Hai hai hai. Gw datang lagi dong. Jangan pada bosen ya ngelihat gw seliweran mulu.
Uhuy, setelah beberapa minggu kemaren si martabak lenggang ini wara-wiri digroup baking sama di ig akhirnya gw putusin buat nyoba bikin si martabak lenggang ini. Tadinya gw pikir bikinnya bakalan ribet banget. Karena dari banyaknya teman-teman yang sudah bikin mereka pada bilang kesusahan saat melipat si kulit martabak ini. Wew, sedikit gag yakin juga nih gw mo bikin. Akhirnya dari semalam gw putusin kalo bakal bikin deh. Nekat, kalau jadi ya Alhamdulillah kalo gagal ya itung-itung buat biaya kursus di sekolah deh.
Dan tadi pagi gw mulai membaca resep ini. Gw selalu begini setiap mo eksekusi resep baru. Gw teliti dulu gimana cara bikinnya dan bagaimana hasilnya. Soalnya hw belajarnya sendirian jadinya segala sesuatu kudu teliti banget. Apalagi gw yang notabene amat sangat pelupa, jadi perlu banget gw teliti.
Resep ini gw taunya dari mba nina. Dan beliau dapatnya dari seorang teman juga. Dan setelah gw posting di fb group, mba shenny suzanna yang punya resep ini sempet mampir coment dong di postingan gw. Aaahh senengnya 😳😳. Dan bahagia itu sederhana ya sesederhana ketika resep yang kita coba diberi apresiasi sama si empunya resep.
Oke deh, gw gag mau banyak ngomong. Buat kalian yang suka manis, resep ini patut kaliam coba. Dan resep ini sudah gw sesuaikan sama selera gw ya.
Martabak lenggang
Resep asli mba shenny suzanna
Gw recook dan gw modifBahan:
250 gram tepung terigu serbaguna
25 gram gula pasir (2 sdm)
1/2 sdt fermipan
1 butir telur
500 ml air (gw pake 200 ml susu+300ml air)
Sejumput garam
Pewarna makanan secukupnyaBahan isi:
250 ml susu/santan (gw pakai susu)
65 gram gula pasir( gw skip)
65 gram maizena
110 gram strawberry segar, dan potong-potong
1/4 sdt garam
1 lembar daun pandan (kalau pakai susu skip daun pandannya)Cara membuat kulit:
1.Campur semua bahan jadi satu sambil di aduk sampai rata dan tidak bergerindil.
Diamkan selama satu jam.
2. Bagi adonan menjadi 2 bagian. Beri pewarna merah dan hijau.3. Ambil satu sendok sayur adonan warna hijau. Tuang diatas teflon. Masak dengan api kecil dan biarkan sampai bagian atasnya tidak lengket.
4
. Ambil satu sendok bahan isian, letakkan ditengah. Lipat kulit martabak dan rapatkan bagian tepinya dengan cara ditekan. (bisa memakai garpu ataupun memakai jari tangan).
Setelah dilipat beginilah penampilan martabak lenggang.
Cara membuay isian:
1. Campur maizena dengan 50 ml susu. Aduk-aduk sampai tercampur rata dan maizena tidak menggumpal. Sisihkan.
2. Rebus sisa susu 200 ml, dan garam. Masak sampai mendidih sambil di aduk-aduk. Masukkan strawberry kedalam rebusan susu.
3. Masukkan larutan maizena kedalam rebusan susu sambil diaduk-aduk. Masak sampai mendidih san meletup-letup. Cicili rasanya dan matikan api. Dan tunggu dingin.
4. Bahan isian siap dipakai untuk isian martabak lenggang.Akhirnyaa, fiuh lap keringat dulu. Martabak lenggang gw pun uda jadi dong. Untuk rasa kulit martabak sendiri pun tergolong hambar. Makanya diberi isian yang manis.
Dan buat kalian yang tidak suka manis, skip saja gula yang ada pada bahan isian.
Gw sekarang uda gag penasaran lagi dong. Tapi lain kali gw bakalan nyobain yang versi santan. Ngenyangin santan yang gurih terus dikasi potongan nangka kec-kecil gitu sama ada aroma pandan yang menggodo buat di makan.Selamat mencoba
Ndud
Hong kong, 23 desember 2016
KAMU SEDANG MEMBACA
just cooking (completed)
SonstigesBahkan, seorang chef terkenalpun pernah mengalami kegagalan dalam setiap uji coba sebuah resep baru. resep yang saya tulis disini berhasilkan uji coba saya didapur "pinjaman" punya simbah. resep saya dapatkan dari hasil googling sana-sini. Dan, jang...