👑13

1.9K 170 7
                                    

Tiga belas tahun ke belakang....

"Dek ... ayo, cepat baris!" teriakan dari kakak Dewan Penggalang menggaung ke segala penjuru lapangan.

"Se, buruan!" Mella nyeret gue kek karung beras tanpa mikir gue ngos-ngosan abis ngebut naik sepeda.

"Santai aja kali!" gue berusaha nyeimbangin langkah Mella.

"Santai gimana, kita nih telat, Se." omel dia sambil terus nyeret gue.

Gue diem aja, ngatur napas gue yang megap-megap persis ikan dinaikin ke daratan.

"Berhenti di situ!" baru aja gue ama Mella mau masuk barisan, seorang Kakak DP nyergah kami. Kami pun lantas berhenti mendadak.

"Keluar barisan, cepat!" intruksinya.

Astagfirullah, cobaan apaan ini, Ya Allah....

Gue ama Mella keluar dari barisan, ngikutin kemana intruksi Kakak DP tersebut. Kami berkumpul dengan anak-anak lain yang juga telat, lalu membentuk satu barisan terpisah. Apel pun dimulai.

Selepas apel, hukuman siap menanti kami.

"Tugas kalian, mencari plastik bekas di sekitar lapangan dalam 30 hitungan. Setelah itu, kumpul lagi di sini, persis tempatnya, tidak boleh bergeser. Terlambat, hukuman ditambah. Bisa dimengerti?"

"Siap, mengerti!" jawab kami kompak.

"Siapa yang nyuruh bubar?!" teriakan itu dengan keras memekakkan kuping gue. Gue balik kanan, gue emang salah kurang fokus.

"Khusus buat Kamu, waktunya Saya potong tinggal 15 hitungan."

Kalo bukan karna pramuka itu wajib dan masuk penilaian di rapot, udah dari awal gue bolos. Ogah banget gue harus ngulang dan ketemu dedemit galak dan belagu kek dia! Amit-amit!

Gue cuman ngehela napas lirih, kudu sabar.

"Tanpa penghormatan, balik kanan, bubar, jalan!" akhirnya barisan dibubarkan oleh manusia yang paling pingin gue lenyapin dari muka bumi ini.

"Ayo, Se! Entar keburu direbut orang!" seru Mella lagi-lagi sambil nyeret gue. Plis, Mel, napas gue masih senin kamis ini. Batin gue nelangsa.

Gue ama Mella ngacak-ngacak isi tempat sampah, nyari benda yang namanya 'plastik' tersebut. Bodo amat mau bau busuk, penting kami bisa kumpul dengan koloni kami dan terbebas dari hukuman.

"Sea, ini!" akhirnya gue ama Mella nemu dua plastik yang udah basah kecampur sisa minuman.

"Ih, bau, Mel!" gue ngejauhin plastik tersebut. Perut bergelambir gue langsung mual seketika.

"Udah, bawa aja!" Mella maksain gue buat nerima plastik itu.

"Dua belas...."

Sial, udah segitu aja itungannya. Gue lari lebih kenceng dari Mella, ninggalin dia dua meter di belakang. Sorry, Mel. Untuk saat ini, terpaksa gue hianati persahabatan kita. The power of kepepet.

"Lima belas...." tepat dihitungan tersebut gue nyampek di tempat awal gue tadi. Jan tanya lagi pernapasan gue kek apa, gak bisa gue ibaratin lagi. Napas ngos-ngosan, banjir bandang keringat, dan mual gegara bau sampah. Gak bisa berkata-kata lagi gue, bawaannya pingin ngumpat dan ngamuk.

"Baiklah, Sekarang gunakan plastik itu untuk kalung kalian, dan lari 2 kali keliling lapangan. Jangan dilepas sebelum solat asar tiba. Mengerti?!"

"Siap, mengerti!"

GILAAAA! Apa-apaan coba, napas gue masih ngamuk ini! Astagfirullah.... Gue cuman bisa istigfar dan ngebacot dalam hati. Tunggu aja pembalasan gue!

...
Istirahat setelah solat asar akhirnya tiba, gue ama Mella duduk berselonjor di pinggir lapangan sambil nikmatin sebungkus cilok berdua. Bukan penghematan duit, tapi kami mengefesienkan waktu biar gak telat baris dan dihukun lagi. Bisa kurus gue entar, kan bahaya. Emak entar kagak mau ngakuin gue sebagai darah dagingnya lagi. Astagfirullah....

"Se, liat tuh!" Mella nunjukin sesuatu dengan dagunya.

Gue mendengus pendek, "Apanya yang cakep sih dari manusia paling tengik dan belagu kek dia? Mata Lu rabun, yak?"

Mella nonyor kepala gue, "Dia tuh manis banget kalo senyum, Se. Belum lagi nih, kalo jalan dan mimpin upacara, keliatan berkarisma banget. Suer." Mella muji-muji manusia paling tengik di dunia ini.

"Sadarlah wahai kawanku...." gue goyang-goyangin pundak Mella biar setan yang ngerasukin dia keluar.

Mella nepis tangan gue, "Jodoh baru tau rasa, Lu!" kutuknya.

"Iuhhh, amit-amit jabang gedong!" gue masang ekspresi masam pingin muntah.

Peluit panjang dibunyikan, itu artinya kami harus bergegas ke barisan. Gue kunyah sekali cilok terakhir dan langsung gue telen begitu aja. Mella ngebuang bekas bungkusnya dan gue yang buang bungkus es teh yang gue abisin. Buru-buru kami masuk barisan.

"Mel, Lu bawa hotcare, nggak?" bisik gue di tengah apel penutupan.

"Ini," Mella nyelundupin hotcare ke tangan gue dengan gesit.

Waktunya pembalasan, ha ... ha ... ha.... Gue membatin licik.

Cairan hotcare gue oleskan merata ke tangan gue, sebisa mungkin ampek abis tuh cairan di dalem botolnya. Tinggal tunggu intruksi, gue siap beraksi.

Selang waktu kemudian....

"Hati-hati di jalan, Dek. Salam buat orang tua di rumah, ya?" ucap mereka kompak samaan sambil menyalami Kami.

Gue senyum misterius, nganggukin aja ucapan munafik mereka. Hati-hati di jalan? Iuhhhh.... Gak inget ama kelakuannya tadi gimana. Huh!

"Se, Lu ngapa senyum-senyum gak jelas gitu? Kesambet Lu?" Mella heran liat tingkah gue.

"Kagak," gue geleng-geleng. Saraf otak gue pada kendor bahkan banyak yang lepas dan berceceran. Kalian bilang gue gak waras, it's OK. Gue bakal nerima.

"Se, Lu kenapa? Gue takut tau!" Mella jadi horor natap gue.

Gue gak jawab apa-apa, efek dihukum ngebuat gue gak waras.

"Se, jan bercanda ih!" Mella makin takut ngeliat tingkah absurd gue.

"Gue sehat, Mel. Lu tenang aja!" gue nepuk pundaknya, nenangin kecemasan lebaynya.

Gue jalan di depan dia, nyamperin sepeda merah jambu motif kupu-kupu yang abang gue beliin. Sepeda yang sering jadi pelampiasan amarah gue karna abang  beliin itu tanpa persetujuan gue.

"Se, Kak Aksa!" bisik Mella ketika gue lagi sibuk ngeluarin sepeda dari sepeda lain yang menghimpitnya.

Gue pura-pura gak denger, fokus aja ama sepeda. Gue mesti hati-hati biar gak nyenggol sepeda lain dan ngerobohin tuh sepeda.

"SEA!" tiba-tiba Mella manggil nama gue dengan keras, ngebuat konsentrasi gue pecah.

Hampir aja sepeda-sepeda di samping sepeda gue mau roboh kalo gak ditahan sama manusia paling tengik.

"Hati-hati, Dek." ujarnya ngebuat gue mual. Suer, sok sopan!

"Maaf, bukan salah Saya!" ujar gue lirih langsung pergi. Perasaan cerah gue mendadak mendung dan turun badai gegara tuh orang. Ngerusak suasana aja, heran!

"Kak Aksa, Selamat sore! Sampai jumpa, Kak." apaan sih Mella. "Sea, tunggu!" dia buntutin gue.

Gue jalan aja sambil nuntun sepeda melewati lapangan, aturan di sekolah gak ngizinin naikin sepeda sebelum keluar gerbang. Gue tinggalin aja Mella tanpa perduli.

"Se, dipanggilin juga!" Mella narik goncengan gue.

"Apa sih?" gue manyun sebel.

"Gue tadi sempat nguping kalo Kakak DP pada ngeluh kepanasan di tangannya. Kenapa, Yak?"

Seketika ketawa gue membuncah keluar, gue kepingkal-pingkal dengernya. HA ... HA ... HA....

"Se, Lu gak kesurupan, kan?"






'Dendam kesumat akhirnya tercapai.'


Berlanjut ___

NIKAHPANKAPAN [TAMAT] Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang