Firasat buruk gue emang bener terjadi, ternyata si tengik jadiin rumahnya sebagai tempat buat ngerjain permintaan maksanya itu. Seketika gue pingin menghunuskan pedang ke leher si tengik. Pingin gue penggal tuh kepala. Astagfirullah, hamba tidak ingin jadi pembunuh, Ya Allah. Tapi suasananya mendukung banget. Ampun.
"Cobain ini, Kak. Aku sendiri loh yang buat." gadis yang nyambut gue tadi nyuguhin beberapa toples roti kering ke gue.
"Iya, Dek." gue memakan sepotong roti itu sambil senyum sungkan. Suir, gue ingin cepet-cepet angkat kaki dari sini. Gimana enggak, wong gue didudukin di sofa dan dikelilingi mereka. Kanan gue gadis itu, kiri gue papanya, sebelah papanya si Bagas.
"Oh, iya. Panggil Aku Nitra, Kak." sebutnya.
"Eum, Nitra." gue sebutin namanya dengan kaku-kaku. Canggung, pemirsah.
"Ngobrolnya entar lagi, Kami mau ngurus kerjaan dulu!" dateng si tengik membubarkan kerumunan keluarganya.
Gue pun dengan sopan beranjak dari sofa dan ngikutin si tengik jalan ke belakang rumah. Gue sampai di halaman belakang rumahnya si tengik. Asri banget, kagum gue. Halaman belakangnya cukup luas dan dipenuhi berbagai jenis tanaman. Berada di sini serasa ada di perkebunan.
"Ayo, Kita kerjain!" si tengik mulai membongkar isi kotak kardus yang digotongnya tadi. Rupanya, kotak itu isinya peralatan yang dibutuhkan.
"Lu nyolong?" tuduh gue.
"Hus, kalo ngomong! Gue udah ngomong ke Pak Darto, gak usah sembarangan!" sangkalnya keras.
"Kirain." tutur gue melirih. Gue pun mengeluarkan apa yang gue bawa dari tas. "Nih, desainnya." gue nunjukin desain lampu dinding yang gue gambar beberapa hari lalu.
"Bagus juga, keren!" si tengik ngacungin 2 jempol ke gue sambil senyum. Masyaallah senyumannya.... Hus, sadar Sea!
Gue pura-pura biasa aja dengan sanjungannya dan fokus ngaplikasiin desain ke bahan.
"Tugas Gue ngapain?" tanyanya.
"Tugas Lu, jangan ganggu Gue." sebut gue.
"Gak bisa, Gue mau ambil andil! Ini persembahan Gue buat mantan." protesnya.
Gue tarik napas, lalu menghempaskannya kasar. Mantan? Bilang aja gagal move on. Dasar tengik!
_💍_
Gue terkantuk-kantuk nemenin Sea bikin lampu dinding. Dia kagak ngebagiin tugas apa pun buat gue, perintahnya, gue disuruh diem dan menyampaikan pendapat kalo ditanya. Huft....
"Gue ke dalam dulu, Se." pamit gue ninggalin dia. Sea cuman ngiyain pakek dehaman.
Gue berjalan ke dapur cari sesuatu yang bisa dimakan. Ketemu, ada sisa lauk tadi pagi yang belum dimakan. Gue pun memumut dan mengunyahnya. Lumayan, buat ngisi perut keroncongan. Sebenarnya Nitra buat kue kering berbagai jenis, tapi gue dilarang buat nyentuh apalagi makan. Katanya, itu spesial buat Sea. Gue apa Sea sih kakaknya? Hadehhh....
"Kok Kamu di sini?" papa muncul nyamperin gue.
"Iya, Aksa laper." gue tetep asyik ngabisin makanan.
"Sea?"
Gue tunjukin pake dagu ke arah pintu belakang. "Aksa gak boleh ganggu." ungkap gue.
Papa ngangguk dan buka kulkas ngambil air minum dingin. "Ingetin Dia, bentar lagi makan siang. Papa dan Nitra akan nyiapin." ujarnya dan gue ngangguk-ngangguk aja.
Papa pun pergi ke belakang rumah buat ngambil sayuran yang akan dimasak. Gak lama, Nitra muncul di dapur dan mulai nyiapin bahan-bahan masakan lainnya. Mereka berdua memang juru masak di rumah ini kalo gak ada ART. Akhir pekan sengaja para ART di rumah diliburin. Harapan papa agar mereka bisa istirahat dan agar kami mandiri mengurus rumah. Serah papa lah.
"Abang kok malah santai di sini?" komen Nitra.
"Gak boleh ganggu." saut gue sambil ngambil minum.
"Kalo cewek bilang gitu, artinya sebaliknya. Dasar gak peka!" cercanya.
Gue neguk minum dulu, lalu jawab omongannya. "Kalo gak paham Sea, gak usah brisik!" pungkas gue gak terima. Enak aja dibilang gak peka!
"Nitra juga cewek, Bang." sanggahnya.
"Yang ngatai cowok siapa?" gue bales balik.
"Serah!" Nitra manyun, dia merajuk. Dasar cewek! Gitu aja ngambek.
Papa yang baru balik dari belakang dan denger perdebatan kami cuman ketawa ringan.
....
Makan siang terhidangkan di meja makan, gue pun segera nyamperin Sea."Se, makan siang dulu." ujar gue ngasih tahu. Dia lagi fokus ngewarna karyanya.
"Dikit lagi, nanggung." sautnya dan tetep pada fokusnya.
"Papa udah nunggu." sampai gue dan seketika dia berhenti.
"Oke." akhirnya dia mau bangkit dan ngikut gue ke ruang makan.
"Sini, Nak. Kita makan siang bersama." papa ngehimbau Sea buat duduk tepat di sampingnya. Sea pun nurut aja.
"Bagas, turun!" teriak Nitra manggilin saudara kembarnya yang dari tadi sibuk belajar. Emang maniak belajar adek gue yang satu itu.
"Iya!" sautnya sambil keluar kamar.
Ketika Bagas udah ngambil tempat, papa memimpin kami untuk berdoa dulu sebelum makan.
"Ini, dicicipi hasil masakan Papa dan Nitra." Papa nyuguhin masakannya dengan bangga ke piring Sea. Papa? Wah ... papa emang ngebet banget pingin punya mantu. Dari semua cewek yang pernah gue ajak ke mari, cuman Wanda dan Sea yang manggil papa dengan panggilan 'papa'. Luar biasa!
"Nih, Kak. Spesial gorengan calon adek ipar." Nitra ikutan nimbrukin makanan ke piring Sea.
"Gak usah sungkan, Kak. Bentar lagi kan jadi bagian dari keluarga ini." Bagas ikut ambil bagian.
Gue lihat Sea ngangguk dan cuman senyum. Dia pasti ngumpatin gue dalam batinnya.
_💍_
Terkuliti abis wajah gue, malu gak ketulungan. Gue ke sini tanpa pemberitahuan si tengik dan sekarang gue diperlakukan ala menantu. Ya Allah, dosa apa hamba sampai harus terjebak di sini? Emakk ... Sea mau pulang.
Makanan yang dihidangkan emang menggoda iman, tapi kalo posisinya kek gini, gimana gue mau makan dengan jenak. Tiap gue nyendok makanan dan masukin ke mulut, papanya si tengik ngeliatin sambil senyum lebar. Nitra dan Bagas pun demikian.
"Jan diperhatiin kek gitu terus! Sea entar gak nyaman." si tengik ngingatkan anggota keluarganya.
"Abisnya Kita bahagia banget setelah sekian lama Bang Aksa gak bawa cewek ke rumah." tutur Nitra.
Bawa cewek ke rumah? Gue natap si tengik di seberang gue dengan tatapan tak percaya. Gue kira baru gue yang dibawa ke rumah dan sampai diperlakukan kek bengini. Rupanya.... Cowok di mana aja sama aja.
Eits, wait, wait! Kesannya kek gue cemburu gini, ya? Gue geleng-gelengin kepala. Itu gak perlu, Sea. Gue ngingetin diri sendiri.
"Kamu kenapa, Nak? Makanannya gak enak?" tanya papanya si tengik.
"Enak kok, Om." bales gue sambil nunjukin tampang nikmatin makanannya. Emang enak kok rasanya, gue jujur.
"Jangan panggil Om, panggil Saya Papa." ujarnya meminta.
"Iya, Pa-pa." kelu banget lidah gue buat ngucap. Papanya si tengik pun langsung menarik bibirnya, menciptakan sebuah senyuman yang amat lebar.
Emakkk ... kok gini sih jadinya? Sea gak mau punya hubungan ama keluarga ini. Apalagi ama si tengik. Sea ogah, Makk....
Seterusnya___
KAMU SEDANG MEMBACA
NIKAHPANKAPAN [TAMAT]
Romance[[KEN AKSARA MERA & SEAZALIKA JANARDANA]] "Kapan kawin?" Bisa nggak, kata itu dihilangin aja dari dunia ini?😤 "Kapan nikah?" Besok, kalo gak ujan. 😒 Selengkapnya, silahkan mampir. Dipublikasikan pertama kali tanggal 22 Mei 2020 dan tamat pada ta...