"Udah, udah, berhenti!" gue paksa si tengik ngehentiin mobilnya sebelum masuk ke gang rumah gue.
"Kenapa, kan belum nyampek?" tanyanya bingung sambil ngelakuin apa yang gue minta.
"Udah, sini aja!" gue segera ngelepas sabuk pengaman dan ngambil tas jinjing di jok belakang. "Buat hari ini, makasih. Sampaiin itu ke Papa Lo." ujar gue seraya buka pintu.
"Se, bentar!" dia nyegah.
"Kenape?" gue tahan daun pintunya dan nengok ke dia.
"Eum...." si tengik ngegantung ucapannya.
"Kenape? Emak udah nungguin Gue." ulang gue. Tinggal ngomong aja pake slow motion segala.
"Gak jadi, deh. Silahkan, kalo mau pulang. Titip salam buat Emak Babeh." ujarnya ngebuat asap mengepul di atas kepala gue.
"Iye," gue turunin kaki dan keluar. Iye gak bakalan gue sampein lah, lanjut gue dalam hati. Cepat-cepat gue menjauh dari mobil si tengik sebelum ada tetangga yang mergokin gue pulang malem dianter cowok. Bisa abis gue digunjingin se-RT.
....
"Dari mana, Lu?" ampir aja jantung gue mai copot begitu muncul suara Bang Ucup disaat gue mengendap-endap masuk kamar. Ini udah jam setengah 12 malem, keluarga gue udah merem jam segini."Ada kerjaan." saut gue sambil ngelus dada.
"Kerjaan apa akhir pekan kek gini?" selidiknya.
"Pokoknya kerjaan. Dah, Sea mau istirahat dulu." gue segera menyingkrih sebelum penyelidikan Bang Ucup makin mengganas.
"Jelasin dulu kerjaan apa? Ini dah terlalu malem buat cewek kerja diakhir pekan." omelnya.
Gue mendengus kasar, "Klien Sea minta dibuatin lampu dinding hari ini juga. Sea udah bilang ke Emak, puas?" jelas gue agak ngibul dikit. Berabe kalo gue bilang kliennya adalah si tengik.
"Kenapa mesti hari ini? Ini kan akhir pekan." Bang Ucup masih aja ngebawel.
"Bang Ucup tanya sendiri aja sana ke kliennya! Sekalian aja wawancarai motivasinya minta dibuatin lampu dinding itu apa! Bawel!" cerocos gue kesal. Gue langsung masuk kamar dan gak merduliin Bang Ucup lagi.
_💍_
Lagi-lagi gue kehilangan kata-kata buat ngomong ke Sea. Tinggal bilang, "Se, Lu mau temenin Gue ke kondangan, gak?" kenapa susah banget sih? Heran. Padahal udah susah payah selama perjalanan gue bangun skenario agar terjadi percakapan dua arah di antara kita. Percakapannya bisa terwujud, tapi endingnya mengenaskan. Gue gak bisa bilang buat ngajak dia ke kondangan Wanda. Sial.
Gue ngelajuin mobil ke tempat Kris, akhir pekan begini pasti ramai barnya. Bodo amat lah, gue butuh secangkir kopi item buatan sahabat bobrok gue tersebut. Lulusan madrasah, tapi malah buka tempat maksiat. Hadehhh....
"Bro!" panggil Kris ngeliat kedatangan gue. Gue bales lambai tangan.
"Kopi!" perintah gue ketika udah deket.
"Tumben Lo ke sini jam segini? Kemana aja Lu dari tadi?" Kris udah kek mantan-mantan gue aja.
"Ada urusan." saut gue gak berterus terang.
"Urusan kerjaan apa urusan cewek nih?" selidiknya sambil ngasih kopi buatannya ke gue.
"Sejak kapan Gue akhir pekan ngurusin cewek?" gue tanya balik.
"Lagak Lu! Gak inget sebelum-seblumnya gimana, huh?" cercanya.
"Udahlah, jan dibahas!" alibi gue mengalihkan topik pembicaraan.
Kris mendecah, "Betewe, kondangan tempat Wanda, Lu ngasih apa? Berlian, ato tiket honeymoon?"
Gue sruput kopi dulu, "Kagak semuanya." lontar gue kemudian.
"Lah, Wanda kan mantan terindah Lo. Bisa-bisanya gak ngasih apa-apa, belum move on Lu, iya?" cerocos Kris dah kek burung beo.
"Diem dulu, ogeb!' sentak gue. "Gue tetep ngado, tapi bukan yang Lu sebutin." perjelas gue.
"Kirain, kebangetan kalo sampek kagak." mawasnya.
Gue mendengus sebal, lalu sruput kopi lagi. "Gue mau tanya sesuatu."
"Apaan?" Kris narik kursi dan duduk buat nyimak pertanyaan gue.
"Gue tanya ini ngewakilin temen Gue, oke?" peringat gue lebih awal.
"Temen Lu yang mana?" kepo Kris.
"Temen kuliah. Dah, jan nanyain nama dan seterusnya. Fokus sama pertanyaannya aja, oke?" gue acungin jari ngebentuk huruf 'OK'.
Dia ngangguk, "Oke."
"Temen Gue, Dia punya rasa percaya diri yang tinggi. Tapi, begitu mau ngomong sesuatu ama cewek yang gak lain adalah adik kelasnya, Dia kehilangan kata. Trus, ketika mereka bertemu, bawaannya pingin ribut mulu. Tapi di sisi lain, Dia ngerasa ada yang kosong kalo adik kelasnya itu gak ada. Menurut Lo, temen Gue itu kenapa?" cerita gue panjang kali lebar kali tinggi sama dengan volume. Sebisa mungkin gue kemas sedemikian rupa biar dia gak curiga kalo itu kisah pribadi.
Kris diem mencerna cerita gue, gak lama ia memicingkan mata natap gue. "Bener, ini kisah temen Lo?" gaswat, dia curiga.
"Bener, udah jawab aja!" dusta gue.
Kris ngangguk-ngangguk, wajahnya masih menyimpan kecurigaan. "Gue simpulin, temen Lu jatuh cinta sama adek kelasnya itu."
"Gak mungkin!" gue langsung ngegas sambil gebrak meja bar cukup keras. Para pelanggan di bar Kris sampek natap ke gue sebagian. Gue pun segera nunduk minta maaf ke mereka.
"Kok, malah Lu yang ngegas, sih? Gue curiga nih." mata Kris makin memicing natap gue.
"Kagak, itu temen Gue, asli!" bantah gue mendusta lagi.
Kris mendecah, "Oke, Gue percaya aja. Trus, atas dasar apa Lo bilang gak mungkin, hem?"
"Menurut temen Gue, adik kelasnya itu gak cantik, bodynya gak memenuhi kriterianya banget, bukan tipe temen Gue banget lah." gue terangin landasan bantahan gue.
"Kalo Gue rasa, temen Lo cuman gak mau ngakuin perasaannya aja. Dia sebenarnya jatuh cinta, tapi menangkalnya karena alasan-alasan yang bener di logisnya." ceramah Kris pingin gue bantah lagi. Tapi, dia nambahin ceramahnya lagi.
"Cinta itu berseminya di hati, bukan di otak. Seberapa kerasnya otak nolak, hati kecil gak bisa dibohongin. Sampein itu ke temen Lo." tutupnya ngebuat gue sulit mau nyanggah lagi.
"Iye, entar Gue sampein."
....
Tiba di rumah waktu menunjukkan pukul 3 dini hari. Gue langsung ke kamar dan menghempaskan badan ke ranjang empuk. Mata gue terpejam, tapi otak gue demo minta dibuka. Alhasil, gue ngebaringin badan menatap langit-langit kamar.Gue jatuh cinta?
Terbesit pertanyaan itu sejak Kris menyimpulkan cerita penuh kedustaan yang gue sampaikan tadi. Kalo dicerna lebih dalem lagi, gue rasa omongan Kris emang gak salah. Tapi gak bener juga buat akal gue terima.
Beberapa momentum yang udah gue lewatin sama Sea, emang berkesan tersendiri bagi gue. Banyak hal-hal lain yang pingin gue tahu dari sisi lain Sea. Apalagi sejak gue lihat sendiri gimana dia nangis waktu itu, pingin tahu lebih lagi rasanya. Tak ketinggalan, sarapan bersama yang gak sengaja waktu itu, pingin gue ulang kembali.
🎶
Inikah namanya cinta?
Oh, inikah cinta?
Cinta pada jumpa pertama
Inikah rasanya cinta
Oh, inikah cinta?
Terasa bahagia saat jumpa
Dengan dirinya.... 🎶Berlanjut___
KAMU SEDANG MEMBACA
NIKAHPANKAPAN [TAMAT]
Romance[[KEN AKSARA MERA & SEAZALIKA JANARDANA]] "Kapan kawin?" Bisa nggak, kata itu dihilangin aja dari dunia ini?😤 "Kapan nikah?" Besok, kalo gak ujan. 😒 Selengkapnya, silahkan mampir. Dipublikasikan pertama kali tanggal 22 Mei 2020 dan tamat pada ta...