👑28

1.5K 159 14
                                    

Gue terkantuk-kantuk nungguin emak yang entah lagi ngapain di kamarnya. Udah lewat 15 menit emak gak juga manggil gue. Keburu si kembar botak masuk kuliah, Mak, Emak. Gerutu gue dalam batin sambil nyetop tayangan Upin&Ipin yang gue tonton di youtub. Gue berjalan ke kamar emak.

"Mak, udah siap lum?" tanya gue sambil nilik emak ke kamarnya. Beliau masih bersolek ternyata.

"Dikit lagi." ujarnya sembari ngolesin pewarna bibir.

"Cuman ke kondangan aja ribet amat, Mak." komentar gue mengejek.

"Jangan berisik aja, diem, Lu!" tukas emak galak.

"Mau pada kemana sih? Kok pada bersolek gitu?" Bang Ucup yang baru balik jalan-jalan ama keluarga kecilnya nyambangi kami.

"Kondangan tempat temennya Sea." ujar emak yang akhirnya usai juga bersolek.

"Oalah, bagono." Bang Ucup kemudian pergi.

"Buruan, Mak! Lama amat dah!" recok gue sambil keluar rumah duluan.

"Mau kemana, Dek?" kakak ipar gue nanyain begitu kita papasan di depan pintu.

"Kondangan tempat teman, Kak." balas gue.

"Oh, gitu. Hati-hati." pesannya dan gue ngangguk.

Gak lama emak muncul juga, beliau nitip pesan ke kakak ipar gue dan kami pun berangkat setelah itu.

_💍_

Kegaguan gue tempo hari membuat gue harus pergi kondangan sendiri. Papa gak bisa ikut karena ada urusan kantor. Si kembar? Mereka punya acara sendiri di akhir pekan ini. Cewek? Gue lagi gak punya stok cewek. Nasib joker.

Setelah memantaskan diri sebaik mungkin, gue berangkat ke tempat pernikahan Wanda. Gak ketinggalan kado pernikahannya gue angkut.

Beberapa menit kemudian....

Gue tiba di gedung tempat pernikahan Wanda digelar. Acaranya cukup besar dan ramai, terukur dari susahnya cari tempat parkir. Gue udah 10 menit yang lalu tiba dan baru bisa parkir sekarang.

Kotak kado gue gendong di depan, kaki gue melangkah masuk ke lift bersama para undangan lain. Hadehhh ... saat gue melirik kanan kiri, semuanya pada ngegandeng pasangan. Kenape sial amat sih dihari kek begini? Batin gue nelangsa.

Pintu lift kebuka, gue lekas-lekas keluar dan menembus para pasangan yang tebar keromantisan di depan gue. Kegerutuan gue gak ada habis-habisnya dari tadi. Huft....

Kaki gue yang udah mantap melangkah buat naik ke pelaminan, buat nyalimin pengantinnya maksud gue, mendadak berhenti.  Mata gue memicing, lalu melebar saat objek yang gue amati gak sengaja memandang ke arah gue. Pelan-pelan gue mendekat ke sana.

"Kak Aksa...." sambut Wanda bungah, senyumannya merekah bak mawar merah. Suaminya juga menyambut gue dengan senyuman lebar.

"Selamat atas pernikahan Kalian, semoga langgeng." gue serahin kado itu sambil menjabat tangan Aryo, suami sahnya Wanda sekarang.

"Amin, makasih." balasnya. Gue beralih ke Wanda.

"Jadi istri yang bener, jangan manja-manja doang." nasihat gue sukses ngebuat dia ketawa.

"Kak Aksa bisa aja." dia mukul lengan gue gemas. "Sea, Kamu inget sama Kak Aksa, kan?" Wanda beralih ke cewek yang ada di kanan gue.

"Gak inget-inget banget, tapi agak familiar sih ama wajahnya." ujarnya ngebuat kepala gue mendidih.

Gak inget-inget banget? Wah ... gak bisa dipercaya. Untuk kedua kalinya gue gak dianggep.

"Mumpung Kita ketemu, ayo, foto bareng buat kenang-kenangan!" ajak Wanda.

"Ayo!" gue langsung setuju.

"Lain kali aja, Wan. Gue malu." Sea malah sebaliknya.

"Lain kali gimana, wong acara pernikahannya ini. Udah, gak usah ngelak, kuy!" paksa Wanda sambil narik lengan Sea dan digandeng di kirinya. Gue pun mengambil tempat di sebelahnya Sea.

....
Gue terus memandang Sea lekat sejak foto bareng tadi usai. Gue masih gak percaya ama perbuatannya tadi dan gue gak menerimanya. Kalo waktu itu di hadapan Rifki dia bilang gak kenal, oke, gue nerima. Tapi di depan Wanda, itu sulit. Kami bertiga dulu satu almamater, dari MTs hingga MA. Gimana ceritanya gak inget?

"Lu sakit mata ato kenapa, sih? Dari tadi melototin Gue mulu." suaranya ketus.

"Gue mau buat perhitungan sama Lu." gue tarik dia ke meja kosong.

"Apaan sih! Gue gak mau mikirin matematika." dia ngehempasin tangan gue.

"Gue bukan mau bahas matematika." gue nyusul dia buat duduk.

"Trus apaan? Jan ganggu acara makan Gue deh!" Sea menyuap makanan ke mulutnya tanpa perduliin gue yang masang wajah garang.

"Kenapa Lu pura-pura gak inget Gue? Dan, kenapa gak bilang kalo Lo ke sini juga?" langsung aja gue tembak dia dengan peluru pertanyaan.

Sea meletakkan sendoknya, lalu menghadep gue. "Gue balik sekarang. Emangnya kenapa kalo Gue pura-pura? Ganggu hidup Lu, iye? Dan juga, emangnya Gue kudu siaran ke semua orang kalo Gue kondangan tempat Wanda? Gitu mau Lo?" serangnya balik. Gue kicep gak bisa jawab.

"Ganggu Gue makan aja!" ketusnya lalu ngelanjutin acara makannya.

"Tetep aja Gue gak terima Lu pura-pura kek tadi, apalagi di depan Wanda." protes gue masih aja ngotot. Rasa panas yang membakar dada membuat gue kehilangan akal dan pingin muntap aja.

"Serah Lu!" dia cuek bebek nikamatin hidangan.

"Gue gak suka diginiin!" gue cegah tangannya yang mau nyuapin makanan ke mulutnya. Alhasil, makanan di sendoknya berceceran.

"Lo tuh kenapa sih? Ganggu hidup Gue mulu, heran!" muntapnya ngeluapin amarah.

"Salah Lu ganggu hidup Gue duluan." lontar gue blak-blakan. Gue udah gak bisa ngendaliin diri gue sendiri.

"Duluan?" Sea mendecak heran. "Dari sisi mana Gue  ganggu hidup Lu duluan, huh?"

Gue nunjuk ke dada sebelah kiri, "Di sini."

Dia natap gue bingung, "Situ? Lu gak berpikiran mesum, kan? Sejak kapan Gue-"

"Hati Gue." pangkas gue ngebuat dia menganga.

"Jangan bilang...." Sea memicingkan matanya. Jantung gue dag dig dug nungguin kelanjutan ucapannya.

"Jangan bilang Gue pernah menyakiti hati Lu dengan kata-kata kasar, enggak, kan?"

Huft.... Gue lepasin tangan gue dari tangannya. Nyesel gue harus dag dig dug nungguin kelanjutan ucapannya.

_💍_

Gue buru-buru buang pandangan dan ngirup udara sebanyak mungkin buat menuhin paru-paru gue yang kosong. Saat dia nunjuk ke dada sebelah kirinya, perut gue udah mual-mual mules gimana gitu. Kaki gue ampek dingin seketika dan dahi gue berkeringat dingin. Gue paham makna tersirat itu. Sangat paham. Gue emang gak pernah pacaran dari lahir, tapi gue sering nyaksiin situasi kek gini di drama dan buku-buku romansa.

"Sea! Lu di mari ternyate, Emak cariin juga." tiba-tiba aja muncul emak dari kerumunan. Betewe, gue ama emak emang terpisah tadi. Gue sibuk ama Wanda dan emak reunian ama temennya yang kebetulan diundang juga.

"Eh, Calon menantu Emak ada di sini juga!"








Emakkk.... Kenape kalian harus ketemu sih?




Berlanjut___

NIKAHPANKAPAN [TAMAT] Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang