Jadi sabtu sebelumnya pas tau penghuni kosan pada gak kemana-mana, Nanta ngusulin buat ngadain kerja bakti di hari Minggu. Tadinya yang lain jelas pada protes, tapi emang jagonya Nanta ngendaliin yang lain dengan ngancem gak mau masakin macem-macem kalo yang lain lagi miskin, akhirnya mereka pun mau.
Gimanapun, cuma masakan Nanta yang bisa dipertanggung jawabin kelayakan uji kesehatannya. Apalagi pas tanggal tua, belom dapet kiriman, atau sepi job jaga warnet onlen frelancean, ya si Nanta ini harapan terakhir mereka kalo tentang makanan. Tahu aja bisa dimodif jadi bentuk ayam, jadi mereka gak nyesek-nyesek amat.
Iya, dibanyakin masako ayamnya jadi ketutup rasa tahunya.
Ha ha.
Dan dengan udah terbentuknya struktur jobdesk buat masing-masing, pagi ini pun mereka tinggal kerjain apa yang harus mereka kerjain.
Seksi konsumsi itu jelas Nanta dan ketambahan Rasi. Yang lainnya kerja lapangan dengan bagian yang udah disepakati.
Bagian dalem rumah itu ada dua lantai. Lantai atas dipegang Dion dan lantai bawah yang agak luas dipegang sama Yandra dan Galen. Tugasnya rapihin apa yang perlu dirapihin, termasuk nyapu, ngepel, gosokin kerak WC dan lainnya.
Kalo masalah bagian luar, itu ditugaskan ke tiga orang yang paling susah buat serius kalo kerja bakti. Udah jelas si Bintang, Langit sama Albi. Ngomong-ngomong tugas bagian luar tuh yang paling berat karena kudu nebang pohon yang sekiranya bikin bahaya, apalagi nih pas musim hujan. Nyapu halaman sama garasi, terus ngosek kolam ikan yang udah lumutan.
"Nannnnn, es teh belom jadi apa gimana nih? Keburu modar, woi!! Panas banget, elah."
Dari tadi Albi udah neriakin pertanyaan yang sama karena Nanta gak juga nongol dari dalem. Dia kelesotan di rumput sambil kipas-kipasin wajah karena kepanasan.
"Halah! Lo gak ada sejam ya nyapu." Saut Bintang setengah emosi, dia ngomel sambil nyipratin air kolam ke arah Albi.
"Udah beres ini, ngosek aja yang bener lo. Tuh-tuh, kesian sodara lo sampe mangap-mangap kurang aer."
"Bacot."
"Berisik lo bedua."
Bintang sama Albi ngedongak, liat Langit yang lagi nangkring di atas pohon mangga.
"Lo juga monyet!!" Bales Albi sama Bintang barengan.
"Lang, ambil dua gih buat bikin rujak manis." Kata Nanta nyahut.
Tau-tau Nanta, Rasi sama pasukan bersih bagian dalem nongol sambil bawa nampan di tangan mereka. Udah ada gorengan sama minuman pengganjal perut. Disana muka Langit, Bintang sama Albi udah kayak ketemu Kim Kadarshian. Seneng-seneng yang bikin jijik.
"Nah, gitu kek dari tadi."
Baru aja Bintang mau nyomot pisang goreng, tangannya udah ditabok sama Rasi.
KAMU SEDANG MEMBACA
Rasi Bintang (Novel)
Teen Fictionfic: #bbhlokal Karena Rasi dan Bintang sama-sama tahu bahwa ada yang gak bisa diubah meski keadaan udah berubah. Karena Rasi dan Bintang sama-sama tahu bahwa waktu bisa membuat beberapa aspek hidup mengubah perasaan tapi gak dengan kenangan. Dan Ras...