Malam itu, sebuah pesan kubuka, itu pesan dari Kak Oka.
"Kamu di mana?" dia bertanya.
"Aku di kostan," jawabku.
"Aku pusing."
"Pusing kenapa?"
"Aku pulang, sekarang."
Entah mengapa aku selalu suka saat dia selalu mengutarakan kaadaannya padaku, entah itu apa saja, entah itu dia sedang bahagia, resah, gundah, banyak pikiran, kesal, kecewa, atau apa saja, dia selalu bilang, dan aku seperti merasa bahwa keberadaanku di kehidupannya adalah ada, dan dianggap.
"Aku di bawah," dia mengirimiku sebuah pesan.
"Tunggu!" jawabku.
Aku dan Kak Oka pergi ke kostan Kak Oka malam itu, dia terlihat dengan muka lusuh, kusut, seperti masalah di hidupnya sangat berat. Sesampainya di sana, dia mewartakan wajahnya yang kusut itu kepadaku.
"Aku pusing."
"Pusing kenapa?" tanyaku. "Sakit?"
"Enggak."
"Udah makan belum?"
"Udah," jawabnya lemas.
"Kenapa?"
"Aku kasian sama Si Fitra!"
"Kenapa emang Kak Fitra?"
"Jadi gini, dia tuh, kan punya pacar, namanya Yulian. Terus Si Yulian tuh, pergi ke Thailand, sama kayak aku kan, tapi lebih dulu aku. Nah, pas Si Yulian ke Thailand, Si Fitra gak kuat kan, dia pacaran jauh, terus Si Fitra selingkuh. Awalnya, dia gak ketauan. Nah, pas Si Yulian pulang ke Indonesia, Si Yulian tau kalo Si Fitra selingkuh, terus Si Yulian ngerasa kecewa banget sama Si Fitra, dia bilang ke aku kalo dia tuh sayang banget sama Si Fitra, dan dia gak pernah ngerasa sesayang ini selama pacaran sama cowok, dan pacaran mereka udah jauh banget. Terus Si Yulian kecewa sama Si Fitra, terus diputusin aja Si Fitra. Si Fitra ngerasa nyesel banget, dia minta balikan lagi ke Si Yulian, tapi Si Yulian gak mau, karena udah kecewa banget. Terus aja, Si Yulian ngedoa tuh, dia ngedoa semoga aja dia diberikan yang lebih-lebih segalanya dari Si Fitra. Setelah beberapa minggu kemudian, eh ternyata doanya dikabulin aja sama Tuhan, dia dideketin dosen, dosennya masih muda, tapi udah mapan, udah punya rumah, udah punya mobil, mapan aja segala-galanya dibanding Si Fitra. Deket aja mereka berdua, terus Si Yulian bilang ke aku, jangan kasih tau Si Fitra, kalo Si Yulian deket sama dosen itu, kata dia kasian Si Fitra, nanti takut jadi masalah juga."
"Terus terus gimana?" simakku penuh antusias.
"Si Fitra tobat, gara-gara Si Yulian. Dia yah, lebih-lebih dari aku tobatnya juga, padahal duluan aku yang tobat."
"Asli?" tanyaku.
"Asli! Dia yah, jadi berenti giting, yang asalnya dia kecanduan banget lebih-lebih dari aku. Dia jadi rajin sholat, dia sholat shubuh coba."
"Beneran?" tanyaku.
"Iyah, pokoknya anak Zeus semuanya pada tobat, pada sholat coba. Kita yah, kerja begadang sampe shubuh, biasanya shubuh kita tidur langsung, bangun siang. Nah, aku kan, suka sholat tuh, sendiri pas udah tobat. Sekarang yah, semuanya pada sholat."
"Ih, seneng!" kataku.
"Iya, makanya. Terus yah, Si Fitra dia tahajud setiap malem coba, buat ngebalikin lagi Si Yulian. Pokoknya, Si Fitra sampe berubah gara-gara Si Yulian."
"Ih, salah niatnya! Tobatnya cuma gara-gara Si Yulian. Nanti malah gak dapet tau!" kataku.
"Nah, terus yah, setelah Si Fitra berubah, dia minta balikan lagi sama Si Yulian, tapi Si Yulian tetap aja gak mau."
"Terus terus?" aku antusias.
"Terus gak lama, si dosennya dateng ke rumah Si Yulian, dan akhirnya Si Fitra tau aja mereka udah deket. Terus Si Fitra ngamuk, dia gak terima."
"Kasian Kak Fitra," kataku. "Terus gimana?"
"Dia jadi nakal lagi, dia giting lagi. Aku kasian banget sama Si Fitra, padahal dia udah tobat, udah segala macem aja. Aku ngomong aja sama Si Yulian, bilang kasian Si Fitra, gitu-gitulah. Eh, Si Yulian bilang katanya mau serius sama Si Dosen itu. Goblok emang Si Yulian, aku kesel sama dia!"
"Eh, eh, jangan gitu!" sembari menepuk-nepuk pundaknya.
"Kasian aku sama Fitra, dia tuh, temen deket aku. Aku ngerasain banget gimana jadi dia. Aku ngeliat dia kayak yang udah gak ada semangat buat hidup, dia hidup lontang-lantung, kayak yang udah bener-bener putus asa banget!"
"Kamu sebagai temen deketnya dia, harusnya temenin dia, ingetin sama sadarin dia. Kasih tau sama kamu, kalo hidup dia masih panjang, masih banyak yang harus dilakuin, gak sampe di sini aja. Cewek tuh, masih banyak di dunia ini, gak cuma Si Yulian aja, dia bisa dapetin yang lebih-lebih dari Si Yulian. Kamu kasih motivasi dia, sadarin dia!" kataku.
"Ada dua kemungkinan yang bakal terjadi. Antara Si Fitra ngebunuh Si Dosen itu, atau Si Fitra bunuh diri."
"Ih! Serem!! Jangan dua-duanya!!!"
"Aku pengen bantuin Si Fitra! Mau aku pukul sampe mati Si Dosen bangsat itu! Bakal aku pukul abis-abisan!" dia memukulkan tangannya ke tembok dengan cukup keras.
"Heeeiii ..." aku meraih tangannya perlahan, lalu mengelus tangannya, mencoba menenangkannya.
"Biar cepet beres masalahnya!!" katanya.
"Kata siapa dengan cara itu bisa cepet beres masalahnya? Nanti, kalo kamu bantuin Kak Fitra dengan cara itu, terus Kak Yulian bakal suka gitu? Enggak! Nanti yang ada Kak Yulian malah bakal tambah benci sama Kakak sama Kak Fitra juga. Terus kalaupun Si Dosen itu mati, emang Kak Yulian bakal balikan gituh sama Kak Fitra? Enggaklah! Pasti Kak Yulian tambah benci yang ada. Segala hal yang kamu pikirin dan putusin kalo kamu sedang dalam keadaan emosi kayak gini, gak bakal ada yang bener. Kamu tenangin dulu, kamu juga harus tenang, redam emosinya, bantu Kak Fitra buat sadar juga."
"Kalo ada maling aja malem ini, aku bakal pukul dia sampe mati!!"
"Gak boleh main hakim sendiri!"
"Kan, dia maling, dia salah! Aku bakal pukulin dia!"
"Terus kalo udah mukul masalahnya bakal beres? Enggak, kan? Kalo misalkan kayak gitu, kamu ngelakuin hal sia-sia dong, udah mukul maling, kamunya malah dosa, masalahnya gak beres!"
Dia diam saja, aku meredam emosinya, aku raih dia, lalu aku peluk dia, dia benar-benar lemas, dan emosinya masih belum reda, aku tepuk-tepuk punggungnya, lalu memperlakukannya seperti anak kecil yang sedang marah, aku peluk dia dengan erat, sambil terus menasihatinya, dia perlahan redam emosinya, dia perlahan mulai tenang, lalu dia melingkarkan tangannya di badanku, dan memelukku, dia menumpahkan segalanya saat itu, akhirnya dia dapat tenang kembali, aku sangat tenang.
KAMU SEDANG MEMBACA
Tuhan, Aku Sayang! (TAMAT)
General FictionUntuk cinta, kita tidak bisa memilih untuk siapa atau kepada siapa kita mencintai. Itulah yang terjadi, saat aku mencintainya. Aku tidak memilihnya untuk menjadi seseorang yang akan aku cintai, tapi rasa itu tiba-tiba saja perlahan menggunung, dan a...