Maaf. Aku bukannya mau Update, aku cuma mau ngasih tau kalau mengcopy cerita orang itu benar-benar tindakan yang salah. Atau lebih kerap di sebut dengan plagiat.
Dan, tolong baca cerita ku dulu.
Karena aku sedang boring, aku sengaja mencari-cari cerita bergenre Vampire untuk bisa aku baca. Di mulai dari yang baru di publish dan sudah lama di publish.
Aku terus menscrool dan menemukan satu cerita yang menurutku menarik. Karena, jujur aja aku kalau mau membaca cerita–aku pasti mencari cover yang sekiranya menarik perhatian.
Nah. Akhirnya aku klik! Dan setelah aku baca sinopsis nya. Ya Allah, apa aku gak salah baca? Aku terussss baca sinopsis nya berulang-ulang-ulang kali, takut aku salah baca.
Sinopsisnya bener-bener hampir mirip dengan sinopsis dari cerita aku. Cuma bedanya itu dari sikap tokoh ceweknya. Dan, selebihnya hampir sama. Aku bukannya ge'er atau apa, tapi cerita itu bener² hampir mirip dengan punyaku. Dan, perlu kalian ketahui, kalau dia itu juga salah satu pembaca setia MLIAV. Setiap Chapter, dia pasti kasih aku Vote dan sesekali komen+kasih saran untuk ku. Dan aku ucapkan terima kasih.
Oke, back to the topic...
Tapi, aku positif thinking dulu lah. Aku mikirnya, mungkin ini cuma kebetulan aja. Tapi, setelah aku baca setiap Chapter dari ceritanya–Ya Allah, di beberapa scene itu bener² ada yang mirip banget sama scene yang berada di cerita aku. Bukannya, mirip banget. Tapi, bener-bener-bener mirip bgt. Nah, sampai saat itu lah aku bener² ngerasa marah+kecewa.
Aku bener² kecewa sama orang yang gak perlu aku sebut nama akunnya. Aku cuma mau meringatin,,,,,
Please, jangan jadi seorang plagiat dan seenaknya ngejiplak cerita orang lain. Sebagai seorang penulis, yahh... Walaupun masih amatiran... Aku bener² ngerasa kecewa. Lagian, mana ada seorang penulis yang karya nya di jiplak walaupun gk semua.
Tapi, hampir 70% nya itu bener² mirip. Pasti kalian gak mau kan di kenai hukuman. Undang-undangnya ada loh, dan hukumannya bisa sampai masuk penjara dan bayar denda hingga ratusan juta rupiah.
Jadi, aku cuma mau bilang.
Stop menjiplak!
Stop plagiat!
Stop mengcopy karya orang lain!
Kami, para penulis sudah bersusah payah mikir dan berimajinasi untuk membuat sebuah karya yang tentu saja untuk kalian sendiri.
Kami berkarya itu untuk....,
Untuk kalian nikmati.
Sebagai penghibur kalian.
Untuk mengisi waktu luang kalian.
Untuk menghilangkan rasa bosan kalian.Jadi, tolong hargai karya kami(para penulis Wattpad) dan sekali lagi aku bilang.... JANGAN MENGCOPY KARYA ORANG LAIN!!!
Oke, maaf aku ganggu kalian malem². Habisnya, aku jadi emosi gara-gara seseorang yang beraninya plagiat karya orang lain.
Sekali lagi, mohon maaf yaa.
Selamat malam dan salam hangat, CuteOtaku14 😘.
KAMU SEDANG MEMBACA
Bound Up With Vampire
Vampire[SEDANG DI REVISI] Dari judul awal, My Love is a Vampire. Gadis dingin yang seketika kehidupannya berubah setelah bertemu dengan seorang lelaki misterius yang sebenarnya adalah teman barunya di sekolah. Percaya dengan adanya Vampire? Pastinya tidak...