Nachos

1.6K 38 4
                                    

Hai hai, selamat pagi

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Hai hai, selamat pagi.
Brrrr, dingin bangeet. Suhunya lagi 11℃ nih. Sebenernya males banget mk bangun. Pengennya narik slimut aja. Tapi mo gimana lagj, demi sebongkah berlian dan demi masa depan yang sentosa jadinya ya kudu bangun gw.

Nachos, tortila, buritos merupakan makanan yang berasal dari Mexico. Ada yang tau nachos kan? Saos keju yang ngejuu banget. Apalagi kalau ditambah saos salsanya, beuh jadi makin klop deh. Saos Keju dikawinin sama saos salasa yang asem-asem pedes. Beuh rasanya pengen koprol *lebay.

Dua hari yang lalu pas ada challenge harian dari upload kompakan di ig, gw langsung ubek-ubek si mbah google dong. Karena si Nachos ini gw taunya cuman keripik aja. Eh, akhirnya nemu resepnya mba endanh yang gampang banget dibikinnya. Apalagi semua bahan juga mudah didapat. Dan buat kalian yang demen bangey sama keju, si Nachos ini kudu kalian coba. Tenang-tenang, bikinnya gampang pake banget koq.

Langsung aja ya, gw tulisin resepnya Nachos ini.

Nachos
Resep dari mba endang

Bahan saos keju:
2 sendok makan mentega/margarine
1 siung bawang putih, cincang sehalus mungkin 
2 sendok makan tepung terigu protein sedang atau rendah 
250 ml susu cair full cream 
1/2 sendok teh merica bubuk 
1/4 butir pala, parut halus 
1 sendok teh cabai bubuk 
100 gram keju chedar parut (keju Edam akan memberikan rasa keju yang lebih nendang)

Bahan saos salsa:
1/2 buah cabai merah besar, buang bijinya dan cincang halus( gw skip)
1/2 buah cabai hijau besar, buang bijinya dan cincang halus (gw skip)
3 buah cabai rawit hijau, cincang halus (gw skip)
2 buah tomat merah potong kotak kecil 
1/2 buah jeruk lemon peras airnya atau 1 butir jeruk nipis, peras

Bahan:
2 pak keripik jagung tortilla (corn tortilla chips) 

Cara membuat saos keju:
1. Siapkan keju parut atau cincang kasar. Siapkan panci, masukkan mentega, panaskan hingga meleleh. Tambahkan bawang putih, tumis hingga harum, jaga jangan sampai bawang menjadi kecoklatan. Gunakan api kecil ketika memasak.
2. Masukkan terigu, aduk cepat dan konstan hingga terigu mendidih dan tampak mulai berwarna coklat muda. Jaga jangan sampai tepung menjadi gosong.
3. Tqmbahkan sedikit porsi susu cair, aduk cepat hingga menjadi gumpalan adona. Kita harus mengaduknya dengan kuat dan cepat agar adonan tidak bergerindil. Tambahkan kembali susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk dengab cepat dan kuat hingga menjadi adonan smooth.
4. Masukkan semua susu cair, masak hingga saus mulai mengental. Tambahkan cabai bubuk, pala dan merica. Aduk rata.
5. Masukkan parutan keju, aduk dan masak hingga keju meleleh dan saus mengental. Matikan kompor dan cicipi rasanya, jika kurang asin tambahkan garam, atau jika saus terlalu kental maka tambahkan sedikit susu cair. Sisihkan.

Membuat saus salsa:
1. Untuk saus salsa, siapkan mangkuk, masukkan semua bahan saus, aduk rata.

Penyajian:
Tata keripik tortila di piring atau mangkuk, taburi saus salsa dan kuciri dengan saus kejuw santap saat itu juga atau sajikan saus keju secara terpisah.

Simple dan gampang kan bikinnya. Dijamin bakalan nagih deh.

Selamat mencoba.
Ndud
Hongkong, 10 February 2017

just cooking (completed)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang