41. sisa kemarin

5 1 0
                                    

Akhirnya berhari-hari ara tidak ingin menghubungi siapapun, bahkan dzaka yang mungkin sudah tiga kali bolak balik kerumah ara, namun yang dicari menolak untuk keluar, dia masih belum tenang perihal kedatangan wendy yang sangat tiba-tiba itu, padahal kejadiannya juga sudah tiga hari yang lalu.

"Bang ara masih gamau ketemu bang?" Tanya dzaka untuk kunjungan yang ke empat kalinya, marcel menggeleng pelan.

"Nanti kalo dia udah mendingan dia bakal nyamperin lo sendiri kok dzak" jawab marcel.

"Tapi gue khawatir bang! Gue gabisa lebih lama lagi ga liat dia" timpal dzaka yang seperti sudah sangat pusing memikirkan ara.

"Dia gapapa dzak"

"Emang kenapa sih bang? Ada masalah apa? Siapa yang berani-beraninya bikin cewek gue ngurung dikamar?"

"Emang mau lo apain kalo lo tau?" Marcel bertanya iseng.

"Mau gue smack down lah" jawab dzaka yakin.

"Sekalipun itu calon mertua lo?" Tanya marcel lagi, kali ini sambil tersenyum tipis

"Eh...." Dzaka menggaruk tengkuknya yang jelas tak gatal, merasa salah memberi tanggapan.

"Kalo gitu bisa dibicarakan baik-baik sih bang hehe" jawab dzaka yang malah cengengesan.

"Dasar! Udahlah mending balik lo! Udah gatau lagi mau menjamu lo pake apaan" usir marcel, dzaka mendesah kecewa

"Eh kalo hari sabtu kerumah gue bisa ga bang? Sama rey sama ara juga, tapi ara nanti biar gue yang jemput" pinta dzaka

"Mau ngapain?"

"Ngomongin healing kita, lo jadi ikut kan?" Tanya balik dzaka

"Jadi sih semoga" jawab marcel

"Ayah mertua ikut ga?" Tanya dzaka

"Calon kali! Tapi ayah gabisa naik mobil jadi mau dirumah ajah katanya"

"Bisa diajak pake motor lah bang"

"Yah masa pergi jauh naik motor, kalo ayah gue ngantuk gimana? Lo mau tanggung jawab?" Tanya marcel sewot, dzaka kembali terkekeh karena serba salah.

"Yaudahlah ga maksa, mungkin calon ayah mertua lebih suka tahun baru dirumah" ujar dzaka yang kemudian berdiri.

"Gue pamit yah bang, tolong kasihin ini ke ara, siapa tau dia kangen piscok lumer! Siapa tau juga dia kangen sama yang ngasih, terus lu kalo mau boleh ngambil tapi izin ara dulu yah" pesan dzaka sebelum pamit, marcel tersenyum dan mengangguk.

"Iyah nanti gue bilangin "

"Bilang juga kalo dzaka sayang sama ara yah bang"

"Iyah bucinn, bucin lo kayak anak SMA anjir alias bucin mampus" ledek marcel, dzaka tertawa tampak tak tersinggung dengan ejekan itu.

"Gapapa bang asal sama ara bucinnya! Gue duluan yak, assalamualaikum"

"Waalaikumsalam"

Marcel kembali masuk kedalam setelah memastikan dzaka benar-benar pergi, hari ini marcel kerja malam jadi dia masih ada dirumah siang ini, sedangkan dzaka dan ara sudah liburan semester dan liburan akhir tahun, marcel berjalan menuju kamar adiknya dan membuka knop pintu secara perlahan.

"Raa" panggil marcel dari depan pintu, ara yang tadi duduk di meja belajar sambil terdiam menoleh pelan pada abangnya.

"Hmm"

"Nih dari pacarmu" marcel masuk kedalam dan meletakkan piscok lumer itu diatas meja.

"Ayah mana?" Tanya ara ngawur.

"Matrial, katanya ayah udah mendingan dan mau kerja lagi, kebetulan ada yang mau buat kontrakan dan butuh banyak bahan" jawab marcel, ara mengangguk mengerti.

"Jangan bengong terus ra, abang gamau bersodara sama hantu" ujar marcel yang niat menghibur.

"Ara ga bengong, ara cuma lagi mikir, mikir yang panjang" sangkal ara

"Mikir apa emang yang panjang?" Tanya marcel lagi.

"Mikirin kalo ibu ga ninggalin kita pasti ara kalo ambil rapot sama ibu dan ga ditanyain sama semua temen ara ibu kamu mana? Ibu kamu mana? Mungkin kalo ibu ga ninggalin kita ara bahagia banget kali yah, jujur ara kangen banget sama ibu bang, waktu liat ibu kemaren ara mau meluk ibu yang erat saking kangennya, tapi kayak ada yang nahan ara sampe ara gabisa meluk ibu dan malah marah ke ibu! Ara kangen ibu bang, kangen banget" cerita ara, gadis itu tak menangis, ia hanya menatap kosong pantulan dirinya yang ada di cermin, seperti mengasihani keadaan dirinya akhir-akhir ini.

"Ara mau ngenalin ke ibu setiap orang yang ara suka, setiap orang yang dateng dan ngisi ruang kosong dihidup ara, ara mau ngenalin ka dzaka ke ibu, mau bilang kalau dia yang udah buat ara bertahan sama semuanya sampe hari ini, ara mau ngasih tau banyak hal ke ibu bang tapi ara tau mungkin ibu udah bukan ibu kita lagi, ibu masih ibu kita gasih bang?"

"Husyyy ngomongnya ra! Ya masih ibu kitalah ra, lagian ara tenang ajah kan masih ada abang, mas rey, ada ayah yang selalu perhatian sama ara! Araa ga bakal kekurangan sedikitpun ra"

"Tapi beda rasanya kalo sama ibu, ara juga udah lupa gimana rasanya tapi yang jelas rasanya beda bang"

"Percaya alloh kan ra? Alloh kan udah punya skenario sendiri, pasti alloh punya alasan baik kenapa tiba-tiba ngedatengin ibu lagi setelah sekian lama! Ara gaboleh overthinking ra, kasian orang yang sayang sama kamu pada khawatir kamu ga ngasih kabar! Apalagi si dzaka, bolak-balik ajah kerjaan nya" ujar marcel menenangkan sambil mengusap-usap punggung kecil adiknya.

Ara terdiam tanpa berfikir, namun setelah dipikir-pikir mungkin ia terlalu membuat khawatir orang-orang disekitarnya dengan keadaannya yang tak seberapa, ara merasa dirinya sudah cukup untuk memikirkan semua tentang ibu, marcel benar karena Allah punya skenario sendiri, ara hanya pemeran yang akan mengikuti alurnya, terima tak terima pada akhirnya ara akan menerima karena terbiasa.

"Ka dzaka bilang apa bang?" Tanya ara

"Kamu kangen ga sama dia? Terus nyuruh abang bilangin ke kamu kalo dia sayang sama kamu" jawab marcel, entah kenapa ara langsung tersenyum malu setelah itu membuat marcel juga ikut tersenyum senang karena akhirnya senyum itu terbit lagi setelah hilang beberapa hari.

"Yehh malah salting kamu!" Cetus marcel yang masih terkekeh.

"Ara kangen serius"

"Nanti sabtu juga diajakin kerumahnya ra, mau ngebahas healing katanya" ujar marcel memberi informasi.

"Oh? Yesss bentar lagi kita jalan-jalan bang!" Seru ara yang tiba-tiba semangat.

"Dzaka tuh emang memberi pengaruh buat kamu yah ra! Sekarang ajah langsung seneng pas dibilang kangen sama dzaka!"

"Haha apasih! Ga gitu yah bang"

"Pokoknya jangan terlalu dipikirin lagi! Berdoa ajah yang terbaik buat kita semua yah! Anak soleha insyaallah doanya dikabul sama alloh"

"Aamiinn"

THX

THANK YOU KATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang