang buruk," usul Puma memberi saran.

"Tapi Maa, gua kayak gak rela aja. Gua kagum sama dia. Dia yang mau berusaha untuk bertahan hidup di kehidupannya yang berat, dia yang mungkin punya keinginan untuk berubah, gua gak rela ngeliat dia terus-terusan terjebak di bagian kota yang salah ini Maa"

"Jangan ngecewain diri lu sendiri Rell. Salah satu jalan untuk ngejar ambisi lu udah gagal, dan pastinya lu kecewa sama kejadian itu. Jangan lu bikin diri lu tambah kecewa nantinya dengan berusaha ngeluarin dia dari lingkungannya dan ternyata lu gak berhasil. Pikirin diri lu, pikirin ambisi lu. Kalau menurut lu ngejual mobil lu itu merupakan suatu kesalahan, lu tebus kesalahan lu. Itu lebih penting. Cewek banyak Rel, gak cuma Ara. Yang gua takut nih ya, lu kan udah sering nih jalan sama dia pakai mobil yang sekarang. Jangan sampai lu jual lagi mobil itu bangsat hahahha," ejek Puma sambil tertawa.

"Gua sama sekali gak akan jual tuh mobil Maa. Itu mobil pertama mama gua yang dia beli dari hasil keringat dia sendiri, dan sekarang diwariskan ke gua. Bakalan gua jaga baik-baik tuh mobil. Kejadian waktu gua awal kuliah itu udah ngajarin gua biar gak terlalu bodoh dalam hal percintaan. Dan akhirnya, itu ngebuat gua gak gampang baper sama cewek. Untuk sekarang ini, Alhamduillah gua gak baper sama Ara, gua cuma respect aja ke dia. Tapi kalau untuk baper, kayaknya gak bakal Maa. Gua udah gak bisa toleransi lingkungan dia," ungkap Farel panjang lebar yang diakhiri dengan hembusan nafasnya.

Mereka pun berniat untuk menambah minuman lagi sebelum kafe tersebut close order. Sebentar lagi pukul 23.00, dan sebentar lagi live music akan berakhir. Setelah memesan minuman, Farel melanjutkan ceritanya.

"Tapi Maa, akan ada satu hal yang bisa bikin gua baper parah sama Ara. Ada satu tindakan yang bisa dia lakuin untuk bikin gua baper. Mungkin dia belum sadar akan hal itu. Tapi gua jamin, kalau dia ngelakuin itu, dan posisinya gua masih belum punya pacar, pasti gua bakalan baper parah sama dia, dan itu ngebuat gua sulit untuk ngelepasin dia Maa, sulit untuk ngebiarin dia terus-menerus sendirian," ungkap Farel secara tiba-tiba setelah menyeruput kopi americano kesuakaannya.

Puma terkejut mendengar penjelasan Farel barusan. Ia tak tau, tindakan apa yang bisa dilakukan oleh Ara untuk membuat Farel baper terhadap Ara. Puma berpikir sejenak. Dari cerita Farel mengenai Ara, Farel memang sering berharap agar Ara bisa berubah sekaligus keluar dari bagian kota yang salah. Apakah hal itu yang akan membuat Farel baper terhadap Ara? Puma pun tak tau.

Ambisi (The Wrong Part Of Town)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang