Hari-hari berlalu. Satu bulan lebih sejak peristiwa Hari Karnaval itu meninggalkan kesan yang setiap kali diingat kita selalu merasa.. gokil banget kita dulu ya. Lalu kita tertawa bersama.
Perlahan aku mulai tahu sifat siswa siswi di kelas. Kali ini, Sedikit perkenalan tentang orang-orang yang menurutku unik di kelas XI.IPS 5.
Pertama, Ardi. Wajah lumayan cakep, lumayan agak bener (yah dibandingin teman-teman sebangsatnya), lumayan rapi, tajir, tapi... sadis. Iyalah, siapa sangka cowok yang dari luar keliatan bagus tapi suka ngomong pedess. Pokoknya enggak ada lembut-lembutnya sama cewek. Kata-katanya itu lebih nyakitin dibanding pedang yang diasah selama tujuh hari tujuh malam. Emang benar ya, mulutmu harimaumu!
Pernah suatu waktu, ada temanku namanya Shira. Dia pake lipstik merah menyala, tebal lagi. Aku dengar Ardi ngomong gini ke dia.
"Heh, hapus tuh bibir, jelek banget ih. Lo kata bagus, malah kayak abis hisap darah."
Jedaaarrr!!
Siapa yang nggak sakiit hati coba?! Dikata Shira vampir! Aku aja yang dengar ngerasa nggak dihargain banget jadi cewek. Dan lebih anarkisnya lagi Ardi nggak merasa berdosa sedikit pun. Kacau juga tuh cowok!
Tapi emang salah Shira juga sih mungkin, harusnya dia nggak pake make up terlalu berlebihan. Apalagi sekolah juga udah melarang. Tapi lucunya, sejak itu sampai sekarang dia nggak pernah pake lipstik lagi. Bibirnya selalu polos kalau ke sekolah. Kapok, katanya. Kasian juga ya.
Kedua, Aiko. Jangan nyangka dia orang Jepang. Namanya aja yang kejepang-jepangan, tapi aslinya mah penampilannya bak orang Korea. Style cewek ini keren. Wajahnya juga putih, mulus. Nggak salah sih, idolanya aja sebangsa BTS, Bigbang, Black Pink. Itu apaan dah, nggak aku banget.
Oke Aiko ini emang orangnya rapi. Cumaa, entah karena kelewat terlalu rapi atau gimana, dia tuh sama cermin ampuun deh gilanya. Di kelas aja kerjaannya ngaca mulu, malahan dipanggil "Ratu Cermin" oleh murid sekelas. Dan dia nggak keberatan. Iya sih itu hak dia, cuma ya menurut aku terlalu berlebihanlah. Masa sama cermin nempelnya kayak perangko? Nggak pernah sehari aja tuh cewek absen bawa cermin dan ngaca cuma untuk mastiin rambutnya nggak awut-awutan. Kalau dipinjem temennya terus nggak dibalikin dalam jangka 5 menit, udah ngomel nggak jelas. Gila kan? Iya. Emang.
Ketiga, ada lagi nih, dia cewek namanya Helma. Cantik, tinggi, berkulit sawo matang, sedikit pendiam dan... agak lemot, tapi yang paling ngeselin, Helma itu Phobia alias Pholos-Pholos Biadab. Kalau ngomong tuh suka gaje alias gak jelas. Kalau teman-teman lagi bercanda terus ketawa, nah Helma ini ketawa juga tapi pas kita- kita udah berhenti ketawa.
Oke, jadi gini ceritanya. Aku, Lisa, Raisa, Arlina, dan Helma lagi ngobrolin tentang insiden kemarin, Gino ketiduran di kelas sampe pulang.
"Lo semua liat ekspresinya si Gino kemarin, nggak kuat gue. Coba aja waktu itu kita pasang video di hp, terus taro di kelas sebelum kita semua keluar." Lisa menceritakannya dengan semangat. Kami juga ikutan semangat. Soalnya kapan lagi lihat cowok dikerjain?
"Bener banget. Pas dia bangun masih dengan wajah ngantuk, mukanya celingak-celinguk. Bingung karena kelas udah sepi. Udah nggak ada orang, terus dia baru sadar kalau dia ketiduran, padahal kita lagi asik liatin dia di luar dari kaca," timpal Raisa disusul dengan gelak tawa kami.
"Hahahaha."
Setelah puas ketawa, kami berhenti. Sedetik, tiba-tiba terdengar suara cekikikan. Kami sontak menoleh ke pusat suara dan langsung memasang wajah melas.
"Telat dodol," semprot Raisa pada Helma. Cewek itu cuma cengengesan.
"Hehe ya maaf," balas Helma watados.
"Kebiasaan, kalau lagi ngobrol kita mah udah puas ketawa, pas kita berhenti, sampeyan baru ketawa. 'Lieur sampeyan'."
Karena guyonan Raisa dengan logat sunda-jawanya itu, lagi-lagi kami tertawa ngakak sampe sakit perut. Raisa itu emang doyan ngelawak. Bisa deh ngikut acara Stand Up Comedy. Dia selevel sama Munir kalau urusan bikin orang terbahak-bahak. Entah dari cara bicara, ekspresi, mereka tuh udah lucu. Tapi kalau udah pas bagian lagi kesal, disaranin jangan dekat-dekat mereka kalau nggak mau kena imbasnya.
Menurutku, tak perlu jauh-jauh untuk mencari orang-orang unik, karena berada di sana, aku bisa bertemu dengan mereka yang tak pintar, usil, namun mampu memberikan kesan dan pelajaran.
*****
-Inayivsil
-30-12-2017
KAMU SEDANG MEMBACA
Realitas Anak IPS
Novela Juvenil#Buku1 Membaca ini, jangan harap baper-baperan, yang ada geleng-geleng kepala sambil ngucap "Astagfirullah!" "Anak IPS emang harus gini, gaol githu loch!" "Udah deh, kita tuh kayak gini itung-itung nikmatin masa SMA, kapan lagi coba!" "Nggak tahan s...