Suara klakson mobil entah milik siapa, menggema di depan rumah Gue. Brisik banget, sumpah! Pingin Gue bakar juga tuh mobil lama-lama. Mentang-mentang punya mobil aja belagu. Entar juga kalo mati bakalan dianter ama mobil ambulan atau nggak dipangkul pake keranda.
"Sea, Lu mesen taxi online, yak?" teriak emak dari dapur.
"Kagak, Sea gak mesen." saut Gue dari depan TV.
"Lha terus ngapain ada suara klakson mobil di depan rumah? Coba gih, tengok!" perintah emak.
Gue mendengus, ganggu acara Gue aja tuh orang! Dengan berat hati Gue bangkit dari depan TV dan nyiapin semprotan yang biasa dipakek babeh buat mandiin burung perkutut kesayangannya. Gue buka pintu, jalan ke depan rumah ala preman pasar yang mau malak.
"Woi, bisa diam kagak?!" amuk Gue tanpa ngeliat pelaku yang ngebunyiin klakson tersebut. Tangan Gue udah siap buat nyemprot tuh orang, tapi tiba-tiba aja semprotan tersebut malah lepas dari kendali Gue.
"Mau nyemprot bos Lu, huh?!" gertak si pelaku alias bos gue alias si tengik.
Gue agak tersentak sedikit, tapi Gue segera normalin ekspresi. Semprotan yang jatuh kemudian Gue ambil. "Emang niat, kenapa? Pagi-pagi bikin kuping budeg aja!" lontar Gue dengan sarkas. Bawaannya pingin marah mulu kalo ketemu dia.
"Salah Lu dihubungin susah, mana nomer Gue segala Lu blokir lagi! Bisa-bisanya nomer bos Lu sendiri diblokir, heran." Dia geleng kepala ngeliat Gue.
"Salah sendiri gak ngirim pesan dulu, bodo amat lah situ seorang bos." Gue nyolot gantian nyalahin Dia.
Si tengik mendecih, dia ngusep rambut ke belakang berlagak sok cakep. Iuh, cakepan juga Babang Jong Suk Gue. Kami diam sejenak sambil lempar tatapan sengit.
"Buruan Lu mandi! Ada kerjaan khusus buat Lo hari ini." ucapannya ngebuat suasana hati Gue yang pagi ini mendung malah jadi hujan petir. Badai topan ampek tornado. Mawut semua kek nasi goreng mawut.
"What?" Gue terkejoed pemirsah.
Dia spontan nutup mulutnya, "Tu mulut manusia apa mulut kudanil, sih? Busuk banget, sumpah!"
Omongannya itu spontan ngebuat harkat martabat Gue sebagai cewek runtuh. Iye Gue sadar diri belum mandi, tapi gak keras-keras juga kali kalo ngomong. Akang sayur yang biasa lewat depan rumah ampek terkejut bukan kepalang lihatnya. Setan emang nih, si tengik! Astagfirullah, bibir hamba....
Gue merengut sebel, dengan sedikit hentakan kaki, Gue buru-buru lari ke rumah buat mandi. Sukses banget tuh si tengik ngulitin Gue di hadepan akang sayur cakep langganan emak gue.
💍💍💍
Gue ngakak gak tahan ngeliat kegokilan di depan mata Gue. Candaan Gue ternyata sukses membungkam goa brisik milik adik kelas gue tercinta. Gak hanya gue, tukang sayur yang juga kebetulan lewat aja sampek tercengang dan nahan ketawa ngeliat ekspresi malu Sea. Gokil, cuy!
Asyik ketawa sendiri, tiba-tiba aja ada yang nepuk pundak Gue dari belakang. Reflek aja Gue noleh dan agak terkejud ngedapatin Babehnya Sea ada di belakang Gue.
"Anda ini, siapa, ya?" tanya beliau mungkin udah pangkling banget ama Gue.
Gue langsung ngeraih tangan kanan beliau dan saliman. "Saya Aksara, Beh. Kakak kelasnya Sea di MA dan MTs dulu." ujar Gue sedikit membuka tabir masa lalu antara gue dan anaknya.
"Aksara?" babeh keliatan masih bingung, beliau mencoba buat nginget-nginget dulu.
"Anaknya Pak Hirawan, Beh." tambah gue supaya beliau mudah buat nginget.
"Pak Hirawan? Hirawan Mera?" terka beliau dan langsung saja Gue kasih anggukan.
Seketika pundak gue langsung ditepuk-tepuk ama beliau, dari ekspresinya sih keknya beliau mulai ngeh.
"Oh, Kamu rupanya. Saya inget sekarang, Kamu dulu pernah nganterin Sea waktu pingsan." ujar beliau ngebuat gue tersenyum lebar. Seneng rasanya bisa diinget sama beliau. Gue pun cuman bisa ngangguk-ngangguk.
"Eum, kemari pagi-pagi ada apa, ya? Mau ketemu Babeh, atao Sea, nih?" tanya beliau kemudian.
"Sea sekaligus silaturahmi ke Babeh juga. Gapapa kan, Beh?"
"Gapape, ayo, masuk kalo gitu!" ajak Babeh ngebawa Gue masuk. Setelah sekian tahun lamanya, ini kali pertama Gue nginjakkan kaki Gue ke rumah ini.
💍💍💍
Suasana meja makan di rumah Gue kali ini beda banget rasanya. Kalo biasanya cuman ada tiga piring yang dipake buat makan, pagi ini ketambahan satu. Bukan karna ada abang gue, melainkan ada si tengik yang diajak babeh buat bergabung sarapan bersama.
Emak yang biasanya cuman masak satu menu sayur dan satu menu lauk, pagi ini ditambahin beberapa aneka sayur dan lauk. Akang sayur cakep langganan emak tadi belum pergi jauh, jadi deh emak beli sayur ama seafood khususon buat si tengik. Dah kek anak mantu aja.
Emak numpangin lauk terus-terusan ke piring si tengik, meskipun si tengik belum nelen makanan di mulutnya. Gue ama babeh sampek tersisihkan gegara kehadiran si tengik. Babeh sih senyum bahagia aja sambil nikmatin apa yang beliau dapet, tapi lain halnya ama Gue.
Gue dah pingin ngebalik meja aja dari tadi gegara gak dibolehin nyomot tumis cumi kesukaan Gue.Plis deh, Emak! Sebenarnya si tengik apa Sea sih yang anaknya Emak? Gue mulai curiga kalo Gue ini cuman anak pungut yang ditemu Emak di deket pasar. Emak kasian trus akhirnya Gue dibawa pulang. Astagfirullah, maafkan hamba, Ya Allah....
"Gak usah malu-malu, ayo, dihabisin! Emak masak ini spesial ala ibu mertua yang baik hati loh." iuh, kenape dengan Emak Gue Ya Allah? Begini amet dah. Bikin malu gue aja.
Si tengik cuman nyengir dan nyoba ngunyah secepet yang ia bisa sambil tetep jaga sopan santun.
Munafik banget senyumannya, sumpah! Dulu aja tuh mulut hobi banget neriakin dan marahin gue gegara telat masuk pramuka ato ngak gak pake atribut lengkap. Sekarang aja berlagak manis di depan Emak, pingin gue tonjok aja tuh bibir. Astagfirullah, ada apa dengan diri ini? Kenapa ngumpat mulu dari tadi bawaannya.
💍💍💍
Gue canggung diperlakukan bak anak sendiri oleh ortunya Sea. Makanan di mulut Gue belum ketelen, Emaknya Sea dah nambahin lauk aja di piring Gue. Mana Gue udah sarapan lagi di rumah. Bisa meletus perut Gue entar. Niat kemari cuman mau ngajak Sea survei pasar, eh malah kek gini jadinya. Apes emang.
Sarapan bersama akhirnya usai, perut Gue penuh banget rasanya. Tapi Gue tetep pasang muka manis di depan ortunya Sea. Gue nggak tau, siapa ngira kalo entar mereka bakal jadi mertua Gue. Kan gak akan ada yang ngira. Jadi Gue mesti jaga image dan tindak tanduk Gue. Itung-itung juga latihan jadi mantu. Bodo amat entar mertunya siapa.
Oops, kok Gue jadi mikirin mantu ma mertua sih? Gue kan belum mau nikah, kecuali....
'Kecuali dia mau Gue nikahin.'
Seterusnya....
KAMU SEDANG MEMBACA
NIKAHPANKAPAN [TAMAT]
Romance[[KEN AKSARA MERA & SEAZALIKA JANARDANA]] "Kapan kawin?" Bisa nggak, kata itu dihilangin aja dari dunia ini?😤 "Kapan nikah?" Besok, kalo gak ujan. 😒 Selengkapnya, silahkan mampir. Dipublikasikan pertama kali tanggal 22 Mei 2020 dan tamat pada ta...