(104) Bacalah

822 58 0
                                    


Anak adalah buah hati kita sekaligus penerus perjuangan kita. Dan orangtua yg paling berpengaruh terhadap anak adalah ibu, mengapa?

1. Sabda Nabi untuk memilih pasangan karena kesholehannya (agamanya). Sebab dialah si calon ibu.

2. Sabda Nabi untuk memilih wanita yg waduud (lembut dan penyayang). Sebab dialah yg kan melahirkan dan mengasuhnya.

3. Sabda Nabi tentang berbuat baik kpd ibu smp Nabi sebutkan 3kali baru kemudian kpd bapak sekali. Itu karena besarnya peranan ibu atas anak-anak.

4. Juga tentang doa ibu sangat mustajab terhadap anaknya. Kisah Juraij dan semisalnya.

5. Sejak sebelum lahir/sejak janin ia sudah ada kontak dan hubungan dekat dgn ibu (di dalam rahimnya).

6. Kenyataan dalam keseharian anak lebih banyak bersama ibu dibanding bapak, yg sibuk dengan kerja, ilmu dan dakwah.

Bila ibu sholehah insya Alloh anak pun akan sholeh dan sholehah, namun bila belum atau tidak sholehah maka akan sangat sulit. Untuk itulah mengapa sejak awal Nabi menasehatkan untuk memilih calon istri karena kesholehannya (agamanya) ketika proses mencari pasangan hidup.

Namun demikian bapak juga cukup memiliki pengaruh terhadap anak sebagai figur kesholehan bagi anak-anaknya.Firman Alloh dlm Surat Al-Kahfi:

...وكان أبوهما صالحا...

artinya: "...dan dahulu bapaknya adalah orang yg sholeh...

Satu hal yg tidak boleh terlewat, berdoa kepada Alloh untuk anaknya dijadikan sholeh dan sholehah sebagaimana dalam surat Ali-Imron:

رب هب لي من لدنك ذرية طيبة إنك سميع الدعاء.

artinya: "Wahai Robbku anugerahkanlah kepadaku anak2 yang baik (sholeh)."

Surat Al Furqon:
ربنا هب لنا من أزواجنا وذرياتنا قرة أعين وجعلنا للمتقين إماما.

artinya:  "Wahai Robb kami anugerahkanlah kepada kami istri2 dan anak2 yang menyejukkan pandangan mata (sholeh&sholehah) dan jadikanlah kami teladan (pemimpin) bagi orang2 yg bertaqwa."

Semoga menjadi pengingat kita semua, Wafaqonalloh

Kumpulan Cerita Islami {Revisi}Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang