Senin ini seperti biasanya akan dilaksanakan kegiatan Upacara Bendera yaitu dari pukul 7 sampai pukul setengah 8 pagi. Bayangin tuh! Setengah jam kita berdiri di tengah lapangan, mending kalau kebetulan cuacanya lagi mendung jadinya teduh. Nah giliran awannya lagi cerah banget, topi pun jadi nggak ada manfaat. Yang ada badan mandi keringat saking tuh sang matahari teriknya minta disimbah hujan.
Yah tapi emang udah kodratnya manusia kali, kurang bersyukur. Sebab kalau misal pas bilang, "Ya Allah, panas sekali. Hujan aja deh gak apa-apa."
Terus misalkan doanya dikabulin, tiba-tiba hujan deras turun, yang ada kocar-kacir saling nubruk satu sama lain. Ujung-ujungnya yang lain bilang gini, "Duh ujan lagi, baju jadi basah gini. Entar pulang jalanan becek gak ada ojek. Ya Allah!"
See? Setiap orang pasti pernah ngalamin gitu deh. Setidaknya sebagian besar.
Selain kondisi cuaca, yang sebenarnya paling nyebelin dan ngeselin itu terletak pada petugas upacara. Di sekolah ku, biasanya upacara hari senin itu digilir tiap minggu perkelas. Dari mulai Osis, dilanjut sama kelas 12 terus kelas 11 dan terakhir kelas 10. Jadi semuanya kebagian.
Oke balik lagi. Jadi gini, kesel itu ketika kita, para peserta upacara, udah berdiri nungguin lama, kaki udah kesemutan, mata merem sebelah, panas matahari udah nembus, tapi upacaranya belum mulai. Perlu diulang?
UPACARANYA BELUM DIMULAI!!
Dan itu murni kesalahan para petugas. Okelah kadang-kadang bisa juga sih gara-gara keberisikan para peserta yang menghambat jalannya upacara. Tapi ya lebih seringnya sih ulah si petugas.
Dikarenakan kurangnya latihan dan persiapan, jadi suka mendadak latihan dulu pas waktu mau upacara beneran. He he! Dan akhirnya kita yang kena efeknya.
But, forgot it!
Yang jadi topik kali ini adalah kisah di balik upacara hari ini. Kira-kira bisa ditebak? Nggak?
Baiklah.
Senin ini, pas cuaca lagi enak-enaknya. Nggak panas. Nggak hujan. Ademlah pokoknya. Tapi yaa adaa aja yang bikin semuanya tuh malah lebih.. lebih gereget. Apa sih bahasanya yang pas? Taulah.
Upacara udah khidmat, cuaca enak, eh itu gerombolan geng "Black Cobra" bikin suasana mendadak jadi rusuh gara-gara ketahuan jailin cewek dari kelas lain. Kali ini provokatornya Dodo, si ketua kelas yang nggak pernah becus ngejalanin tugasnya. Bukannya mensejahterakan warga kelas, malah seringnya bikin cemas nggak karuan.
Jadi tadi tuh, cewek-cewek yang dijailin Dodo dan kawan-kawan pada marah, terus cowok-cowok itu malah pada ketawa. Keras lagi. Ya pastilah kedengeran!
Pak Yusuf aja yang jadi pembina langsung menoleh ke arah barisan kami diikuti guru-guru lain. Terus tiba-tiba Pak Riza ngomong,
"Siapa yang tadi ketawa-ketawa?!"
Hening. Semua orang diam.
"Ayo ngaku! Atau bapak akan samperin ke sana!" teriak Pak Riza lagi.
Tapi semua tetap diam.
"Oh kalian nggak mau ngaku ya. Munir, Dodo, Andi, pokoknya gerombolan itu keluar dari barisan! Cepat!"
Sontak saja semua peserta, s-e-m-u-a, bahkan guru-guru nolehnya ke barisan XI.IPS 5! Wah parah!
Tapi bukannya nurutin perkataan Pak Riza, tuh cowok-cowok sengklek malah saling tuding sambil ketawa malu. Wow mereka punya malu juga ya? Hihi.
Terus lantaran mereka masih diem aja sambil nyalah-nyalahin, Pak Yusuf sampai berdehem melalui microfon terus bilang gini yang bikin kita, cewek-cewek cuma bisa membelalakan mata dengan mulut menganga:
"Sudah, kalau begitu bapak pengen semua murid kelas sebelas IPS lima maju ke depan dan minta maaf sekarang juga! Bapak tidak menerima penolakan atau komentar apa pun!"
Yang bener aja! Rasanya pengin menghilang gituh. Sumpah demi apa malu-maluin banget!
Tapi gimana lagi, daripada dapat hukuman yang lebih berat dari ini, terpaksa kita berarak maju ke depan disaksikan oleh seluruh pelaksana upacara sambil dengan berbisik-bisik.
Allohu
Meski dengan menahan malu, kesal, marah, pengin garuk-garuk tembok aja rasanya tapi kita tetap bisa tersenyum. Walau siapa yang nggak kesel coba, kita nggak ngelakuin apa-apa tapi kena juga. Kan ngeselin abis.
Pada akhirnya Dodo dengan berani mengakui tindakannya dan minta maaf.
"Assalamu'alaikum, sebelumnya saya Dodo, ingin meminta maaf atas kelakuan saya dan teman-teman barangkali telah mengganggu jalannya upacara. Maka dari itu mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta, terlebih guru-guru. Kami berjanji tidak akan mengulanginya lagi."
*****
-Inayivsil
-27-01-2018
KAMU SEDANG MEMBACA
Realitas Anak IPS
Teen Fiction#Buku1 Membaca ini, jangan harap baper-baperan, yang ada geleng-geleng kepala sambil ngucap "Astagfirullah!" "Anak IPS emang harus gini, gaol githu loch!" "Udah deh, kita tuh kayak gini itung-itung nikmatin masa SMA, kapan lagi coba!" "Nggak tahan s...