28

142 3 0
                                    

"... apa salahku? apa yang kurang? Apa kesalahanmu?"

"Ines, aku tidak tahu apa masalahnya sejak awal."

Juana memiringkan kepalanya seolah dia tidak dapat memahaminya tidak peduli seberapa banyak dia memikirkannya, dan meneteskan parfum ke kaki Ines. Kemudian, melupakan apa yang Ines bicarakan, dia gemetar seolah dia membencinya.

"Geli...! Jangan ke sana."

"Duchess menyuruhku melakukannya tanpa melewatkan setitik pun debu."

"Ibuku bahkan tidak melihat, jadi apa bedanya?"

"Tuhan sedang mengawasi."

Juana yang saleh membuat tanda salib dengan tangan yang dibasahi minyak wangi sejenak, lalu menggandeng kaki Ines. Ines tertawa.

"Tuhan sama sekali tidak tertarik dengan cara balsem dioleskan ke tubuh aku. Jadi, oh hentikan...!"

"Apakah kamu begitu geli?"

"Kau tahu betapa aku benci mengoleskan balsem pada kakiku..."

"Ini pertama kalinya aku menerapkannya seperti ini, bagaimana aku tahu? Tentu saja, aku mengenalmu lebih baik mulai hari ini, tapi..."

Menyadari Ines telah melakukan kesalahan secara tidak sengaja, dia terdiam sejenak. Berhentilah karena kamu melakukan ini di kehidupan sebelumnya jika kamu bosan.

Menjalani kehidupan ketiganya, dia menjauhkan diri dari segala sesuatu yang berhubungan dengan perhiasan, tapi Ines juga menjauhkan diri dari hal ini.

Tidak peduli seberapa besar Duchess mendesaknya, dia menolak, dan tidak peduli seberapa besar dia menolak, ketika ibunya terus mendesaknya, dia melompat berdiri sendiri dan ketakutan.

Berkat itu, Duchess Vallestena harus menyaksikan Ines yang sekarang berjalan-jalan dengan pakaian hitam legam seperti burung gagak, dengan hanya penampilan cantik putrinya yang berusia lima tahun seperti boneka yang terkubur di dalam hatinya.

Belum lagi putri seorang bangsawan besar lewat tanpa aroma bunga, tangannya yang seharusnya berkilau terkadang tercoreng tinta atau cat, dan dia menghirup debu rak buku tanpa ada teman yang berkunjung.

'Rambutmu sudah terlihat seperti ayahmu! Mengenakan pakaian hitam di atasnya berarti menghina ibu ini...!'

Kalau jeritannya gugup, sering kali diteriakkan setelah itu. Namun yang terpenting, dia tidak pernah menyentuh putrinya lagi.

'Tidak mungkin hal ini terjadi sebaliknya. Tiba-tiba, anak itu menjadi gila, dan tidak mungkin hal ini terjadi... Rambut hitam dan baju hitam. Kau tukang pemakaman di gang belakang, penjaga makam, apa-apaan ini! Apa-apaan wajah terkutuk ini... !'

Dia juga disebut sebagai tukang pemakaman, penjaga makam, atau sosok terkutuk, tapi kenyataannya dia bahkan tidak berani mengangkat kutukan itu.

Ketika Ines untuk terakhir kalinya, karena menolak mengenakan perhiasan sepele, Duchess Vallestena sangat ketakutan —atau bahkan yakin akan kutukan itu. Jadi dia melihat putrinya dari kejauhan dan mengertakkan gigi.

Kemudian, pada hari yang sangat emosional, dia akan datang ke kamar putrinya sambil menangis dan membelai wajah Ines dan mengatakan ini dan itu, tetapi seringkali itu adalah celaan pada diri sendiri dan simpati yang tidak perlu, bukan menyalahkan diri sendiri.

'Itu jelas karena demam saat itu. Ya? Seharusnya aku menjagamu dengan lebih baik. Agar kamu tidak patah seperti ini... Itu semua karena ayahmu. Manusia jahat itu membuatku mustahil untuk peduli padamu... Ines, malangnya.

Lihatlah rambut hitamnya. Untuk mewariskan rambut hitam kepada seorang gadis, sejak kamu lahir, dia adalah manusia yang tidak akan pernah bisa membantumu... Tapi kamu akan mengenakan gaun hitam disini... Kecuali kamu gila... Apa salahku padamu...'

Lagipula Pernikahan Ini akan Gagal (TBR INA TL) Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang