Hallooo hai hai hai apa kabar semuanyaa. Ya ampuuun uda hampir seminggu dan gw males banget mo nulis. Padahal ada banyak banget resep yang uda gw cobain beberapa hari ini. Dan yang masih fresh hari ini ya si siomay bandung ala abang-abang gerobakan pinggir jalan.
Sudah bukan rahasia umum lagi kalau siomay bandung itu rasanya endees banget. Dan siapa sangka kalau bikinnya pun sebenernya gampaaang banget. Iya gampang banget koq. Sebenernya kemaren-kemaren gw uda pernah bikin, tapi gw belom sreg sama adonan dan rasanya. Dan akhirnya dipercobaan gw ketiga ini bisa berhasil dong. Rasa dan sensasi kenyalnya juga uda dapat banget. Dan yang pasti ramah di gigi 😄😄😄😄.
Buat yang mau bikin sendiri ayuk lah disimak resepnya.
Siomay bandung
Resep ibu fatmah
Recook gwBahan:
500 gr daging ikan tengiri, haluskan (gw tumbuk pake ulekan. Kagag ada gilingan daging)2 sdm bawang merah halus
1 sdm bawang putih halus
2 sdt lada halus
1 sdt chicken powder
3 sdm gula pasir
3 sdt garam
1 sdm minyak wijen (gw skip)
3 btr telur
400 gr labu siam, parut kasar, tiriskan (gw parut halus)
450 gr sagu tani (gw pakai tapioka)
Cara membuatnya:
Aduk daging ikan halus dengan bumbu-bumbu halus, tuang telur, aduk rata.
Tambahkan labu siam, aduk rata, lalu tuangkan tepung sagu, aduk rata lagi, sisihkan.
Ambil satu lembar kulit siomay, isi dengan adonan ikan, lipat ketas, rapikan bentuk wiron. Taruh diatas loyang yg sudah dipoles minyak, kukus 20 menit (gw rebus dulu sebentar baru di kukus)
Nah, selain dibikim siomay adonan ini juga bisa dibikin batagor loh. Jadi visa separuh siomay separuh lagi batagor deh.
Batagor
Bahan:
1 resep adonan siomay Bandung
10 buah tahu putih besar, potong dua bentuk segitiga
atau
Kulit somay secukupnya
Cara membuat:
Kerat sisi tahu dengan garpu, keluarkan sedikit isinya.
Isikan adonan siomay, goreng hingga matang.
Atau isikan adonan somay ke dalam kulit somay, satukan sudut-sudutnya, goreng hingga matang.
Sambal Kacang
untuk Siomay dan Batagor
(gw pakai sambal kacang bungkusan)
Resep mba citraBahan:
500 gr kacang tanah, goreng, giling halus
200 gr cabe merah
3 bh bawang putih
2 sdm cuka
2 sdm garam
8 sdm gula pasir
minyak sayur secukupnya
500 gr ubi merah, matang
1,5 ltr air matang
Cara membuatnya:
Blender ubi merah dan air hingga halus, sisihkan.
Haluskan cabe merah dan bawang putih.
Panaskan minyak sayur, tumis cabe dan bawang putih halus, biarkan hingga wangi, masukkan kacang tanah halus dan ubi halus, aduk rata. Biarkan hingga mendidih.
Matikan api, tambahkan garam, cuka dan gula. Lakukan tes cicip, bila sudah pas. Siap disajikan.
Pelengkap penyajian:
Jeruk nipis/jeruk lumau
Kecap manis
Saos tomat
Gimana-gimana gampang kan bikinnya. Iya dong gampang. Jadii yuk bikin sendiri siomay favorite kita. Biar makannya puas dan yang jelas lebih murah dong.
Selamat mencoba.
Ndud
Hong kong, 5 january 2017
KAMU SEDANG MEMBACA
just cooking (completed)
DiversosBahkan, seorang chef terkenalpun pernah mengalami kegagalan dalam setiap uji coba sebuah resep baru. resep yang saya tulis disini berhasilkan uji coba saya didapur "pinjaman" punya simbah. resep saya dapatkan dari hasil googling sana-sini. Dan, jang...