👑6

2.6K 217 2
                                    

Jam kantor berakhir pukul 4 sore sebenarnya, tapi gue mesti nyelesain garapan yang tadi diminta ama ketua tim. Jadi, yea Gue agak telat pulang hari ini.

"Duluan, ya." itu Nina, temen kantor yang masih enak buat diajak ngobrol dan paling informatif di sini. Dia juga lembur, tapi dah selesai duluan dan pamit mau pulang.

"Iya, tiati di jalan!" bales Gue sambil lambaiin tangan. Dia bales melambaikan tangan dan pergi. Tersisa Gue sendiri di sini. Enggak sendiri juga sih, masih ada ketua tim yang lagi ke pantry buat bikin kopi.

Gue lanjut ngerjain garapan. Tapi baru mau fokus, HP gua bergetar. Sebuah panggilan masuk dari nomer yang gak gue kenal. Tanpa tunggu lama, nomer tersebut langsung gue masukin ke daftar hitam. Paling benci ada nomer gak dikenal langsung telpon dan gak SMS dulu itu siapa. Gue kan trauma hampir kena tipu lewat telpon. Ngaku kepolisian, bilang bokap gue kecelakaan, minta duit, dan sebagainya. Hampir aja gue ketipu karna panik, untung ada seseorang yang nenangin gue dan ngebuat gue gak percaya ama tu telpon. Huh.

Gue taruh HP ke meja, sebelumnya tadi gue aktifin mode pesawat biar gak ada yang ganggu pekerjaan gue.

"Udah selesai?" ketua tim kembali dengan secangkir kopi dan nanyain pekerjaan gue.

"Sedikit lagi, Mbak." jawab gue sopan.

Dia ngangguk sekali trus kembali ke kubikelnya. Wanita yang enam tahun lebih tua di atas gue ini, emang wanita yang workaholik banget. Meski hamil tua, beliau tetep aja kerja. Bahkan sering lembur. Keren abizz....

Gue balik kerja lagi. Namun baru mau ngetik, suara azan magrib sudah mengumdang. "Ya Allah, udah magrib aja ternyata." ujar gue ngehentiin kegiatan sebentar buat menyimak seruan panggilan Sang Pencipta sembari berdoa.

"Laailahaillah...." setelah suara azan berakhir, gue segera ke lantai atas buat menunaikan ibadah solat magrib. Di gedung ini, fasilitas ibadahnya sangat bagus dan nyaman banget buat ibadah. Letaknya tepat satu lantai di atas ruangan gue. Jadi, gue gak perlu keluar buat cari tempat solat.

💍💍💍

"Sial!" umpat gue kesel karna panggilan gue ditolak dan bahkan nomernya gak bisa dihubungin. Menguji kesabaran banget nih cewek.

"Pak Bos, saya mau pamit pulang. Nggak ada yang dibutuhkan lagi, sebelum saya pulang?" Jono pamitan kek biasanya.

"Enggak, kamu bisa pulang." ujar gue seraya ngelonggarin dasi di kerah yang nyekik leher gue seharian ini.

"Injeh, Pak Bos. Saya permisi, monggo." Jono pun undur diri dari ruangan.

Gue kasih anggukan sekali, trus gue berdiri buat ngelakuin peregangan badan biar lemes nih tulang belulang gue yang kaku. Pada saat badan gue ngeluarin suara gemelutuk, saat itu juga ada suara azan berkumandang sangat jelas terdengar di telinga. Entah kenapa, suara azan itu merdu banget dan membuat hati gue merasa nyaman. Gak biasa banget gue denger suara azan. Bukan gangguan pendengaran, tapi mungkin saking sibuknya kerja, gue sampek gak pernah denger suara azan. Gue juga lupa, kapan terakhir kali gue nunaiin solat. Berdosa banget gue selama ini.

"Laailahaillah...." hati gue terasa teduh banget kali ini. Udah lama gue gak ngerasain perasaan kek gini semenjak gue lulus dari Madrasah Aliyah yang dulu jadi tempat gue menimba ilmu.

Tanpa gue sadari, kaki ini udah bergerak aja menuju pintu. Entah kenapa, gue merasa rindu buat menghadap ke Sang Khalik yang selama ini masih baik ke orang macem gue. Maafkan hamba-Mu yang penuh dosa ini, Ya Allah.

Begitu gue keluar, terlihat sosok cewek sedang berjalan menuju ruang solat yang berada gak jauh dari ruangan gue. Gue kenal cewek itu, siapa lagi kalo bukan adik kelas gue tercinta. Dari yang gue inget sih, dia emang cewek yang taat beragama. Mungkin itu kali ya, alesan dia gak jawab panggilan gue. Oke lah, kalo itu alesannya, gue maklumin.

Sea ngelepas alas kaki dan masuk ke tempat wudhu cewek. Sementara gue, masih mematung di depan tempat wudhu cowok. 'Apa saya masih pantas menghadap-Mu, Ya Rabbi?' gue ragu buat masuk.

"Permisi, Pak Bos." seseorang nepuk pundak gue dari belakang, seketika gue langsung noleh.

"Eh, iya, Pak Sarji?" gue agak linglung pasca bengong.

"Saya mau ambil air wudhu, Pak Bos." dengan malu-malu Pak Sarji minta gue minggir secara halus. Gue emang berdiri ngehalangin jalan.

"Oh, silahkan!" gue pun segera minggir buat ngasih jalan ke Pak Sarji.

"Permisi, Pak Bos." sambil sedikit merendahkan punggungnya, Pak Sarji masuk ke tempat wudhu.

Gue bengong lagi di depan pintu, ragu buat wudhu apa enggak. Setelah banyak pertimbangan, kaki gue melangkah masuk dan wudhu.

💍💍💍

Gue agak kaget begitu denger ada suara si tengik di antara jamaah pria. Saat gue lihat, para jamaah yang mayoritas tukang bersih-bersih, penjaga kantor, dan staf yang lembur, mereka pada minta si tengik buat jadi imam.

"Pak Sarji saja, saya lebih rendah wawasan agamanya. Dan Pak Sarji yang paling tua di sini." tolak si tengik secara halus.

"Baiklah, agar tidak membuang waktu, kalo begitu saya saja imamnya." akhirnya ada penengah yang mau jadi imam. Itu Pak Karyo, sopirnya si tengik.

Solat magrib berjamaah pun segera dimulai.

...
Selepas ngelakuin ritual sunnah setelah solat, gue balik lagi ke markas buat nyelesain garapan yang tertunda. Si tengik udah ngilang aja setelah salam kiri kanan. Entahlah, gue sempet lihat dia buru-buru pergi entah ada apa.

Kira-kira satu jam kemudian, garapan Gue akhirnya selesai. Gue kirim hasil garapan tersebut ke ketua tim dan pamit.

"Saya duluan, ya, Mbak?" ucap gue pamitan.

Ketua tim gue ngasih anggukan, "hati-hati di jalan!" ujar beliau sambil tetep fokus natap layar komputer.

"Iya, Mbak. Selamat malam!" gue pun pergi ninggalin ketua tim sendirian di ruangan ini.

Akhirnya pulang juga.... Sehari di sini serasa setahun di kantor lama gue. Bener-bener hari yang menguras tenaga, pikiran, dan perasaan. Ketemu rekan kerja baru, tempat kerja baru, dan bos baru terasa lama. Bos tengik yang pingin gue musnahin dari dunia ini.

"Emak... Babeh... Sea pingin ketemu Bang Jongsuk di Korea...." ujar gue sambil menghirup udara segar di halaman gedung kantor. Penat banget hari ini. Gue mau pulang, kangen kasur, laptop, Bang Jongsuk, dan Emak Babeh tentunya. Hehehe...

Gue pun segera jalan ke area parkir buat ngambil motor tercinta dan bergegas pulang. 'Bang Jongsuk, I'm coming home....'
















Selanjutnya ____

NIKAHPANKAPAN [TAMAT] Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang