ospek tahun 2011, kampus.
"Ren?" lisa dengan pakaian serba hitam berlari ke arah gw setelah menuruni tangga gedung 2 tingkat tempat acara ospek dilakukan sambil membawa Handy talkie. Rambutnya dibiarin terurai. Ntah lah, biasanya diacara-acara padat kegiatan kayak gini dia gak pernah ngebiarin rambutnya tergerai kayak gini.
"Ya? Lu darimana aja?" gw, yang baru aja selesai menyusuri rute masuk mahasiswa baru untuk mastiin gak ada satupun dari mereka yang melanggar peraturan, lagi duduk dibawah teras gedung diujung tangga tempat lisa berasal. Kayaknya sih dia dari ruang sekretariat. Gedung dua lantai ini terdiri dari aula super besar dilantai bawah dan beberapa ruang kesekretariatan organisasi di lantai atas. Ruang-ruang sekretariat ini dikhususkan untuk organisasi tingkat universitas dan BEM salah satunya. Hari ini, hari dimana ospek baru dimulai, adalah hari tersibuk untuk anak-anak BEM sepanjang tahun. Gw dan lisa jadi salah satu panitia inti dan harus berbagi tugas buat menyambut 2000 mahasiswa baru tahun ini.
"ah, untung ketemu. Nih HT lu, ketinggalan tadi di sekre. Maba udah didalem? Ada yang cakep? lu udah nemu target maba buat dikecengin?" Lisa duduk disebelah gw sambil minum air mineral botol yang gw beli dijalan sebelum duduk ditempat ini. Dari dalem gedung mulai terdengar suara teriakan "Hidup Mahasiswa" yang jadi jargon andalan dari mahasiswa organisasi dikampus. Gw sebagai panitia inti seksi acara harusnya ada didalem buat mengkondusifkan jalalnnya acara, tapi karena lisa dateng dan bawa hate jadi gw rasa gw punya waktu sebentar buat istirahat ditempat ini, berdua lisa. Toh kalaupun ada yang butuh gw mereka pasti bakal ngehubungin gw lewat HT.
"Hari pertama ospek dan pertanyaan lu adalah ada maba cakep atau gak? Lisa please, gak ada yang namanya maba cakep dihari pertama ospek. Maba ospek ya gitu-gitu aja, hambar. Kayak minum yang barusan lu abisin" Gw jawab pertanyaan Lisa sambil ngecek minuman yang barusan dia ambil. Sekarang didalam botol gak bersisa satu teguk air pun.
"hehehe, gw haus maap. Eh settingan kamera gw udah bener belum nih, bentar lagi gw juga udah harus masuk buat ngambil dokumentasi kegiatan" lisa, yang kebagian tugas sebagai seksi dokumentasi, mulai ngasih kameranya ke gw buat dicek. Riuh redam suara-suara dari 2000 mahasiswa baru didalam gedung silih berganti masuk ke telinga gw.
"udah pake auto aja, gak bakal ada waktu buat ngatur settingan di momen kayak gini, iket gih rambut lu, gw kok risih ya liatnya" gw balikin lagi kamera yang sebelumnya lisa kasih. Lisa dan gw adalah mahasiswa tingkat-2 sekarang. Mahasiswa tingkat 2 sih katanya kalau waktu gak dihabisin buat organisasi bakal percuma dan ini yang gw dan lisa kerjain sekarang.
"Justru gw lagi males ngiket rambut, eh gak kerasa yah kita jadi panitia ospek sekarang. Lu masih inget gak kita pertama kali ketemu dulu waktu ospek univ? Kita sekelompok dan lu selalu jadi bagian yang dimarahin sama senior HAHAHAHA. Bales dendam yuk sekarang" lisa ngejawab. Ntah lah lisa keliatan sama aja buat gw dengan rambut dikuncir ataupun gak dikuncir. Dan dia bener, waktu berlalu begitu cepat. Momen ospek kayak gini selalu teringat dibenak gw. Sialnya di momen ospek jugalah gw ketemu sama lisa pertama kali.
"Iya inget, males. Gw jadi panitia bukan buat bales dendam. Gw murni pengen melakukan sesuatu yang berguna dan gak nyia-nyiain waktu kosong gw. Kalau lu mau bales dendam sini gw temenin, tapi kayaknya lu gak bakal punya kesempatan buat marahin maba, lu kan seksi dokumentasi hahaha" gw jawab pertanyaan dia sambil menghirup rokok yang tinggal setengah yang sekarang ada ditangan gw. Satu hal yang gw salut dari lisa adalah, dia bukan tipe cewek yang neko-neko yang gak boleh ngebolehin cowok ngerokok dideket dia. Ngobrol bareng lisa adalah ngobrol paling realistis yang selalu ngisi-ngisi waktu gw. Jarang berhubungan lewat sosial media, jarang ketemu di jam kuliah, tapi sekalinya ketemu di rapat event gw selalu nyempatin waktu buat ngobrol berdua kayak gini.
"hahaha. Dewasa sekarang? Mana rendy yang dulu yang rambutnya dibotakin senior dikamar mandi karena nekat dateng tanpa potong rambut?" lisa ngeflasback beberapa kenangan ospek yang dulu gw lewatin bareng dia dan kenangan yang dia inget adalah kenangan dimana kejadian-kejadian jelek tentang gw. Kampus, gak kayak hari biasa, terlalu sepi untuk ukuran kampus. Suara daun daun bergerak ditiup angin aja bisa gw denger, parkiran kosong, dan ya terlalu sepi.
"oh gitu? Mana lisa yang dulu nangis waktu tau tas karungnya gw tinggalin dikost-an karena gw dateng kesiangan gak ada yang bangunin?" canda-an lisa gw bales dengan balesan yang sepadan. Lisa 2 tahun yang lalu adalah lisa yang dikit-dikit nangis dan gak bisa jauh dari orang tua. Sekarang dia udah keliatan lebih dewasa.
"gw nangis bukan gara-gara lu tapi murni karena gw sedih jerih payah gw buat jadi maba yang baik malah hancur gara-gara tas karung gw ketinggalan" lisa ngejawab sewot."oh maap kalau gitu, kan tas karung lu ketinggalan juga karena gw HAHAHAHA gw puas sih sebenernya"
"Apaan sih lu? Belum pernah ditampol HT?
"Belum. Kenapa? Mau nampol gw? Boleh sih, kapan lagi, nih pipi gw"
"bener ya?"
"iya"
"tutup mata lu sekarang"
"buat apa?"
"udah percaya sama gw, biar rasanya gak terlalu sakit"
"oke"
"siap-siap... 1... 2... 3...""srett,,,, sreett.... ada yang liat rendy?"
"eh kok tiba-tiba hate nya bunyi sih? Eh ren ada yang nyariin lu nih" lisa yang kaget mulai mendorong-dorong badan gw karena ht yang lagi dia pegang mendadak bunyi.
"ah, gak jadi kan nampolny, sini mana hatenya" gw buka mata gw sambil ngambil HT dari tangan lisa.
"iya gw rendy, lagi dibelakng gsk"
"bisa kebackstage sekarang? Nih pak rektor mau ngasih materi pengen ketemu lu dulu"
"ya udah gw kesana""kayaknya nampol pake hate nya harus ditunda" gw mulai berdiri dan siap-siap masuk kedalam gedung. Lisa gw liat juga mulai ngelakuin hal yang sama sambil memakai kamera di lehernya dan bersiap buat ngambil dokumentasi didalem gedung nanti.
"ah, gw udah berharap bisa nampol beneran. Mau masuk? Yuk?" lisa yang tampak antusias dengan ospek hari ini tiba-tiba narik tangan gw dan mulai ngambil jalan pintas buat bisa masuk kedalam gedung
KAMU SEDANG MEMBACA
Cerita Kita Untuk Selamanya 2 : Harpocrates [TAMAT]
AdventureHighest rank (June 12th, 2020): #1 in meditasi #3 in mendaki "Harpocrates had become the symbol for secrets and mysteries. I have no qualms about representing silence, but to me silence does not mean keeping secrets, it means serenity. It is in sile...