"Ini mas ktp-nya, tunggu keretanya dijalur 2 yah" seorang petugas kereta yang abis meriksa ke absahan tiket gw mengulurkan tangan buat ngembaliin ktp. Petugas ini umurnya sekitar 45 tahun, keliatan dari sebagian kumisnya yang udah mulai memutih.
"Iya pak, didalem nanti ada smoking area?" Sebelum masuk peron gw tanya sibapak tentang keberadaan smoking area. Ini penting mengingat waktu keberangkatan kereta gw masih tergolong lama.
"Ada mas, nanti diperon ada papan penunjuknya yah" si bapak ngejawab sambil senyum dan ngambil ktp dari orang di antrian belakang gw, si cewek rambut pirang tepatnya sih.
Lepas dari counter check in, papan petunjuk mengarahkan para penumpang, termasuk gw, buat turun ke bawah dan masuk semacam terowongan bawah tanah yang diujungnya ada tangga naik menuju peron. Tepat setelah tangga naik tadi gw liat papan penunjuk yang bisa ngasih tau gw dimana letak smoking area, kayak yang si bapak petugas bilang waktu gw check in.
Peron jalur dua ini penuh sama kursikursi. Sekarang kondisinya masih sepi karena waktu keberangkatan masih lama. Disepanjang peron selain kursikursi juga banyak tiang beton penyangga bangunan. Smoking area ada disalah satu ujung peron, posisinya deket sama toilet.
Smoking area, sama kayak tempat yang lain, juga masih sepi. Ada bangku besi yang dibuat leter U dengan asbak ukuran jumbo ditengahnya. Disini baru ada satu cowok berambut tipis, dan satu bapak bapak lagi ngobrol. Dari tampilan luar dan dari topik pembicaraan gw bisa nilai kalau mereka sebelumnya belum saling kenal. Dan si cowok berkalung salib ini kayaknya emang keliatan supel.
Gw duduk dan mutusin buat menghabiskan waktu disini selama proses penunggu-an kereta sebelum keretanya datang.
Cekreeek.. gw sundut rokok gw
Malam ini, 16 agustus 2017 gw berangkat ke semarang, naik kereta sendiri, dalam rangka persiapan mental ke khatmandu. Stasiun masih sepi. Dan disaat sepi kayak gini perasaan gw rentan, rentan diserang kenangan bareng bibi. Tapi gak tau, gw selalu menikmati saat saat kayak gini, seenggaknya saat saat kayak gini lah yang ngajarin ke gw tentang betapa peran seseorang bisa begitu besar buat hidup orang lain, dan karena alasan inilah berbuat baik ke semua orang penting karena kita gak tau seberapa besar penderitaan yang udah dipikul orang lain sendiri.
Bibi, tepat setelah lebaran, ulang tahun. Dan tau apa yang gw lakuin? Gak ada. Gw cuma bisa gelap gelapan dikamar. Gelapgelapan bersama perasaan bersalah. Gw gak ngucapin, gw gak nyelesaiin cerita kaskus, ah pokoknya gw gak pantes bahkan dipanggil temen sama bibi.
Gw jelas punya kesempatan buat bisa ngerayain ulang tahun dia, minimal sekedar ngucapin. tapi dibalik itu semua, gw yakin perayaannya udah gak sama kayak perayaan taun lalu. Dia udah punya banyak temen disana sekarang dan temen temennya gak mungkin tinggal diam dan gak ngerayain momen penting dalam hidup bibi kayak gini. Dan mungkin juga dia udah punya pasangan yang bisa diajak sedih senang bareng. Jelas kalau gw masuk lagi kedalam hidup dia bukan malah membuat semua jadi lebih baik, malah gw yakin semua bakal lebih runyam dan bibi pasti gak suka. Jadi gw pikir mending gw tahan semua sendiri, lagi, toh gw udah mulai terbiasa menahan semuanya sendiri.
Maafin aku bi, maaf...
Harusnya gw kuat, harusnya gw bisa melanjutkan hidup setelah terbiasa tanpa bibi. Tapi sekarang perasaan gw seakan makin rentan diserang perasaan insecure. Beberapa hari terakhir sebelum hari ini, perasaan bersalah karena gak ngucapin ulang tahun semakin membesar. Malah akhirakhir ini semua diperparah dengan bayangan bibi bahagia disana sama pasangannya. Ditambah dengan ketidakbecusan gw nyelesaiin cerita kaskus, perasaan kalau gw gagal dan gw gak dibutuhin jelas dateng bertubi tubi, menusuk hati tanpa belas kasih.
Apapun yang terjadi, dimanapun kamu sekarang, aku harap kamu ngerti bi
Pufft...
Lebaran kemaren untuk pertama kali gw shalat ied di istiqlal. Shalat ied disini mengharuskan siapapun yang mau shalat disana berangkat jam 4 pagi supaya kebagian tempat didalem. Dan itu yang gw lakuin. Tepat setelah shalat ied selesai gw baru pulang kerumah, untuk menghindari kemacetan.
"Perhatian, Kereta tawang jaya jurusan pasar senen - semarang poncol sebentar lagi akan memasuki peron jalur 2, bagi para penumpang yang sudah memiliki tiket agar mempersiapkan barang bawaannya terima kasih"
Lamunan gw buyar oleh pengumuman yang bilang kalau kereta gw sebentar lagi bakal masuk jalur 2. Peron ini gak kerasa udah rame banget. Kursi kursi ruang tunggu udah gak bisa nampung semua penumpang jadi akibatnya sebagian penumpang duduk selonjoran dilantai. Sebagian penumpang, sama kayak yang gw liat diluar, adalah anakanak muda bawa ransel besar yang mungkin pengen ngerayain momen 17 agustus di gunung.
Masih ada 15 menit lagi sebelum kereta bener bener berangkat. Gw periksa tiket gw buat mastiin dimana gw duduk nanti. Gw liat ditiket dan dengan jelas tertulis disana:
"Gerbong satu, seat 2A"
KAMU SEDANG MEMBACA
Cerita Kita Untuk Selamanya 2 : Harpocrates [TAMAT]
PertualanganHighest rank (June 12th, 2020): #1 in meditasi #3 in mendaki "Harpocrates had become the symbol for secrets and mysteries. I have no qualms about representing silence, but to me silence does not mean keeping secrets, it means serenity. It is in sile...