Hai hai happy weekend manteman.
Pada mo kemana nih libur minggu gini? Uda pada siap mo halan-halan belom.Hari minggu cuacanya mendung campur panas gini enaknya ke taman sambil ngegosip sama makan-makan enak. Duh, lupain diet deh pokoknya.
Kemaren sore gw bikin donduuuud nih. Donduuuud aka donat gundud yang enaaak banget, yang lain mah lewat deh *sombong garis keras 😄😄.
Gw suka banget sama donat yang dicampur umbi-umbian. Entah itu kentang, ubi, atau labu kuning semuanya gw suka. Beda lagi sama donat tepung, donat tepung buat gw gag begitu menggoda. Dari pada donat tepung, gw mendingan makan roti sekalian.
Nah kali ini gw nyobain donat kentangnya bu fat yang uda terkenal seantero milis.
Dan ini dia resep donduuuudnya
Donduuuud (donat kentang)
Resep bu fatmah
Gw recookBahan:
250 gram tepung terigu protein tinggi(cakra, komachi)
100 gram kentang kukus, haluskan
25 gram susu bubuk
50 gram gula pasir
6 gram ragi instan(fermipan)
1 butir telur (resep asli 2 kuning telur)
38 gram margarine
1/4 sdt garam
50 ml air (sesuaikan jenis kentang. Kalo kentang uda basah, airnya jangan dimasukin semua)Cara membuat:
1. Campur semua bahan kering kecuali garam. Aduk rata.
2. Masukkan kentang dan telur. Uleni sambil diberi air sedikit demi sedikit. Hentikan pemberian air ketika adonan sudah tercampur.
3. Masukkan margarine dan garam. Uleni sampai kalis elastis( gw cuman nguleni sekitar 10-15 menitan). Kalau dirasa adonan kelembekan, bisa ditambah tepung sedikit demi sedikit, gunakan feeling ya. Istirahatkan adonan sampai mengembang 2 kali lipat( kurang lebih sekitar 30-45 menit tergantung suhu ditempay kalian). Tutup dengan serbet bersih lembab.
4. Setelah mengembang, kempeskan adonan. Uleni lagi selama 5 menit.
5. Timbang adonan masing-masing 50 gram. Bulatkan dan taruh di nampan yang sudah ditaburi tepung terigu. Diamkan lagi sampau mengembang 2 kali lipat.
5. Siapkan minyak, panaskan dengan menggunakan api paling kecil.
6. Buat lubang ditengah adonan donat. Bisa pakai cetakan atau dengan jari saja. Dan donat siap digoreng.
7. Goreng donat menggunakan bantuan sumpit, putar bagian tengahnya. Goreng sampai kedua sisinya berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.Selamat mencoba
Ndud
Hongkong, 5 maret 2017Note:
- Pastikan ragi yang digunakan masih berfungsi dengan baik.
Caranya masukkan ragi dan gula kemudian tuang air hangat. Diamkan 10 menit. Kalau muncul buih-buih berarti ragi masih aktif.
- pastikan adonan donat kalis. Sehingga permukaan donat bisa mulus dan gampang dibentuk.
- goreng donat menggunakan api paling kecil. Kalau suhu api panas, donat cepat gosong dan banyak gelembung-gelembung dipermukaannya. Kalau minyak mulai memanas, matikan apinya. Dan diamkan sebentar untuk menurunkan suhu panasnya.
- balik donat cukup sekali saja. Kalau donat sering dibolak-balik minyak bakalan banyak menyesap ke donat dan donat bakalan cepat tengik.
KAMU SEDANG MEMBACA
just cooking (completed)
AcakBahkan, seorang chef terkenalpun pernah mengalami kegagalan dalam setiap uji coba sebuah resep baru. resep yang saya tulis disini berhasilkan uji coba saya didapur "pinjaman" punya simbah. resep saya dapatkan dari hasil googling sana-sini. Dan, jang...