39.Salah Paham

29 2 0
                                    

Aku dan Jaemin sekarang udah dalam perjalanan menuju rumah Kak Doyoung. Kami naik go car dari rumah aku tadi pagi, sekitar jam 6.

"Minum dulu Jaem" aku ngasih botol air ke Jaemin yang daritadi murung.

"Makasih ya" Jaemin minum air botolan itu. Terus dia ngacak rambutnya geram.

"Kenapa Jaem?" tanyaku panik.

"Aku gak habis pikir sama Na Jiyeon itu, arghh"

"K-k-k-kenapa?" tanyaku ragu.

"Dalang dari kematian mama adalah kakak ku sendiri. Na Jiyeon."

"Haahh??!!" aku terkejut.

"Jadi, selama ini dia yang pengen kaya. Sebegitu susahnya mama nyari uang dulu, ujung ujungnya dia yang ngabisin. Katanya buat keperluan skripsi, tapi ternyata dia hambur hamburin uang itu sama cowoknya."

Aku masih terdiam mendengar kata kata Jaemin barusan.

"Dan kamu tau apa yang paling parah?"

Aku geleng.

"Dia mau ngejual aku ke anak konglomerat itu buat nebus hutangnya, dengan iming iming kekayaan ke mama"

"Karena aku kabur, dia dicambukin sama orang yang minjemin dia uang itu. Makanya dia gak nyari aku ke sekolah atau kemana pun."

"Lalu mama kamu?" tanyaku.

"Mama.... Mama dipasung Jiyeon di kamarnya." Jaemin mulai menitikkan air mata.

"Waktu dia dapet duit 1 M dari Bang Jaehyun, Jiyeon ga pernah pulang ke rumah lagi. Dia tidur di kosan pacarnya. Mama dibiarin sendiri di rumah dengan keadaan di pasung. Berapa hari mama ga makan, akhirnya Jiyeon pulang. Dia ngeliat mama yang udah sekarat. Dia bilang mama nyusahin, terus maksa mama minum obat tidur sampe overdosis."

Aku ngusap punggung Jaemin.

"Seandainya aku tau, aku bakal pulang lagi ke rumah buat nyelamatin mama. Tapi aku..... telat."

"Jaemin-ah..."

Jaemin nangis di pundak aku.

"Seandainya aku tau...." gumamnya.

Aku ngeraih tangan Jaemin terus aku elusin. Aku ga mau ngucapin kata kata sabar ke Jaemin karena aku tau rasanya pasti ga akan mudah.

Mobil berhenti, kami udah sampai di rumah Kak Doyoung. Dia udah nunggu kami di gerbang rumahnya. Baru kali ini aku ngeliat wajah Kak Doyoung, orang yang sangat berjasa buat Jaemin.

Aku salaman sama Kak Doyoung. Kak Doyoung nya senyum, tapi dipaksain. Jelas banget.

"Masuk dulu" ajak Kak Doyoung.

"Abang bikin minum dulu ya. Kamu kalau mau istirahat dulu boleh. Masih inget kan kamar kamu?"

"Makasih bang, tapi Jaemin disini aja."

Kak Doyoung ngangguk terus ngambil minum ke dapur.

"Aku pusing" gumam Jaemin yang nyenderin kepalanya di sofa.

"Istirahat dulu aja Jaem" usulku.

Jaemin geleng, terus dia ngeletakin kepalanya ke pundak aku. Aku elusin rambutnya.

"Semuanya bakal baik baik aja kok. Aku yakin, Jaemin bisa hadepin ini." ucapku. Jaemin cuma diem terus nutup matanya.

"Diminum Hana, Jaem" Kak Doyoung meletakkan jus jeruk di atas meja ruang tamunya.

"Iya kak, makasih" Kak Doyoung ngangguk.

"Jaem, kakak kamu udah ditangkap polisi tadi malem."

Jaemin membuka matanya pelan.

"Biarin aja bang. Dia emang pantes di penjara" ujar Jaemin dingin.

Kak Doyoung ngangguk. Terus ngomong lagi.

"Mama kamu udah dimakamin malam itu juga di TPU dekat rumah kamu."

"Kamu mau kesana sekarang atau gimana?" tanya Kak Doyoung.

"Sekarang aja bang. Jaemin mau ngomong sama mama" jawab Jaemin yang ngerapiin rambut acak acakannya.

"Yaudah, ayo." Kak Doyoung ngambil kunci mobilnya.

.
.
.

Sebuah makam yang baru digali. Tanahnya masih merah, dan disana tertulis nama Lee Minji beserta karangan bunga sederhana dan foto nyonya Lee.

Air mata Jaemin kembali turun.

"Ma... ini Jaemin..." lirihnya.

"Mama, maafin Jaemin ya ma, Jaemin ga bisa nyelamatin mama dari kakak. Jaemin gak tau rencana bejat kakak. Dan Jaemin yang egois hingga ninggalin mama sama seorang pembunuh.."

"Jaemin gagal ngelindungin mama.." isakan Jaemin semakin keras.

"Maaf Jaemin udah salah paham sama mama. Jaemin ga tau kalau Jiyeon yang ngerencanain semua ini. Jaemin dulu berpikir kalau mama tega buat jodohin Jaemin karena harta. Ternyata Jaemin salah besar.."

Kak Doyoung ngehampirin Jaemin.

"Udah Jaem... Jangan terlalu larut dalam kesedihan. Nanti mama kamu juga sedih di sana." ucap Kak Doyoung.

Jaemin hapus air matanya, terus ngelus nisan mamanya.

"Jaemin ga akan sedih lagi ma, karena Jaemin ga mau ngeliat mama sedih disana. Jaemin harap, mama bahagia disana ya.. Jaemin janji, Jaemin disini akan selalu sayang sama mama, dan Jaemin janji bakal hidup bahagia disini, meskipun mama udah ninggalin Jaemin.."

Kak Doyoung senyum, terus ngusap kepala Jaemin yang sudah ia anggap adiknya sendiri itu.

Angin berhembus lembut, menyapu wajah sembab Jaemin. Seakan memeluk Jaemin yang berusaha bangkit dari keterpurukannya.

.
.
.

Beberapa hari kemudian

Kak Doyoung ngajak kami pergi ke ke suatu tempat. Untuk balikin mood Jaemin juga sih sebenarnya nya.

"Bang, laperrrr" Jaemin ngomel ngomel di mobilnya Kak Doyoung.

"Iya bentar lagi. Ni mau nyampe kfc"

Jaemin ngangguk terus nyederin badannya ke kursi mobil.

"Hana-ssi, ini pertama kalinya kita ngobrol ya" ucap Kak Doyoung yang melirikku lewat spion mobil.

"Eh iya kak." aku senyum.

"Jaemin sering nyeritain kamu lho Na."

"Eh? Iya kah?" tanyaku tak percaya lalu melirik Jaemin.

"Iya, katanya kamu itu lucu, pinter tapi kadang kadang goblok, polos banget, gemesin. Apalagi Jaem?" tanya Kak Doyoung.

Jaemin ketawa aja, muka dia udah merah.

"Oh iya! Katanya kamu itu sweet banget ke dia. Suka cemburu, gak pekaan, blushing everytime everywhere." lanjut Kak Doyoung sambil ngakak.

Aku yang denger ucapan Kak Doyoung cuma senyum salting.

"Udah bang.. Malu nih dianya.." Jaemin nunjuk aku.

"Eh?? Hahahahaha" Kak Doyoung ketawa.

"Jaem, duit yang ditinggalin kakak kamu mau kamu apain?" tanya Kak Doyoung.

"Eh iya ya, rencananya Jaemin mau bayar utang ke bang Jaehyun.." jawab Jaemin.

"Bagus bagus, ntar kalau gak cukup, biar abang tambahin"

"Ga usah bang.. Jaemin udah banyak ngerepotin abang. Suatu hari Jaemin janji bakal bayar apa yang udah abang kasih ke Jaemin"

Kak Doyoung geleng.

"Gak usah Jaem, kamu kan tau, abang udah nganggap kamu itu adek abang. Janganlah ga enakan gitu. Abang nolongin kamu ikhlas sepenuh hati Jaem. Abang ga minta balesan apapun dari kamu, abang cuma mau kamu bahagia." Kak Doyoung senyum.

Senyum Kak Doyoung itu hangat banget. Bikin Jaemin juga ikut senyum.

Tbc

Coffee [Na Jaemin]✓Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang