192. Hati Ini Mahal

476 34 0
                                    

Kenapa ia mahal dan berharga? Karena disitulah Allah melihat kita, bukan pada rupa kita.

Rasulullah ﷺ datang ke seorang pedagang makanan. lalu memasukkan tangan ke bawah tumpukan makanan dan ternyata ada yang basah tidak layak jual. Nabi ﷺ bertanya “Mengapa begini?” Pedagang itu menjawab “Kena hujan”. Beliau lalu bersabda “Menipu bukan akhlak umatku. (HR. Muslim)

Imam Malik berkata;

تعلم الأدب قبل أن تتعلم العلم
“Pelajarilah Adab Akhlak sebelum mempelajari ilmu lainnya”

Karena
تفهم العلم

Dengan mempelajari adab, maka engkau jadi mudah memahami ilmu.”

Ingat, iblis diusir dari surga bukan karena kurang pintar, tapi karena sifat sombong. Ilmu tidak akan bermanfaat bagi yang kotor hatinya dan jelek akhlaknya.

Allah ﷻ berfirman;

وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلاَئِكَةِ اسْجُدُوا لأَدَمَ فَسَجَدُوا إِلاَّ إِبْلِيسَ أَبَى وَاسْتَكْبَرَ وَكَانَ مِنَ الكَافِرِينَ

“Dan ingatlah ketika Kami berfirman kepada para Malaikat: “Sujudlah kalian kepada Adam,” Maka sujudlah mereka kecuali iblis; ia enggan dan sombong dan ia termasuk golongan orang-orang yang kafir.” (QS. Al Baqarah: 34)

Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan walau sebesar biji sawi.

Nabi ﷺ bersabda:

أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِأَهْلِ النَّارِ قَالُوا بَلَى قَالَ كُلُّ عُتُلٍّ جَوَّاظٍ مُسْتَكْبِرٍ

Maukah kamu aku beritahu tentang penduduk Neraka? Mereka semua adalah orang-orang yang keras lagi kasar, tamak lagi rakus, dan sombong.“ (HR. Bukhari & Muslim)

Apa itu sombong?

الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ

Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain.“(HR. Muslim)

Kita mohon pada Allah

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ مُنْكَرَاتِ الأَخْلاَقِ وَالأَعْمَالِ وَالأَهْوَاءِ

“Allahumma inni a’udzu bika min munkarotil akhlaaqi wal a’maali wal ahwaa’

Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari akhlak, amal dan hawa nafsu yang buruk.”(HR. Tirmidzi)

Kumpulan Cerita Islami {Revisi}Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang