©socrates©

13 5 0
                                    

Apa yang dipikirkan Socrates tidak ada yang tahu. Sama aku juga. Diantar banyak orang orang bijak disekitar tempat tinggal nya. Mereka tidak seperti Socrates.

Socrates benar benar membuat orang lain menjadi bingung, jika tidak bingung maka orang itu akan mengeluarkan pikirannya sendiri yang akan sedikit berbeda dengan cara dia berfikir sebelumnya.

Hal semacam itu yang bisa aku gambarkan dengan sosok Socrates. Lalu dia mati. Orang bijak yang mati karena, sepertinya di dengki.

Ah tidak!, Berprasangka itu tidak baik. Pada narasi yang disebut sebagai fakta. Socrates tertuduh sebagai pembawa pikiran sesaat. menyebabkan kaum muda yang ada di sana, seakan pikirannya "keracunan".

Karena demokrasi ia diadili dengan memberikan suara, ia pantas di jatuhkan hukuman atau tidak. Naas, dia harus mati, karena perbandingan pemungutan suara, lebih banyak sedikit yang memilih melenyapkannya.

Saat dipenjara pun, konon , pintunya tak terkunci, bahkan terbuka. Bahkan orang orang yang menginginkan nya mati, sangat percaya kalau Socrates tidak akan kabur. Betapa dia orang bijak, yang mati. Sial!.

Para orang yang hubungan dia dengan Socrates nampak dekat, menyarankan agar dia kabur saja. Mereka menjamin keamanan dalam usaha kabur itu. Tapi, Socrates menolak dan berterima kasih. Ia tak akan kabur. Jika ia kabur musnah sudah usaha dia mengikat kepercayaan orang orang atas kebijaksanaan. Ia tak mau itu. Maka Socrates meminum "hukuman"nya berupa meneguk racun. Ia pada akhirnya abadi, sampai abad pun mengabadikannya.

𝕾𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝕾
Socrates yang bijak
Dari buku buku sedikit ku berjingkrak
Pada mulanya aku tak paham
Lama lama aku semakin tak paham
Dasarnya aku bebal
Tapi kisah kisah yang di bawa Plato sampai ke aku.
Bak seorang bidan, kau tidak menggurui,
Membantu orang melahirkan pikiran sehat mereka sendiri.
Mengalihkan pada emosi emosi yang mengotori
Sehingga mereka tersadar akan kekurangan diri
Aku pun sama
Pada kekaguman yang di jarak waktu
Dari sedikit bacaan yang aku tau
Dari buku buku, dari percakapan percakapan melalui pendengaran ku.
Kita tau kalau kematian juga jalan kebijaksanaan.
Tidak konyol atau penasaran.
Gagah dalam sejarah
Seakan tak pernah mati,
Sama sekali .
𝕾𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝖝𝕾

Socrates memang legendaris, kisahnya melewati waktu yang membuat segala macam hal semu. Seperti kata Sapardi, kiranya ia juga abadi.

Semesta Itu Kamu [END]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang