(3) bekel makan

2.8K 679 181
                                    

"Mamah! Pagi!" daehwi yang ngeliat mamah udah sibuk di dapur, langsung turun tangga, nyamperin mamah. Mamah noleh, ngeliat anak tengahnya nyamperin, langsung senyum. "Pagi adek"




"Mau bikin apa mah?" daehwi nanya, udah ngegulung lengan seragam nya, mau bantuin mamah. "Bekel makan, hari ini kan rabu" kata mamah, ngambil garpu terus langsung jalan ke kompor, ngebuka panci gede yang ternyata isinya kentang lagi di kukus.





Emang udah jadi kebiasaan di rumah ini, tiap hari rabu, sesibuk apapun mamah, mamah menjanjikan bikin bekel makan buat semua anak anaknya, itung itung menghemat, anak anak gausah jajan disekolah.




"Adek ngapain ini mah? Mau bantu" daehwi nanya, sebenernya udah tau mamah mau bikin apa, tapi takut salah salah nanti malah mamah jadi marah.




"Hah?" mamah nanya, ngga ngedenger daehwi ngomong, sibuk ngecek kentangnya udah mateng apa belum. "Adek mau bantu" kata daehwi sekali lagi, mamah langsung diem, ngeliat ke sekeliling.




"Apa ya dek? Ayam udah dipotongin, bumbu juga udah ada, udah gapapa" kata mamah, soalnya bener udah semua. Daehwi ngeliatin mamah, gak yakin. "Yakin mah? Mau adek aja yang masak ayam nya?" kata daehwi, menawarkan diri.





"Boleh lah boleh dek. Mamah ngurus kentang" kata mamah, langsung meng-iya-kan tawarannya daehwi. Daehwi langsung senyum, ngangguk.








"Selamat pagi keluarga visual yang akunya juga visual ahey"

Mamah sama daehwi langsung noleh, ngeliat yang turun kedua ternyata guanlin. "Pagi adek" kata mamah, ngga ngeliat ke guanlin, masih berusaha buat ngehancurin kentang kentang. Daehwi cuman noleh bentar ke guanlin, terus senyum bentar.



"Ih ya! Adek disini dicuekin. Mana atuh mah mukanya mau liat muka mamah" kata guanlin, ngerengek. Mamah yang denger langsung noleh ke guanlin, senyum. "Iya pagi adek. Bikinin mamah kopi bisa ngga?" kata mamah, guanlin ngangguk.




"Aku juga mau kopi" kata guanlin ke diri sendiri, tapi sebenernya guanlin tuh lagi ngajak ngobrol mamah sama kakaknya, cuman takut ngga didengerin, jadi mending kayak ngomong sendiri.




"Gak baik umur segitu minum banyak kopi" kata mamah, nyaut. Guanlin langsung senyum, ternyata di dengerin. "Aku ngantuk terus mah di kelas beneran padahal tidurnya gapernah malem malem banget" kata guanlin, ngeluh.





'-tapi pagi' -lai guanlin, dalam hati.





"Sekali doang ini ya?" kata mamah, nyiapin 10 tempat makan langsung. Daehwi yang udah selesai masak, langsung nyamperin mamah, bantuin mamah masukin makanan ke tempat bekel nya.







"ALLAHUAKBAR INI WANGI APA MAU MAKAAAAANNNNNNN"

Iya ini siapa lagi kalo bukan hyungseob sama jihoon. Mereka berdua yang kebetulan keluar kamarnya barengan, langsung turun tangga, langsung duduk di meja makan.




Terus, mungkin karena suara mereka yang pagi pagi udah menggelegar, yang lain juga pada ikut keluar, udah pada bawa tas. Sampe ke papah juga langsung keluar kamar, penasaran.





"Mau makan mau makan mau makan- mamah bekel adek banyakin" Kata seonho, ngintip ngintip mamah yang lagi masukin makanan, ngeliat tempat makan mana yang paling banyak, mau seonho yang ambil.




Beda sama jinyoung. Jinyoung ngga ngomong apa apa langsung nyamperin mamah, langsung ngedeket ke mamah.





"Mah, kakak yang ini. Tambahin" kata Jinyoung dari deket, bisik bisik ke mamah. Mamah ketawa kecil, ngangguk.



Kalo euiwoong sama haknyeon, mereka langsung ke rak gelas, ngambil gelas yang cukup buat kakak kakak sama adik adiknya plus papah, bikin teh.


"Mau gue apa lo yang bikin susu si adek?" haknyeon nanya, euiwoong yang sibuk nyelup nyelupin kantong teh ke teko, nunjuk haknyeon pake dagunya. Ngga ngomong sama sekali.



Haknyeon ngerti, langsung jalan ke arah rak makanan, ngambil susu kalengnya woojin, plus ngambil snack apple pie kesukaan dia satu bungkus, langsung makan ditempat memunggungi keluarganya.




'makan sendiri, enak' -joo haknyeon




"Sarapannya roti dulu ya, mamah masih sibuk" kata daehwi, ngoper roti yang udah dia kasih selai. Yang lain ngangguk, ngga ada yang protes.


"Mamah udahan dulu ikut makan ayok sarapan" kata jihoon, ngeliat mamah malah ngga beranjak dari dapur. Mamah cuman senyum doang, geleng geleng. "Duluan aja kak. Tar mamah makan" kata mamah asal.


Papah langsung noleh ke dapur, ngehela nafas. "Mah, anak anak maunya makan sama mamah. Iya ngga kak? Dek?" kata papah, mencari dukungan. Yang lain langsung ngangguk, setuju.



"MAMAH AYOK MAKAN DULU"

"MAMAH SARAPAN DULU TAR CANTIKNYA LUNTUR"

"MAMAH TAR MENYUSUT KAYAK MUKA KAK BAEJIN KALO GAK SARAPAN"

"MAMAH DONGBIN UDAH MAU NANGIS LIAT MAMAH GAK SARAPAN BARENG"

Teriakan jinyoung sukses bikin mamah langsung berhenti kerja, langsung noleh ke meja makan, bener liat dongbin matanya udah berkaca kaca.


"Aduh iya iya mamah sarapan nih" kata mamah, rusuh nyuci tangan terus lari ke meja makan, duduk di ujung, sebelah seonho.


Hyungseob yang liat mamah udah duduk, langsung noleh ke dongbin, ngeliat dongbin terus ngehela nafas.



"Udah ya niki tirta kw. Jangan nangis. Kalo mau nangis disono di hutan sama guanlin"


Yha, si dewi persik kw ngga ngaca.

















"Mah, yang aku dibanyakin kan?" kata seonho, pas ngambil bekel makannya ke dapur. Mamah ngangguk, senyum. "Paling banyak dek, janji" kata mamah, seonho langsung senyum, seneng.


"Alhamdulillah. Yaudah mah adek berangkat" kata seonho, salim ke mamah terus langsung meluk mamah. "Makasih ya buat bekel makannya mamahku yang paling cantik disini da semuanya cowok sih yaudah gapapa yang penting cantik" kata seonho, bercanda.


"Iya sok adek belajar yang bener!" kata mamah, nepuk nepuk kepala seonho beberapa kali. Seonho ngangguk, langsung ngedadahin mamah, jalan ke mobil duluan sambil bawa bekel makan.



"Mah" kata euiwoong, yang sebenernya udah berdiri dari tadi di dapur, nungguin seonho keluar. Mamah langsung ngeliat ke euiwoong, nungguin euiwoong ngomong.


"Sini tangannya" kata euiwoong, mamah bingung, tapi tetep ngulurin tangannya ke euiwoong.


"Kemaren, anak sekbid seni diajarin bikin gelang terus kakak ikutan. Buat mamah, kakak yang bikin" kata euiwoong, masang gelang di tangannya mamah.


Mamah langsung senyum, ngeliatin euiwoong yang sibuk nunduk sambil masang gelang, malu.


"Makasih ya mah bekelnya. Kakak berangkat dulu" kata euiwoong, salim ke mamah, masih nunduk. Mamah ngangguk, nepuk nepuk kepalanya euiwoong bentar.


Euiwoong ngga meluk mamah kayak seonho, mamah ngga maksa euiwoong buat meluk. Euiwoong susah buat nunjukin rasa sayangnya ke mamah sama papah, tapi ada saatnya dimana euiwoong berani. Kayak sekarang.



"Mah" panggil euiwoong dari pintu dapur. Mamah ngedadahin euiwoong, masih senyum. "Belajar yang rajin ya kak, semangat" kata mamah, euiwoong ngangguk, masih ngeliat ke mamah.




"Kakak sayang sama mamah, sama papah, sama adek adek juga sama kakak kakak. Mamah semangat juga"





--------------------------------------------------------------

Punya anak kayak euiwoong kubisa menangis ambyar gemes yaallah so so cold city saram padahal mah manja manja jiga ucing:(

Filiorum; pd101Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang