👑21

1.7K 154 3
                                    

Sepuluh tahun yang lalu di MA Bakti Ibu....

Hari ini hari pertama gue menjalankan amanat sebagai Pradana Putra menggantikan yang sebelumnya. Sebelum mulai apel, gue mimpin anggota gue buat briefing bentar demi kelancaran kegiatan kepramukaan hari ini. Setelah selesai, gue mengerahkan anggota buat mengumpulkan murid kelas 10 untuk kumpul ke lapangan depan dan memulai apel pembukaan.

"Dek ... cepat, Dek....!" teriak rekan-rekan gue mengomando para murid kelas 10 buat segera berbaris.

Namanya juga manusia, ada aja kelakuannya. Udah diteriakin keras-keras juga, masih aja duduk santai di depan kelas. Belum lagi jalannya lelet ... banget sambil makek baret, macem-macem lah. Pingin gue pisuhin, tapi entar merusak reputasi gue yang baru menang pemilihan kemarin. Gak dipisuhin, jengkel banget ngeliatnya. Tahan ... sabar... ini ujian. Batin gue sambil ngelus kepala, eits, dada kamsutnya.

Butuh beberapa menit buat ngumpulin para adek-adek tercintah dan ngatur mereka di barisan. Apel pembukaan pun akhirnya dimulai.

Saat ini kakak pembina lagi nyampein pidatonya di podium. Gue lihat-lihat dari jauh ke arah deket gerbang barat, ada cewek datang terlambat dengan wajah ditekuk. Gue tahu siapa dia, dari ciri fisiknya gue dah hafal siapa dia. Aduhai ... dari zaman MTs sampek Ma, masih ae telatan. Gak kapok kali ye, pernah gue hukum waktu itu. Heran gue.

Abis upacara, hukuman buat pelanggar pesti dilaksanain. Bedanya ama zaman gue MTs dulu, di MA ini hukumannya gak sengeri waktu dulu. Gak main fisik banget lah hukumannya. Paling hormat bendera sambil nyanyi Indonesia Raya. Abis gitu ngebersihin sampah-sampah di beberapa area sekolah. Cuman, entar ngaruh ke absensi. Di akhir semester genap, absensi akan direkap dan yang kurang dari 75% kehadiran bakal kena sanksi tersendiri. Kalo angkatan gue, sanksinya bakti sosial ke panti asuhan. Dan gue pernah melakoninya. Hehehe.

Mata kami saling bertemu ketika gue ngasih wejangan dikit sebelum membubarkan mereka. Tatapannya masih sama, sinis banget ke gue. Entah dendam apa yang dia punya ampek segitunya ke gue.

"Tanpa penghormatan, bubar, jalan!" komando gue dan mereka segera bubar.

Baru balik belakang, tiba-tiba aja dia ambruk tak sadarkan diri dan buat gempar kita semua.

"Bawa tandu kemari!" titah gue.

Rekan-rekan gue segera bergerak dan gue bantu mereka buat nandu si dia alias Sea ke emperan masjid, UKS udah tutup soalnya. Kotak P3K dikeluarin, rekan cewek gue ngolesin minyak kayu putih ke hidungnya dan area telapaknya. Dari yang gue tangkep, pucet banget wajahnya.

"Olesin yang banyak minyaknya, dingin banget tangannya." ujar salah satu rekan cewek gue.

Mereka berusaha buat nyadarin Sea dengan berbagai pertolongan pertama yang udah pernah kami pelajari dari tenaga medis. Namun, udah beberapa menit Sea gak kunjung sadarkan diri.

"Gimana ini, Ak?" tanya rekan gue minta saran.

"Gue akan lapor ke pembina dan minta buat dirujuk ke klinik. Kalian beri pertolongan pertama sebisa mungkin." ujar gue langsung bergegas pergi setelah itu.

Gue setengah berlari nyamperin pembina yang ada di kantor guru. Sampai di sana gue langsung laporan sesuai apa adanya. Para pembina pun bertindak cepat menerima laporan gue.

"Ayo, Kita gotong ke mobil!" ajak gue ke temen-temen cowok ketika mobil milik salah satu pembina mendekat ke masjid. Beberapa cewek pun segera mengambil tempat bersama pembina perempuan di dalem mobil. Setelah berhasil memindahkan Sea ke dalam mobil, kami pun berangkat membawa dia ke rumah sakit atau klinik terdekat.

_💍_

Gue terkejut kala buka mata ternyata gue udah berbaring di rumah sakit.

"Masih pusing, Nak?" tanya Bu Anis, salah satu pembina pramuka gue.

"Udah enggak, Bu." jawab gue sopan.

"Kamu diperbolehkan rawat jalan setelah cairan influsnya habis." ujar Pak Jarwoko, pembina gue juga yang tadi kasih pidato sambutan waktu apel.

Gue cuman ngangguk. Di antara mereka yang ke mari, mata gue mendapati ada manusia paling tengik di antara mereka. Cih, tadi aja mulutnya manis banget sok nasehatin kita-kita yang terlambat. Sekarang sok perhatian ngikut ke sini, iuh!

Sebenarnya hari ini gue pingin bolos pramuka aja gegara babeh telat bangunin gue. Tapi, babeh tetep maksa gue buat berangkat dan nganter gue ampek depan gerbang. Katanya, "Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali." dan gue jengkel banget dengan pepatah itu. Betapa malunya gue saat nyampek gerbang, apel udah dimulai dan pembina udah mau nutup pidatonya. Parah banget tau nggak! Dan teganya babeh pergi gitu aja setelah nganterin gue. Suir ... pingin daku berjalan kaki pulang ke rumah kalo belum dipergoki ama Kakak Dewan Ambalan. Sial amet gue hari ini.

...
Gue akhirnya dianter pulang ama Pradana Putra dan salah satu pembina gue. Nyampek rumah, gue langsung masuk ke kamar dan gak nyautin omongan babeh dan emak. Gue masih jengkel perkara tadi.

"Se...." emak ngetukin pintu kamar yang gue kunci begitu orang yang nganter gue tadi pamit pulang.

Dengan berat hati dan rasa puyeng yang masih ada di kepala, gue pun bukain pintu buat emak.

"Anak Emak kenape bisa sampek pingsan begitu, kenapa Lu?" emak meluk sambil ngusep-ngusep kepala gue. Dia ngecek kening gue.

"Gegara Babeh tuh." jawab gue sambil bales meluk emak.

Babeh nunjuk dirinya, "Kok Babeh?"

"Udah dibilangin Sea gak mau berangkat pramuka, Babeh tetep aje maksa Sea buat berangkat. Kek gini kan jadinya." terang gue kesal. Sebenarnya bukan itu penyebab gue pingsan, tapi gue sertain aje buat nunjukin kekesalan gue ke babeh.

"Abang telat bangunin Sea?" mata tajem emak langsung tertuju ke babeh.

Babeh ngangguk, "Ampun deh, Bang. Udah dibaling juga, kurang keras ape Aye ngingetin dari tadi, hem?" sembur emak ngebelain gue. Asyikk ... gue berhore ria dibelain kek gini.

"Namanya juga manusia, pasti pernah khilaf." dalih babeh ngeles.

"Alesan!" gue ama emak kompakan ngucapin itu. Babeh yang merasa terzolimi pun pergi.

"Eh, Se!" emak ngelonggarin pelukan kita.

"Kenape, Mak?"

"Ngomong-ngomong, kakak kelas Lu tadi cakep, yak? Emak ngerasa ngeliat mantu idaman." ujarnya dan gue langsung ngelepasin pelukan kita.

"Gak usah ngarep, Mak! Tuh orang udah punya pacar dan pacarnya cantik banget. Emak gak usah berharap yang enggak-enggak." tukas gue.

Emak jitak kepala gue, "Pacaran belum tentu jodoh, Bocah!" geramnya.

"Mau mereka jodoh apa kagak, bukan urusan Sea, Emak."

"Kalo gitu, Emak doain kalian berjodoh! Amin." ucap emak bikin gue ketawa.

"Mimpi boleh, Mak. Tapi jangan lupa bangun, oke?" gue pergi ke kamar mandi sambil kepingkal-pingkal denger omongan emak.

"Jodoh tau rasa, Lu!"







Berlanjut____



NIKAHPANKAPAN [TAMAT] Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang