puding rainbow

4.5K 119 28
                                    

Hai hai haii, gw datang lagi nih. Sesuai janji gw kemaren, hari ini gw bakalan nulisin resep yang sempat jadi andalan jualan gw saat masi di indo dulu.

Puding rainbow ini, bikin kita belajar sabar, telaten dan menguras emosi jiwa *tsaaah bahasa gw. Gw dulu jual puding rainbow tanpa topping ini seharga 70-75 ribu tergantung ukuran juga sih. Awas kalo ada yang protes mahal ya harga segitu. Gw suruh bikin sendiri aja. Dikira bikin puding rainbow gampang apa. Bikinnya penuh perjuangan tau. Kudu disendokin sedikit-sedikit dan kudu pelan-pelan. Kalau gag bakalan jebol perlapisnya. Karna bikin puding rainbow ini perlapisnya tidak nunggu keras dulu. Makanya kudu disendokin. Belom lagi tiap lapisannya ada dua warna. Yang pertama puding bening, baru setelah itu dilapis puding susu. Masih mau bilang puding ini mahal? Bikin aja sendiri. Dan kali ini gw mau berbagi resep puding rainbow ini buat kalian.

Puding rainbow

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.


Puding rainbow

Bahan puding bening:
1 bungkus agar-agar plain (putih)
135 gram gula pasir (atau sesuai selera manisnya)
1 liter air
2 lembar daun pandan, sobek-sobek (optional saja, biar wangi)

Bahan puding susu:
1 bungkus agar-agar plain (putih)
135 gram gula pasir (atau sesuai selera manisnya)
1 liter susu cair plain
1 sdt vanilla

Pewarna makanan: merah, orange, kuning, hijau, biru, ungu. Cukup sekitar 1-2 tetes per layer atau sesuai keperluan.

Hiasan:
Strawberry
Jeruk kaleng
1/2 bungkus jelly plain yang sudah dimasak dan siap digunakan

Cara membuat:
1. Masak puding bening dan puding susu bersamaan dalam panci terpisah hingga mendidih, kemudian kecilkan api hingga yang paling kecil, cukup untuk menjaga pudding tetap panas.
2. Siapkan loyang/cetakan puding, basahi dengan air matang.
3. Ambil 150 ml puding bening, beri pewarna merah secukupnya. Tuang ke loyang. Diamkan hingga puding berkulit bagian atasnya, jika disentuh dengan jari sudah tidak menempel tapi puding masih belum beku. Ambil 150 ml puding susu, beri pewarna merah secukupnya. Tuang di atas puding bening tadi secara perlahan sesendok demi sesendok dengan jarak dekat dengan permukaan puding sebelumnya agar lapisan puding di bawahnya tidak jebol/bocor.
4. Lakukan sampai warna terakhir dengan cara yang sama. Bekukan dalam kulkas. Keluarkan dari loyang/cetakan.
5. Penyelesaian: tata buah-buahan diatas puding lalu olesi dengan jelly plain. Dan biarkan mengeras sebentar. Puding rainbow siap dinikmati.

 Puding rainbow siap dinikmati

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Yuhuu. Puding rainbow sudah jadi dan kalau masih kurang manis kalian bisa memandang wajah ku *tsaaah
Dan besok saya mau nulis masakan china. Yang bikinnya gampang dan enak dinikmati saat lagi dingin atau lagi hujan. Dan lagi bisa disimpan di frezzer pula.

Sampai jumpa besok ya

-ndud-
Hong kong, 02 desember 2016

just cooking (completed)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang