jinyoung keluar kamar, udah ngga terlalu asing lagi sama keadaan rumah yang selalu hening semenjak haknyeon masih di rumah sakit, juga woojin yang lebih sering dirumah oma gara gara ngga ada yang nemenin kalo dirumah.
jinyoung hari ini libur. ralat, jinyoung meliburkan diri sendiri soalnya hari ini jadwalnya haknyeon di operasi.
"udah bangun kak?"
jinyoung senyum, ngangguk ngeliat papah yang lagi duduk di ruang makan, ditemani secangkir kopi.
"iya pah, mamah mana?" tanya jinyoung. "masih siap siap, kenapa?" tanya papah, jinyoung geleng geleng. "gapapa, kakak pengen sebatang dulu." jawab jinyoung.
papah ketawa pelan, ngerti sama maksudnya jinyoung. "yaudah sana di halaman belakang," kata papah. "sehari cuman boleh 3 batang ya kak inget," tambah papah, jinyoung ngangguk.
"jangan kebanyakan ngerokok, kamu masih pake uang mamah, juga uang papah. kalo kamu udah kerja udah punya uang sendiri, mau ngerokok sampe kepala kamu berasap juga gapapa."
"iya pah," jawab jinyoung. "kakak kebelakang dulu," kata jinyoung, ninggalin papah sendirian. papah balik baca berita yang ada di hp lagi.
tapi, setelah beberapa saat, papah sadar kalo dirinya ngga fokus lagi sama berita. entah mungkin karena hari ini anak sulungnya bakal di operasi, papah ngga bisa tenang.
sejak tadi malem, papah ngga bisa tidur nyenyak. sampe akhirnya memutuskan buat diem di balkon rumah sambil ngerokok, sendirian.
papah bukan perokok berat. papah cuman bakal ngeluarin rokoknya kalo papah lagi banyak pikiran, lagi stres.
"MAU SARAPAN APA!"
"allahuakbar!" kata papah, kaget. mamah langsung geleng geleng, jalan ngelewatin papah masuk ke dapur. "gausah takbiran ini belum lebaran," kata mamah.
"lagian dipanggil daritadi ngga nyaut, ditanya gak jawab yaudah mamah kagetin." tambah mamah. "mau sarapan apa?" tanya mamah, lagi.
"apa aja, roti aja juga gapapa. mamah harus cepet ke rumah sakit kan?" tanya papah. "iya, ini juga udah telat tapi gapapa. kak jinyoung mana pah?" tanya mamah, papah cuman asal tunjuk.
"kemana? masa jam segini berenang?" tanya mamah bingung. "hah kok berenang?" "ya papah nunjuk kolam renang gitu liat jarinya nunjuk kemana!" kata mamah, papah cuman cengegesan setelah sadar.
"ke belakang, katanya satuuuu aja satuuuuu." kata papah. "jangan dimarahin mah," tambah papah. mamah cuman ngeliatin papah, jalan ke meja makan sambil bawa sebungkus roti tawar juga piring sama pisau roti.
"siapa yang mau marahin juga," kata mamah. "mending gini kalo dirumah kan terawasi ngerokok sampe berapa batang." tambah mamah.
papah cuman diem, langsung ngeliatin mamah bingung. "kok tumben?" tanya papah, takjub. "udah gede kak jinyoung. ngga selamanya kita bisa ngekang anak kita pah." jawab mamah.
"HUAAAA ISTRIKU KEREN," teriak papah, bikin mamah yang daritadi fokus sama roti langsung ngeliatin papah, bingung. "...kenapa pah hari ini?" tanya mamah ragu.
"gapapa!! keren aja istriku!" kata papah, ngegeserin kursinya biar makin deket sama mamah. "keren!" kata papah untuk kesekian kalinya, ngga lupa ngasih mamah hujan kecupan di pipi kirinya.
"IH GANGGU LAGI NGOLESIN SELAI," keluh mamah, merasa keganggu sama papah yang ngga berhenti nyium pipinya mamah.
"yaudah dedek bugi aja yang dicium," kata papah, langsung nunduk dikit buat nyium perutnya mamah yang udah makin membesar. "kapan keluar ayok adek adeknya dek ujin," kata papah.