dua puluh tujuh

4.7K 719 291
                                    

                  

"Vril, lo dicariin guru BK."

Sederet kalimat itu tiba-tiba bikin gue panik setengah mati. Gimana engga, dipanggil sama guru BK adalah hal terhoror yang pernah gue jalanin selama berada di sekolah. Gue tau gue udah beberapa kali masuk BK waktu kelas 11 semester 2 – langganan bahkan – gara-gara temen gue, tapi seenggaknya selama kelas 12 gue ga pernah masuk BK.

Mampus gue.

"Vril!"

"Anjir, fuck, mampus gue bangsat!" gue mengumpat dengan heboh selagi Raya – temen gue – ngeliatin gue. "Emang gara-gara apa gue dipanggil?" tanya gue sama Raya.

Raya menggeleng pelan. "Ga tau. Gue tadi ketemu guru BK, trus disuruh manggil lo sama Diana. Lo kemarin cabut waktu peminatan Fisika sama Matematika, kan?"

Gue pukul jidat gue. "Oh iya mampus, kemarin gue cabut peminatan Fisika. Mampus gue anjir mampus," kata gue, gue panik abis. Mana iPhone gue masih ada di BK pula, astaga.

"Lo disuruh ke sana sekarang," Raya ngomong lagi.

Gue cemberut, "Iya-iya, gue tau elah. Banyak bacot banget lagian."

"Dikasih tau juga elah."

Gue ga menghiraukan perkataan Raya barusan, soalnya gue males banget berdebat sama cewek banyak bacot. Lagian wajahnya seneng banget waktu ngomong gue dipanggil sama BK, nyebelin abis.

Dengan gerakan cepat, gue langsung bangkit dari tempat duduk dan pergi menuju ke ruangan BK dengan jantung yang bener-bener turun naik. Rasanya udah ada kayak sebuah benjolan di tenggorokan gue yang bikin gue ga bisa bernapas dengan benar.

Ga tau kenapa gue bisa lebay banget. Tapi serius, firasat gue bener-bener ga enak.

Gue ngetuk pintu BK untuk beberapa kali sebelum gue muter knop pintu dan masuk ke dalam ruangannya. Lama banget rasanya gue udah ga ke sini, makin sejuk aja ruang BK.

"Avrillia?" ujar salah satu guru BK, lebih kayak nanya, bukan manggil.

Gue ngangguk.

"Saya kira kamu udah tobat masuk BK."

"Alhamdulilah masih dalam proses bu."

"Jangan ngejawab," katanya lagi, tegas. "Duduk."

Gue nunduk trus duduk di kursi yang pas berhadapan sama mukanya. Sumpah, mukanya udah kayak kuntilanak mau ngamuk. Gadeng, bercanda.

"Jadi, kemarin kenapa kamu bolos pelajaran?"

Mampus, gue harus jawab apa? Tapi, yang gue lakuin cuma nunduk dan ga berani liat mukanya, serem banget soalnya.

"Jawab, kok malah diem," desaknya lagi.

Ini sebenernya dia guru BK, kalo gue bohong dia juga bakalan tau. Jadi mending gue jujur aja, mungkin? "Anu bu – saya males."

"Males kenapa?"

"Jenuh aja sih bu sama pelajaran hitung-hitungan, saya gak suka bu. Lagian kan saya juga pilihnya jurusan IIS."

"Terus kenapa kalau kamu pilihnya jurusan IIS?"

Gue nunduk, ini guru BK bener-bener buat gue kehabisan kata-kata secara tiba-tiba. Pertanyaannya bikin gue ga bisa berkutik, sialan.

"Ya udah, kamu bikin surat pernyataan untuk ga bolos lagi. Plus tanda tangan orangtua, kepala sekolah dan kesiswaan. Ngerti?"

Buset dah, banyak amat. Tapi gapapa lah, mungkin kalo orang tua gue bisa palsuin. Nyokap sama bokap gue ga bakal tau soal ini. "Iya, bu."

[1] fangirl ;; ltTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang