"Rif!" gue lambai tangan ke cowok tinggi tegap yang baru masuk ke sini.
"Hi, How's it going, Bro?" kita salaman ala cowok maco. Jabat tangan, trus rengkuhan sambil saling nepuk pundak.
"Not so bad. Lu ndiri gimana? Pasrah Lu dijodohin?" sobat gue, si Rifki duduk di kursi seberang kala gue ngomong.
"Mau gimana lagi, Nyokap dah risau. Takut Gue jadi pejaka tua." ujarnya sambil mengulas senyum. Ni bocah dari dulu emang selow.
Gue terkekeh, lalu nyodorin menu ke dia. "Nyokap dimana aja sama aja, yea, gak?"
Dia ngangguk sambil ketawa, "Gue ini aja." dia nunjuk salah satu jenis minuman yang tertera di menu. Gue pun segera memanggil pelayan dan mesenin, hari ini jatah gue yang bayarin dia.
"Lu sendiri, masih manfaatin si Jono buat tameng?" gue kasih anggukan santai ke Rifki. Dia mendecih, "Bokap Lu sampai ngintrogasi Gue gegara itu, Nyuk!"
"Yea gimana lagi, Bro. Gue penging saban hari ditanyain gituan mulu. Tapi dengan tameng si Jono, kan Gue jadi aman. Mereka gak bisa berkutik kalo Gue ancem bakal nikahin Jono. Selesai masalah." tutur gue gamblang tanpa rasa bersalah dan berlumur dosa.
"Sayangnya Gue takut ngebuat jantung Bokap kumat lagi." pas Rifki selesai ngomong, pesenan minumannya dateng. "Makasih, Mbak." ujarnya sambil ngedipin genit sebelah matanya ke pelayan yang bisa dibilang badannya aduhai. Dasar, hidung belang!
Mbak pelayan itu tersipu malu lalu pamit pergi dengan sikap malu-malu manja. Hadehhh, gak selera gue.
"Kenapa wajah Lu gitu?" Rifki natap gue bingung.
"Gue mual lihat cewek kek gitu." tutur gue disertai gidikan di bahu.
"Lu dah gak selera lagi, Bro? Apa jan-jangan Lu emang serius pedang lawan pedang?" tatapan Rifki bener-bener pingin minta ditampol.
"Terserah Lu mau memaknainya gimana, Bro. It's up to!" gue udah males mau ngebantah atau sekedar nanggapi, terserah wae lah. Sebahagianya dia aja.
Rifki ketawa ngakak, bahagia atas penderitaan gue.
....
Gue kembali ke kantor setelah ngobrol dan ngopi bareng Rifki, sobat ketika gue kuliah dulu. Meski hari ini hari libur, gue lebih seneng ngabisin waktu di kantor. Sobat-sobat gue dah pada sibuk ama keluarganya masing-masing diakhir pekan begini. Nasib jomblo.Gue nyalain komputer, buka-buka email yang masuk. Satu persatu gue baca dan ada sebagian yang gue bales. Setelah email masuk kebaca semua, gue beralih ke berbagai berkas yang diserahin ama para bawahan gue. Gue pun menenggelamkan diri dengan membaca dan mengoreksi berkas bejibun tersebut. Terakhir, gue bubuhi tanda tangan buat yang lolos ACC.
Di tengah kegiatan, gue teringat omongan Kris. Wanda mau nikah, tapi kok gak ada ngabarin gue, ya? Apa karna udah setahun belakangan kami gak ada komunikasi sama sekali? Eh, tunggu-tunggu! Ngapain gue mempermasalahkan hal sepele kek gini? Terserah dia lah mau ngabarin apa enggak, ape urusan gue? Siapa gue?
Batin gue terus ngebacot dan bersekongkol ama pikiran gue. Mereka terus meributkan masalah Wanda mau nikah. "Woi, diem!" gue teriak ke dalam diri gue sendiri. Kenapa gue jadi edan begini? Wes lah, lupain! Kerjaan menggunung ini.
Gue ngembaliin konsentrasi ke pekerjaan, gue harus profesional.
_💍_
Lutut gue gemetaran, udah mulai lemes aja ngeliat raut masam dan garang mamanya Drau. Gue kenal baik beliau, tapi gue belum pernah liat ada ekpresi kek gitu diwajah beliau. Gue tau mamanya Drau orang baik dan keibuan banget. Tapi kali ini beda.
"Mama bilang di rumah, ya, di rumah!" beliau menekankan lagi ucapannya. Dihari sabtu ini, gue ama Drau udah janjian jalan-jalan sambil nyari inspirasi baru buat karya desain kami.
"Ma, Aku butuh keluar. Aku butuh inspirasi buat karya-karyaku, Ma. Lagi pula ini hari libur, apa masalahnya, sih?" Drau mencoba melobi. Drau emang anak yang berbakti dan selalu meminta izin ke mamanya dalam hal apa pun.
"Di rumah!" mama lebih nekanin ucapannya dari yang tadi. Gue mencengkram kuat lutut di balik celana hitam gue.
"Tan, Kam-"
"Diam, gak usah ikut campur!" seketika jantung gue mau rontok dibentak kek begitu ama mamanya Drau. Gue kicep gak bisa ngomong apa-apa lagi.
"Ma, jan kek gitu donk ke Sea!" Drau memprotes sikap mamanya.
Duh, gue makin gak nyaman nih di sini. Gue khawatir ada kekacauan pecah di antara mereka.
"Kenapa? Kalo gak mau Mama kek gitu, suruh dia buat pergi sendiri dan Kamu tetap di rumah!" mama makin menunjukkan kegarangannya.
"Udahlah, Drau. Turutin aja perintah Mama, jan ngebantah!" gue bisikin Drau agar dia ngalah aja.
"Gak, Aku akan tetap pergi. Mama gak berhak ngelarang Aku!" Drau malah berucap keras dan ngelawan ucapan mamanya. Gaswat, kenapa makin kacau gini? Batin gue.
"Kamu ini!"
Mata gue tiba-tiba terbelalak nyaksiin sendiri gimana pipi mulus Drau disapu ama tangan halus mama dengan sapuan keras, alias ditampar. Astagfirullah. Gue bener-bener terkejut bukan kepalang. Jantung gue serasa ditonjok keras ama sesuatu yang gak kasat mata.
Drau megangin pipinya yang memerah sambil natap mamanya gak percaya. "Ma...." lirihnya.
Gue lihat tangan mama gemetaran abis nampar pipi anak tunggalnya, mata beliau juga berkaca-kaca. Pasti beliau tak berniat melakukan hal itu, terka gue.
Suasana jadi menegang dan gerah, hawanya ngebuat darah mendidih. Gue harus pergi dari sekarang juga. Mau bagaimana pun, gue gak boleh ikut campur dalam kekeruhan mereka.
"Tan, Saya-"
"Pergi Kamu dari sini! Jangan lagi ada di sekitar anak Saya dan memberi pengaruh tidak baik. Kalo Kamu mau hidup sebagai perawan tua, jangan ajak anak Saya. Dasar tidak tau diri!"
Gue tercengang, sebilah katana seakan menebas hati gue. Gue melibat bibir, menahan sesak yang menjubal di dada gue. Dengan kristal air mata yang menggenang, gue pamit pergi tanpa berucap sepatah kata.
"Sea!"
....
Sepanjang jalan air mata gue terus turun dengan derasnya. Ngebuat pandangan gue jadi kabur dan akhirnya gue memilih buat menepi daripada cari mati. Gue ngusep mata, tapi basah lagi. Gue elap lagi, ngerembes lagi. Akhirnya gue biarin bercucuran dan berlinang membajiri wajah gue. Ya Allah, mengapa hati ini sakit sekali rasanya. Emak ... Sea pingin meluk emak.Nangis gue makin menjadi-jadi, dada gue sesek sampek sulit buat bernapas. Tiap tarikan berat napas gue, rasa perih itu langsung meradang. Sepedes pedesnya omongan emak, tapi emak gak pernah berucap demikian ke gue. Jujur, gue syok berat akan hal tadi.
Lagi nyaman-nyamannya nangis, tiba-tiba aja ada motor menepi di dekat gue. Penunggang motor itu ada dua orang, lalu mereka buka kaca helm. Dan ternyata....
"Sea?"
🎶Sudah tau luka, di dalam dadaku
Sengaja kau siram dengan air garam....🎶Udah nyunsep, ketiban bata pula. Itu gue.
Seterusnya ___
KAMU SEDANG MEMBACA
NIKAHPANKAPAN [TAMAT]
Romance[[KEN AKSARA MERA & SEAZALIKA JANARDANA]] "Kapan kawin?" Bisa nggak, kata itu dihilangin aja dari dunia ini?😤 "Kapan nikah?" Besok, kalo gak ujan. 😒 Selengkapnya, silahkan mampir. Dipublikasikan pertama kali tanggal 22 Mei 2020 dan tamat pada ta...