Geografi 12

1.5K 102 0
                                    

Udah tahu Wawan kan? Si cowok sok kecakepan yang suka banget gangguin cewek. Paling sering dia itu gangguin Shira. Sebenarnya yang suka gangguin Shira bukan Wawan doang sih, Dodo, Munir sama Andi juga suka banget ngejailin Shira.

Selain karena cewek itu cantik, dia itu sifatnya pendiem. Iya, diem-diem bikin greget. Semua cowok di kelasku pasti deh selalu deketin Shira. Tapi emang dasarnya pendiem, Shira cuma diam aja pas digangguin.

(Bentar, perasaan ini bahasa dari tadi muter-muter mulu ya)

Okelah. Tapi kali ini bukan tentang Shira lagi. Ini tentang Wawan. Hari ini aku dapat gosip dari teman-teman.

Ana, Amber, Lisa dan Kina memang suka banget ngegosip. Jadi mau tak mau aku ikut dengerin. Cuma dengerin loh nggak ikutan gosipin.

Nah hari itu, hari dimana cowok-cowok IPS 5 semua dipanggil ke ruang BK. Ana, Amber dan Kina mulai membahas penyebabnya. Kebetulan aku memang belum tahu apa-apa pas ngeliat semua cowok tiba-tiba dipanggil.

"Eh, eh kalian mau denger nggak kenapa Wawan, Munir dan yang lainnya dipanggil ke ruang Bk?" cicit Amber kepada kami ketika sedang kumpul sepulang beli jajanan dari kantin. Kami memang lebih suka makan di kelas.

"Mau, mau!" seru Lisa dan Ana semangat. Aku cuma mengangguk.

"Jadi gini, kalian tau kan Wawan tuh suka banget deketin cewek. Nah, cewek yang dia dekati kali ini tuh si Jeni. Kalian tau kan si Jeni?"

"Tau. Anak sebelas IPA 2 itu kan?" timpal Kina.

"Oh iya iya tau, gue seekskul sama dia di Paskibra," tambah Lisa.

Ana juga tahu. Dan kayaknya cuma aku deh yang nggak tahu siapa itu Jeni. Ya ampun beginilah nasib cewek kuper.

Karena semua udah tahu, minus aku, jadi Amber melanjutkan. "Kan udah dua hari ini si Wawan pedekate sama si Jeni. Dan pas hari ini, mereka ketemuan di depan kelas IPA. Si Wawan sendiri yang nyamperin tuh cewek."

Kulihat Ana memasang muka bingung. "Kayaknya mulai bingung deh gue. Apa yang salah ya?"

Reflek, Kina menjitak kepala Ana. "Makanya diem dulu, ini kan belum selesai."

"Ooh iya iya," balas Ana sambil nyengir.

"Ya udah terusin," sahut Lisa.

"Terus kalo nggak salah denger waktu mereka ketemuan tuh, si Jeni marah-marah gitu sama Wawan. Yang liat nyangka Wawan ngapa-ngapain si Jeni. Eh salahnya lagi si Jeni ngadu sama guru BK katanya Wawan melecehkan dia."

Kami terbelalak tak percaya.

"Maksudnya melecehkan gimana?" tanyaku penasaran.

"Gue juga nggak begitu jelas denger. Tapi kata Munir sih, Wawan nggak ngapa-ngapain cewek itu. Cuma kata temen-temen si Jeni, Wawan kayak pegang-pegang dia. Terus si Jeni nangis. Ngadu deh sama guru sampai akhirnya bukan cuma Wawan yang dipanggil tapi semua cowok kelas kita," terang Amber panjang lebar.

Aku mengangguk-anggukan kepala. Jadi begitu ceritanya.

"Tapi masa sih?" kening Lisa mengerut. "Gue masih kurang puas sama jawabannya."

"Sebenarnya kita juga masih nggak percaya, nanti kalau cowok-cowok itu udah balik dari ruang BK, kita langsung tanyain aja," tambah Kina.

"Oke deh," jawab kami sambil mengangguk.

📊

Aku melihat Wawan, Munir, Dodo, Andi, Fahrul, Gino dan yang lainnya minus Ardi dan Anang kembali ke kelas dengan wajah kusam.

Terdengar suara gerutuan-gerutuan nggak jelas. Sejurus kemudian Wawan melempar tasnya dengan kasar.

"Gila tuh cewek!" umpatnya kesal. "Gue nggak ngapa-ngapain maen fitnah aja. Bagus di luar doang, atinya busuk!"

"Salah lo sih deketin dia," timpal Gino.

"Makanya lain kali jangan maen embat aja. Gue tau lo playboy tapi ya pilih pilihlah, Wan." Munir menggeleng-gelengkan kepala.

"Kita juga kan yang kena," tambah Dodo.

"Yaa sori. Gua nggak tau bakal gini," ucap Wawan merasa bersalah.

Kemudian Andi menepuk bahu Wawan. "Ya udah gak papa, yang penting elo kan nggak salah. Senakal-nakalnya elo, gue percaya elo nggak bakal kelewatan."

Anjayy, aku terhura..

Setelah itu, Amber dan Giya menghampiri Wawan. Disusul aku dan cewek lainnya.

"Emang gimana sih kejadian sebenarnya?" tanya Giya.

Wawan menarik napas gusar. "Gue dituduh ngelakuin hal senonoh, padahal sumpah gue megang dia aja kagak."

"Terus kenapa si Jeni bisa nangis?"

"Jadi gini ceritanya ibu-ibu," kali ini Munir ikut menjelaskan. "Waktu itu kan si Jeni pake rok abu mini banget, yah gimana pun Wawan kan cowok. Matanya pasti gatal. Tapi niatnya baik, dia bilang gini, 'Jen, coba deh lain kali penampilan lo biasa aja. Nggak gini juga lo tetep cantik, emang lo gak takut diliatin sama cowok? Gue juga cowok loh'." Ada jeda sebelum Munir melanjutkan. "Tapi si Jeni malah jawab gini, 'Maksud lo apaan ngomong gitu? Suka-suka gue dong mau gimana aja, emang lo siapa?'. Ya udah deh belum juga Wawan ngejelasin, tuh cewek udah ngedampratnya. Terus nangis lari-lari ke guru BK."

Jadi ceritanya gitu? Ah ada-ada aja. Sekonyong-konyong, terdengar tawa Raisa.

"Ya iyalah, emang lo pada gak tau? Si Jeni itu kan murid kesayangannya Bu Devi," ujar Raisa membuat kami ternganga. Bu Devi itu guru BK.

"Serius lo?" tanya Wawan.

Raisa mengangguk. "Gue tahu ini dari temen gue yang sekelas sama Jeni."

Lalu kami saling menjawab dan berkata riuh. "Yaaah pantessaan!"

"Hahaha."

Pada akhirnya kita ketawa, sebab merasa semua ini terlalu lucu. Tapi aku bisa mengambil pelajaran dari kejadian ini.

Bagaimana dengan kalian?

*****

-Inayivsil
-04-02-2018

Realitas Anak IPSTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang