"nggaㅡ"
"ngga salah lagi ya? sejak kapan kamu ngedidik anak dengan cara nampar?" potong mamah, jalan nyamperin euiwoong juga papah.
"kamu berani tampar euiwoong, aku aja yang ngandung dia yang lahirin dia ngga pernah nampar. kamu udah ngapain aja buat euiwoong sampe merasa udah bisa nampar dia?"
"laki laki paling jahat itu laki laki yang nyakitin anaknya sendiri," kata mamah pelan, narik euiwoong pelan buat dipeluk, ngeliatin papah yang sekarang malah diem.
"aku harap kamu intropeksi diri kak, jangan kayak bajingan beraninya pake tangan,"
"maaf ya kak, mamah pulang telat," kata mamah berkali kali, meluk euiwoong yang masih nangis. mamah cuman bisa diem, ngelus ngelus rambutnya euiwoong pelan, nenangin euiwoong.
"sakit mah...." kata euiwoong pelan, mamah langsung megangin pundaknya euiwoong, ngeliatin mukanya euiwoong. "mana yang sakit?" tanya mamah,
"hati kakak yang sakit, papah jahat ngga sayang euiwoong...." kata euiwoong pelan, mamah ngeliatin euiwoong, ngeliatin anaknya yang masih megangin pipinya yang ditampar papahnya sendiri tadi.
"iya sayang, maafin mamah ya," kata mamah, ngelus rambutnya euiwoong. mamah cuman diem, ngeliatin euiwoong yang masih nangis, ngga tau harus ngomong apa lagi.
mamah sama euiwoong cuman saling diem, euiwoong masih nangis juga mamah ngga tau harus nenangin euiwoong kayak gimana, mamah sendiri juga rasanya mau nangis.
"mah....."
mamah langsung noleh, ngeliat hyungseob yang nongol dari luar pintu, mukanya keliatan hati hati banget.
"kenapa kak?" tanya mamah pelan, sedangkan euiwoong langsung balik badan, ngadep tembok karena malu kakaknya liat dia nangis.
"makan dulu......" kata hyungseob pelan, masuk sambil bawa sepiring nasi goreng yang udah daehwi angetin. mamah ketawa kecil, geleng geleng.
"mamah ngga lapar kak," kata mamah. "tapi adek bayi lapar," kata hyungseob, nyodorin piringnya ke mamah yang langsung diterima.
hyungseob duduk di sebelah euiwoong, satu tangan ngelus ngelus lengannya euiwoong, nenangin euiwoong.
"kita kek oma yuk mah sebentar," kata hyungseob, sambil ngeliatin mamah makan. mamah cuman ngeliatin hyungseob bingung, masih ngunyah makanannya.
"kakak khawatir sama adek bayi, sama iwung juga," kata hyungseob pelan, "yang lain juga udah pada setuju, mereka dirumah nenangin papah, kakak nemenin mamah sama iwung," tambah euiwoong.
mamah langsung ketawa kecil, tangannya nurunin sendok yang daritadi dipegangin, langsung ngulurin tangannya buat ngelus rambutnya hyungseob.
"sejak kapan anak anak mamah pinter diskusi?" tanya mamah, bikin hyungseob senyum tipis. "tapi ngga kak, kita diem dirumah aja ya," tambah mamah, ngeliatin hyungseob.
"soalnya anak mamah ngga cuman euiwoong hyungseob aja, yang lain juga anak anak mamah, ngga bisa mamah tinggalin,"
---
"jadi jangan lupa besok bawa jas lab juga pipet tetes yang masih bersih, besok kita praktikkum," kata bu hani, guru kimia produktif kelas 12.