Chapter 70
H-1 pemberangkatanKhatmandu. sebelumnya gw belum pernah punya bayangan apapun tentang kota ini, bahkan gw belum pernah denger juga namanya. Beberapa bulan lalu, Momen pertama kali lisa ngajak, ntah kenapa menimbulkan satu sensasi beda yang gw rasain dan bikin gw manggut-manggut menyetujui rencana lisa untuk pergi kesana.
"Eh lu sibuk apa sekarang? Travel yuk?"
"Gw sibuk kerja. Travel kemana emang?"
"Nepal?"
"Nepal?"Seorang lisa ngajak traveling dan negara yang jadi tujuan nya adalah nepal? Ini bener-bener amazing. Gw kaget, syok udah jelas. Dan mungkin karena dalam kondisi syok lah otak gw seakan-akan belum bisa memproses apapun dan cuma berkata iya atas respon ajakan lisa tersebut. Ternyata, setelah penantian berbulan-bulan, rencana tersebut benar-benar terwujud. besok adalah hari dimana gw, lisa, vivi, dan budi untuk benar-benar kesana. Jujur gw masih syok.
Kenapa lisa memilih nepal? Gw belum tau jawaban pertanyaan ini. Alasan pasti kenapa dia memilih negara ini mungkin bisa gw tanya langsung besok. Terus kenapa gw mau ikut? Gw, lagi-lagi gw tekankan, sebenernya bukan tipe yang suka travel. Jangankan keluar negri, tetanggaan kompleks beda blok aja gw gak kenal. Gw ikut lisa karena gw ngerasa gw butuh tempat buat merefresh otak dengan sesuatu yang baru. Gw butuh tempat yang gak cuma menawarkan liburan tapi juga menawarkan pengalaman lain yang bisa gw petik pelajaran dari tempat tersebut. Dan, atas ajakan lisa untuk ke Nepal ini, gw mengapresiasi dan sangat menghargai dia karena dia tetap ngajakin gw walaupun dia tahu mungkin aja gw nolak ajakan dia. Klise sih, tapi kenyataan memang seperti itu.
Malam ini gw memastikan kembali semua perlengkapan yang gw bawa itu benar-benar penting dan gak bakal merepotkan gw nanti ketika disana. Hal terakhir yang harus diputuskan terkait persiapan ini adalah "pentingkah gw bawa papan skateboard?" dan beberapa hari terakhir jawabannya terlalu mengarah ke arah "tidak" karena pertimbangan rute yang bakal gw lewatin nanti. Selain skateboard, masih ada beberapa item lagi yang menurut gw gak penting dan gw pilih untuk ditinggal demi meminimalisasi beban tas yang bakal gw bawa nanti.
Secara keseluruhan, rencana yang sudah dibuat lisa dalam 10 hari kedepan ketika berada dikhatmandu itu mungkin gini:
Hari pertama : Sampai di khatmandu (sampai jam 21.00 WIB)
Hari kedua : Menuju Pokhara (8 jam perjalanan)
Hari ketiga : Keliling pokhara
Hari keempat - Hari kedelapan : Tracking poonhill
Hari kesembilan : Menuju Khatmandu
Hari kesepuluh : Pulang.3 hari pertama, gw dan yang lain bakal ngelakuin city sight. Keliling kota pokhara. Biar lebih gampang mungkin informasi ini membantu memberi gambaran tentang khatmandu dan pokhara: Khatmandu adalah ibukota dari NEPAL. Mirip statusnya kayak Jakarta. Pokhara? Pokhara adalah satu dari sekian banyak titik start tracking untuk melakukan perjalanan dihimalaya. Kalau di Indonesianya mungkin lebih mirip sama Bandung. Khatmandu dan pokhara adalah dua kota besar di Nepal. Mengingat gw akan sampai di khatmandu hampir tengah malam dan jarak dari khatmandu dengan pokhara yang lumayan jauh, jadi perjalanan ke pokhara harus ditunda sampai minggu pagi. Gw sempat melihat rencana yang lebih detail yang sudah dibuat lisa. Dia pernah bikin list tentang "kuil yang wajib dikunjungi" di pokhara dan khatmandu. Dan banyak banget kuil yang masuk ke dalam list yang lisa buat. Gw udah jelas gak punya hak protes untuk semua jadwal yang sudah dia buat kayak gini. Walaupun terkesan semena-mena sih.
Satu lagi hal penting, Uang. Tanpa uang, mungkin gw cuma bakal jadi gembel di Nepal. Tadi sore gw udah menukarkan sejumlah uang dalam bentuk dollar US. Lisa bilang memang sebelum sampai Nepal mungkin kita bakal kesulitan buat nyari money changer yang menyediakan Rupee Nepal jadi harus bersabar untuk menukar uang ketika benar-benar sampai di khatmandu dengan nilai pertukaran 1 dollar US = 100 Nepal Rupee
Ada banyak pertanyaan lain sebenernya yang gw belum tau jawabannya. Apa itu poonhill? Apa hubungannya poonhill dengan everest? Lisa benar-benar datang besok? Menerawang jawaban pertanyaan - pertanyaan ini bikin mata gw berat dan.... Gw tidur...
KAMU SEDANG MEMBACA
Cerita Kita Untuk Selamanya 2 : Harpocrates [TAMAT]
AventuraHighest rank (June 12th, 2020): #1 in meditasi #3 in mendaki "Harpocrates had become the symbol for secrets and mysteries. I have no qualms about representing silence, but to me silence does not mean keeping secrets, it means serenity. It is in sile...