"WOE HYUNGSEOB!" euiwoong yang ngedengerin percakapannya mamah sama hyungseob, langsung berdiri, ngehalangin hyungseob yang mau jalan ke kamar nya.
"Apaan sih. Gak sopan lagi ya lo gak pake kakak" kata hyungseob males, euiwoong ngeliatin hyungseob, kesel. "Gaada tuh kakak gue yang kasar sama mamah. Lo bukan kakak gue kali" kata euiwoong, ngelipet tangannya depan dada.
"Minta maaf sama mamah" kata euiwoong singkat, hyungseob langsung ketawa, tapi ketawa nya tuh ketawa sarkas. "Daehwi kali yang kudu nya minta maaf" kata hyungseob, terus langsung jalan ngelewatin euiwoong, sampe nabrak pundaknya euiwoong.
Euiwoong langsung diem, bener bener speechless sama kelakuan kakaknya. Euiwoong ngerti segimana keselnya hyungseob sama daehwi, tapi ngga harus segini nya. Hyungseob gausah kasar juga ke mamah.
"Mah, ad- MAMAH YAALLAH MAMAH"
Seonho langsung teriak pas liat mamah nangis di ruang tamu sambil berdiri, udah persis kayak nangisin papah pergi.
"Mah kenapa? Masa nangisin papah ke luar kota nya baru sekarang?" kata seonho, yang tadi ngebut turun tangga terus langsung nyamperin mamah, meluk mamah.
Euiwoong langsung noleh ke dongbin, terus langsung ngehela nafas. "Dongbin, jangan ikut nangis kali dek" kata euiwoong lelah. Ngga ngerti kenapa punya adek hatinya lebih lembut dari tahu.
"Mamah udah atuh mah, udah ih" kata seonho panik, padahal mamah nangis juga ngga kejer kejer amat, malah nangis nya juga ngga bersuara.
"Yaudah udah ayok duduk dulu minum dulu yuk" kata seonho, nenangin mamah. Mamah cuman ngangguk doang, ikut jalan ke meja makan pas di tuntun sama seonho.
Euiwoong cuman ngeliatin mamah doang, memastikan kalo mamah ngga nangis lagi. Terus, setelah memastikan kalo mamah udah ngga nangis, euiwoong langsung narik kursi buat duduk sebelah mamah.
"Dipake gelang nya dari kakak?" kata euiwoong, berusaha ngalihin perhatiannya mamah, biar mamah ngga inget tadi abis dikasarin sama hyungseob.
Mamah cuman ngangguk, masih ngga ngomong. Persis kayak anak kecil kalo abis nangis, susah ngomong.
"Bagus gak? Suka gak mamah? Kalo suka kakak bikin lagi" kata euiwoong, ngeliat ke mamah. Tapi mamah cuman diem doang, masih sedih.
Di sisi lain, dongbin sama seonho ngeliatin euiwoong takjub. Sejak kapan dan kenapa euiwoong bisa se peduli ini sama mamah? Biasanya juga paling cuek.
"Udah atuh mah, nanti ngga cantik lagi tar kakak malu kalo mamah ambil rapot" kata euiwoong bercanda, megangin tangannya mamah. euiwoong ngeliatin mamah, narik nafas.
"Mah, ini kak hyungseob mau diapain? Di tendang atau dipukul nih sama euiwoong?"
---
Hyungseob sengaja berangkat pagi, sengaja misah dari keluarga nya. Kalo udah kayak gini, hyungseob suka ngerasa lagi dimusuhin sama semua nya.
Padahal ngga, iya sih euiwoong sama dongbin doang. Tadi pagi juga euiwoong langsung nyari hyungseob, bener bener mau nendang hyungseob gara gara bikin mamah nangis.
Nendang nya dari tangga. Astaghfirullah euiwoong.
"Cup? Tumben pagi?" sohye yang emang dasarnya selalu nyubuh, kaget liat hyungseob udah datang. Soalnya biasa nya, hyungseob-jihoon-haknyeon datangnya sedikit ngaret, 10 menit sebelum bel masuk.
Hyungseob cuman senyum maksa doang ngedenger omongannya sohye, nge isyaratin 'gue-gak-mau-ngomong-lo-mending-jangan-bacot' yang ditangkap dengan sempurna sama sohye.
Sohye langsung diem, balik mainin hp nya lagi. Hyungseob juga langsung nunduk, nyenderin jidat nya ke meja, ngerasa ngantuk banget gara gara bangun kepagian demi menghindari keluarga nya.
"KEPAGIAN BUSET"
Hyungseob langsung ngangkat kepala nya, ngeliat justin yang baru dateng terus langsung lari ke belakang, ke belakang bangkunya sohye.
"Kepagian. Jam di rumah gue ngaco" kata justin, langsung curhat ke sohye. Sohye cuman ngeliatin justin aneh doang, ngga tau harus bereaksi kayak gimana sama justin.
"Terus lo kenapa nyubuh?" kata justin, jadi udah kayak sesi tanya jawab sama sohye. Sohye ngangkat bahu. "Gue biasa datang pagi" kata sohye, balik badan terus mainin hp nya lagi.
"Tapi berantem sama kakak gue. Gue ngejatohin jam tangannya. Terus dia ngamuk" tambah sohye, justin langsung ngangguk, ngerti.
Hyungseob yang awalnya berusaha buat tidur lagi, langsung diem. Berasa kesindir sama sohye.
"Terus gimana?" guanlin nanya, penasaran. Sohye cuman ngangkat bahu doang, ngga ngeliat ke guanlin. "Gitu, dia ngamuk. Elah padahal tinggal bilang doang tar gue ganti kan? Kakak tuh emang suka ngga kira kira ya" kata sohye, langsung ngeluh.
Justin langsung diem, ngga tau harus bereaksi kayak gimana, soalnya justin anak tunggal. Gak ngerasain.
"Dia gak mikir apa ya kita adek juga ngerasa bersalah. Kita juga mau memperbaiki kesalahan kita. Minta disantet emang punya kakak" kata sohye, ngeluh. Justin geleng geleng, cuman bisa nepuk nepuk kepala nya sohye.
"Lo ngeluh mulu, langsung menyusut otak lo loh hye. Udah bego makin bego"
---
Daehwi hari ini pulang kecepetan, dongbin sama guanlin juga. Kenapa? Soalnya anak kelas 10 hari ini pulang cepet, kelas 12 mau ada simulasi pemantapan.
Kalo jinyoung, entah kabur kemana. Padahal dia juga udah pulang soalnya kelas 11. Kalo euiwoong yang sudah pasti lebih memilih diem dulu di ruang osis ketimbang pulang ke rumah.
"Assalamualaikum"
Guanlin, dongbin sama daehwi langsung salam pas masuk rumah, ngga ngeharepin ada yang bales soalnya kan papah di luar kota, mamah kerja?
"Waalaikum salam" jawab mamah, yang ternyata ada di rumah. Guanlin langsung lari ke mamah, meluk mamah.
Akhirnya! Makan gausah dibikinin sama daehwi hari ini. Makan masakan mamah.
"MAMAH" kata guanlin, hyper sendiri. Mamah cuman ketawa doang, nepuk nepuk punggungnya guanlin. "Kok udah pulang?" tanya mamah, bingung. "Mamah juga kok udah pulang?" kata guanlin, salim ke mamah.
Dongbin sama daehwi langsung nyamperin mamah, salim sama mamah. "Pulang cepet, simulasi pemantapan kelas 12" kata daehwi. Dongbin ngangguk. "Mah, adek mau tidur ya ke kamar cape" kata dongbin, bikin semuanya langsung ngeliat ke dongbin.
Iya emang sih, dongbin keliatan cape, pake banget.
"Tar mau makan apa adek?" kata mamah, dongbin diem. "Apa aja asal jangan ada udang. Kak jinyoung alergi udang" kata dongbin, terus langsung jalan ke kamar nya woojin.
"Ngapain ke kamarnya woojin?" kata guanlin, bingung. Dongbin cuman masang muka males ke guanlin. "Gue mau bobo sama adek. Adek gue cuman woojin doang"