Hai, selamat malam manteman.
Gimana kabar kalian hari ini? Sehat kan.Gw lagi suka bikin jajanan traditional nih. Meskipun ribet dan prosesnya lama tapi selalu seneng banget sama hasilnya.
Kali ini gw bikin serabi solo ala gw ya. Kenapa ala gw, karena gw nyetaknya gag pake wajan yang dari tanah liat itu ato pun cetakan serabi. Gw cuman pake wajan yang biasa buat masak aja. Yuhuu, masi pada ingat kan kalo gw masaknya pake dapurnya simbah. Jadi gw cuman manfaatin alat yang ada aja. Palingan kalo gw butuuh banget baru deh hw beli.
Meskipun bentuk serabi kali ini kagag jelas, rasanya tetep enak koq. Kali ini gw tetep pake resepnya bu guru cantik dan baik hati *makasi resepnya bu fat. Dan resep beliau ini selalu sukses pas gw cobain.
Yuk lah yang mau bikin serabi sendiri dirumah. Siapin bahan-bahannya ya.
Serabi solo
Resep bu fat
Gw modif dan recookBahan:
600 ml santan kental( gw pake 200 ml santan instan+ 400 ml air)
1 sdt garam
1 lbr daun pandan
250 gr tepung beras
1 sdt ragi instan
75 gr gula pasir
1 btr telurBahan areh:
150 ml santan sangat kental
1 sdt garamKuah kinca:
100 gram gula merah, sisir halus
150 ml air
1 lembar daun pandanMasak semua bahan kunca sampai mendidih dan sedikit mengental. Matikan api dan siap digunakan.
Cara membuat:
1. Masak santan, garam dan daun pandan hingga mendidih, dinginkan.
2. Dalam wadah, campur tepung beras, gula pasir dan ragi instan, aduk rata. Ditengahnya beri telur dan sebagian santan, aduk rata sambil terus dituangi sisa santan hingga habis.
3. Kopyok-kopyok adonan menggunakan balloon whisk hingga terlihat berbuih-buih banyak. Diamkan selama 90 menit.
4. Panaskan wajan serabi, dengan api kecil. Tuangi 1 sendok sayur adonan ditengahnya, lalu gerakkan sendok kebagian pinggir wajan agar terbentuk bibir serabi.
5. Biarkan hingga serabi matang dan terlihat berlubang-lubang sarang. Lalu siram dengan 1 sdm Areh.
Tutup wajan, matangkan serabi. Angkat. Beri kuah kinca dan siap disajikan.Gimana, gampang kan bikinnya. Cuman emang kudu ekstra sabar sih kalau bikin jajanan traditional seperti ini.
Selamat mencoba
Ndud
Hong kong, 3 February 2017
KAMU SEDANG MEMBACA
just cooking (completed)
عشوائيBahkan, seorang chef terkenalpun pernah mengalami kegagalan dalam setiap uji coba sebuah resep baru. resep yang saya tulis disini berhasilkan uji coba saya didapur "pinjaman" punya simbah. resep saya dapatkan dari hasil googling sana-sini. Dan, jang...