Pandangan gue gak bisa lepas dari cewek di seberang gue. Gue masih gak percaya ama apa yang diperbuatnya baru saja.
"Oh, tentu belum kenal. Gue Sea." ucapnya ketika ditanya Rifki kenal apa kagak ama gue. What? Gue gak abis pikir, sejak kapan Sea amnesia sampai gak ngenalin gue. Kalo enggak sebagai kakel, kan bisa sebagai atasan. Wah ... bener-bener mancing kerusuhan. Temennya aja yang baru ketemu gue beberapa kali, mau ngakuin kalo gue termasuk atasannya. Lah, Sea? Atasan enggak, kakel boro-boro. Pingin muntab rasanya.
Eits, tunggu! Kok gue jadi sewot kek gini, ya? Kenapa gue harus jenggel gak diakuin sama Sea? Ada apa dengan diri gue sekarang?????
Sepanjang pertemuan yang mendominasi obrolan adalah Sea dan Rifki. Baru pertama bertemu mereka bisa langsung akrab dan klop banget, kebalikan ama calonnya Rifki yang justru kurang aktif bicara. Kalo gue? Gue sih nyautin omongan Rifki kadang kala, soalnya tatapan Sea dari tadi seolah ngelarang gue buat buka mulut. Terutama fakta kalo kita pernah sealmamater dan cukup kenal. Sumpah, gue gak paham ama jalan pikirannya.
Menjelang pukul 10 malem, pertemuan kami harus diakhiri karena dua cewek itu cuman diizin keluar sampek jam 10-an doang. Rifki pun nganterin balik si calon ke rumahnya.
"Gak mau Gue anterin, dah malam loh?" tawar gue sebelum dia beranjak.
"Ngapain? Gue bawa kendaraan sendiri, gak perlu." tolaknya mentah-mentah.
"Entar kalo ada penjahat, gimana? Bahaya loh." gue coba nawarin lagi.
"Bodo amat, Gue punya Allah." dengan santainya dia nolak tawaran gue lagi. Dia ngembaliin kursi ke asalnya sebelum ditempati, lalu ninggalin gue begitu aja.
"Woi!" panggil gue sambil ngikutin dia.
Dia denger tapi gak mau berhenti, jalan terus ampek ke parkiran. Gue gak bisa nyegah dia buat pergi karna gue gak punya alesan buat nyegah. Ya udah, gue cuman bisa doain agar dia selamat sampai tujuan. Sea adalah cewek terberani yang pernah gue kenal. Mengagumkan.
....
Pulang dari pertemuan, gue langsung balik ke rumah. Niat gue malam ini adalah ngecek karya gue di Wattpad dan sekalian buat cerita baru. Begitu buka aplikasinya, banyak notifikasi masuk. Padahal sebelum pergi tadi udah gue buka, sekarang ada lagi yang masuk. Gue kepingin balesin komenan teratas sebagai bentuk respon gue ke pembaca setia gue.
Dua jempol gue mulai mengetikkan sepatah dua patah kata untuk membalas komenan para pembaca. Ada 4 akun yang gue bales komenannya. Ketika gue mau beralih dari notifikasi untuk mengetik cerita baru, salah satu akun langsung ngebales balasan komen gue.
"Menarik juga balesannya." gumam gue memuji komenan dari akun yang foto profilnya kek orang Korea. Gue gerakin dua jempol gue buat ngetik, tapi baru satu dua huruf, ada suara papa manggil.
"Iya, Pa. Masuk aja, pintunya gak kukunci." saut gue sambil nutup aplikasi dan matiin layar.
Papa memutar handel pintu, membukanya lalu masuk. Beliau menyusul gue ke ranjang.
"Ada apa, Pa?" tanya gue sembari ngerubah posisi dari tengkurap jadi duduk bersila.
"Papa mau ngobrol penting sama Kamu." ujarnya begitu duduk di tepian ranjang.
"Papa mau ngobrolin apa?" gue siap sedia masang kuping baik-baik buat ngobrol.
"Papa pingin mundur dari komisaris." ucapnya singkat saja ngebuat gue terkejut.
"Papa serius? Emangnya Papa udah nyiapin gantinya?"
Papa ngangguk, "Papa serius, Papa pingin jadi penasihat aja."
"Siapa? Udah Papa seleksi belum?" lanjut gue kek lagi ngewawancarain calon pegawai.
"Udah. Kamu gantinya." tunjuk papa ngebuat gue syok lagi.
"Pa, jan becanda! Aksa kan udah punya perusahaan sendiri, Pa." elak gue langsung.
"Papa tahu, tapi siapa lagi yang bakal ngewarisin perusahaan Papa kalo gak Kamu, hem? Kamu kan anak sulung."
"Ahli waris Papa gak Aksa aja, ada Bagas juga. Dia malah lebih kompeten di bidang yang Papa gelutin. Aksa ini anak teknik, Pa. Seluk beluknya, ya, di bidang itu. Bakal rusak perusahaan Papa kalo dipegang ama yang bukan ahlinya." gue nyampein argumen seobjektif mungkin. Masalah kek gini gak bisa sembarangan dibicarain.
"Tapi, Bagas masih kuliah, Bang." sanggah papa dengan nyebutin panggilan gue yang lama tak terdengar.
Gue ngangguk, tarik napas dalem-dalem dan ngebuangnya perlahan. Gue bingung harus nyanggah gimana lagi. Gak mungkin bagi gue ninggalin perusahaan yang udah gue bangun dengan keringat sendiri tanpa bantuan papa. Gue juga gak sanggup kalo harus ngurus dua perusahaan sekaligus, mana perusahaan papa 2 kali lebih besar dari perusahaan gue. Belum lagi, perusahaan papa itu udah masuk bursa efek. Tambah rumit lagi urusannya.
"Gimana, Bang?" papa minta kelanjutan dari gue.
"Aksa gak bisa mutusin malam ini juga, Pa. Kasih waktu dulu biar Aksa mikirin jalan keluarnya." gue angkat tangan kalo harus kasih jawaban sekarang.
"Oke, setahap-tahap Kita cari solusinya. Papa nyampein ini buat persiapan kalo sewaktu-waktu terjadi apa-apa sama Papa."
"Papa jangan berpikiran buruk!" gue langsung nepis omongan papa yang bisa aja didenger malaikat. Gini-gini juga gue masih sayang ke papa dan ingin membalas kasih sayangnya. Walau cuman setengah titik, gue mau berusaha. Papa adalah super hero yang ngurus gue dari kecil dan menyayangi gue tanpa batas waktu.
"Rahasia hidup Kita, Allah yang megang. Kita gak akan tahu apa rencananya. Kita hanya bisa mempersiapkannya." ujar papa ngebuat hati gue terenyuh. Papa emang ayah yang taat agama, beda ama anaknya ini.
"Tapi tetep aja, Papa jangan mikirin yang buruk-buruk. Aksa dan adek-adek masih ingin hidup lebih lama sama Papa." ungkap gue terus terang.
"Papa juga." papa megang dan nepuk-nepuk pundak gue sambil senyum. Suasana menghening, kami saling menunjukkan kasih sayang melalui tatapan mata.
_💍_
Gue nyampek rumah dan di depan udah ditunggu babeh. Beliau makai kaos oblong putih yang tipis dan udah pada bolong-bolong dengan bawahan sarung kotak-kotak. Babeh emang selalu nunggu gue pulang di depan pintu kalo gue keluar malming gini. Ya Allah ... perhatiannya babeh gue. Gue pun saliman ama beliau trus ngajak babeh ke dalem.
Gue bergegas buat solat sunnah witir sebelum mata gue lengket. Baru mau jalan ngambil air wudhu, HP gue berdering. Rupanya ada panggilan masuk dari Drau saat gue liat.
"Ada apa, Drau?" ujar gue membuka percakapan.
"Se, calon gue ngizinin Gue buat ngambil beasiswa ke Singapura." kabarnya seketika gue langsung menjerit kaget.
"Udah malem, Se! Kanepe sih teriak-teriak?" respon emak dari kamar.
"Kagak, Mak!" gue balik ke kamar lagi buat nerusin pembicaraan ama Drau. Solatnya entar dulu aje, hehehe.
Seterusnya___
KAMU SEDANG MEMBACA
NIKAHPANKAPAN [TAMAT]
Romansa[[KEN AKSARA MERA & SEAZALIKA JANARDANA]] "Kapan kawin?" Bisa nggak, kata itu dihilangin aja dari dunia ini?😤 "Kapan nikah?" Besok, kalo gak ujan. 😒 Selengkapnya, silahkan mampir. Dipublikasikan pertama kali tanggal 22 Mei 2020 dan tamat pada ta...