"Mamah abis dari oma langsung ke rumah sakit"
Papah diem, ngeliatin mamah yang masih sibuk bolak balik dari dapur ke meja makan, bawa bawa beberapa tempat makan yang ditumpuk agak tinggi, bikin papah khawatir jatoh.
"Kak jihoon pulang telat, kak hyungseob sama mamah juga sama kak daehwi, kak linlin, kak dongbin, kak jinyoung di oma, kak euiwoong osis juga" kata mamah, diem bentar terus langsung ngeliatin papah.
"Jadi yang dirumah cuman hoho sama dek ujin. Awas jangan aneh aneh!" kata mamah galak, papah langsung ngehela nafas. "Galak, iya gaakan" kata papah, masih duduk di kursinya, ngeliatin mamah.
"Yaudah, udah itu doang sih. Bantuin mamah bawain tempat makan ke mobil" kata mamah, papah langsung melotot, kaget. "Bawa mobil?!" kata papah ngga percaya, mamah cuman ngangkat bahu.
"Ya gimana lagi? Udah cepet" kata mamah, jalan duluan daripada papah, ngambil tas nya di sofa ruang tengah yang lagi diisi sama seonho plus dek ujin, lagi nonton we bare bears.
"Mamah pergi yaaa, jangan nakal nakal dirumah" kata mamah, berhasil ngalihin perhatian kedua anaknya. Seonho sama dek ujin langsung berdiri, nyamperin mamah.
"Kita berdua aja dirumah?" tanya seonho, sambil meluk mamah. "Sama papah, papah hari ini ngga kerja" jelas mamah, seonho ngangguk, ngelepasin pelukannya.
"Adek jangan berantem terus sama papahnya ya, jangan nakal" kata mamah, nunduk buat meluk dek ujin. Dek ujin langsung ngulurin tangannya, meluk mamah juga ngga lupa nyium pipinya mamah.
"Siap mamah!" kata dek ujin. "Jangan jajan mekdi terus, kasian papah" kata mamah, nyium pipinya dek ujin. Dek ujin langsung geleng geleng, ngga setuju.
"Papah uangnya banyak mamah, kan mau ganti hp juga papah katanya sama yang lebih mahal"
---
"Pah, hoho di kamar aja nih ya, ngantuk" kata seonho tiba tiba, yang awalnya goleran nyender ke paha papah, langsung duduk.
Papah yang masih sibuk sama hp nya, cuman ngangguk, ngga ngeliat seonho. "Yaudah bye papih" kata seonho, berdiri buat jalan ke tangga, ke kamarnya.
Tapi ngga sengaja, seonho ketemu sama dek ujin yang lagi main sama lego lego koleksi dek ujin sendiri di deket tangga, ngga lupa pensil warna sama buku gambar berserakan di depan dek ujin, persis di depan rak mainan dia sendiri.
Seonho langsung jalan nyamperin dek ujin, duduk di sebelah dek ujin tanpa ngomong apapun, cuman ngeliatin dek ujin doang.
"Apa kak" kata dek ujin, sadar diliatin sama kakaknya. Seonho geleng geleng. "Gapapa dek" kata seonho, diem lagi.
"Dek"
"...."
"Dek"
"...."
"Adekㅡ"
"APA KAKAK"
Seonho kaget, ngeliatin adeknya ngga percaya, tiba tiba teriak depan mukanya. "Ngga apa apa" kata seonho, dek ujin langsung ngeliatin seonho kesel, terus balik main lego nya lagi.
"Dek, minggu sekolah yuk" kata seonho, dek ujin cuman ngangkat bahu, ngga ngeliat ke seonho sama sekali. "Gak. Males" kata dek ujin singkat.
Seonho langsung megangin jidatnya dek ujin, ngeliatin jidatnya dek ujin tajem, terus malah menggumam sendiri ke dek ujin.
"Berubah pikiran!! Berubah pikiran!!! BeRUBAH PIKIRANNN!!!" kata seonho, malah jadi teriak. Dek ujin langsung ngelepasin tangannya seonho, terus berdiri sambil ngeliatin seonho gemes.
"AKU GAMAU KAK!!!!" teriak dek ujin, ngga lupa mukul kepala kakaknya terus ngambil pensil warna sama bukunya, terus mukul seonho sekali lagi, ninggalin seonho.
"Eh adek" kata papah, ngeliat dek ujin manyun manyun ngga jelas, langsung duduk di karpet depan tv, nyimpen buku gambar sama pensil warnanya.
"Kesel adek" kata dek ujin tiba tiba, papah yang lagi nonton tv langsung ngeliat ke dek ujin, bingung.
"Kenapa?" tanya papah, dek ujin malah makin manyun. "Kak hoho ngapain sih kayak udah ngelmu aja dia! Dek ujin hampir di hipnotis" kata dek ujin kesel.
Papah langsung diem, ngeliatin dek ujin yang sekarang selonjoran sambil mewarnai. Ngga percaya sama omongannya dek ujin. Dek ujin kali yang ngelmu?
Tapi setelah didiemin beberapa saat, dek ujin tiba tiba menjatohkan pensil warnanya, langsung tiduran terlentang, ngehela nafas.
"Adek cape mewarnai terus" kata dek ujin, dramatis. Papah langsung ngeliat ke dek ujin, geleng geleng. "Yakan itu kerjaan anak tk mah dek. Kalo orang dewasa tuh kerjanya masak, beres beres, cari uang" kata papah.
"Mending mana?" tanya papah, dek ujin langsung bangun, ngeliatin papahnya males. "Ya orang dewasa. Cari uang biar bisa nyuruh nyuruh anak tk kayak adek" kata dek ujin, berdiri ninggalin papahnya, ngeliat ke luar jendela.
Tanpa bisa mencerna omongannya dek ujin, papah langsung ngeliatin dek ujin yang ngeliat ke luar jendela, terus senyum. "Inget, kata mamah gaboleh main keluar" kata papah.
Dek ujin cuman diem, megangin jendelanya dramatis, seakan akan lagi syuting video klip, untuk waktu yang agak lama.
Terus, dek ujin langsung balik badan, mukanya tanpa ekspresi ngeliatin papahnya, papah langsung senyum iseng. "Mau main ya?" kata papah.
"Ngga" kata dek ujin, jalan ke karpet yang dia dudukin tadi, terus nutup buku mewarnainya, berdiri sambil megangin buku mewarnainya diatas kepala.
Papah diem, bener bener ngga ngerti sama kelakuan anaknya, mikir sebentar, tapi bener bener ngga bisa ngerti. "Adek mau aㅡ"
"Adek mau jualan kue di luar. Bukan main. Kue....kue...."
----------------------------------------------------------
Kualitas menulis udah turun
Wkwkwk
Unpub sajakah ini