"Kak Aksa?"
"Mella?"
Ketika nyamperin Sea, gue agak kaget nemuin ada Mella. Dia sahabatnya Sea pas MTs, juga adik kelas gue. Tapi bedanya dia salah satu fan's gue zaman dahulu kala. Bukan mau songong, tapi emang dulu gue itu idola sekolah. Apalagi pas jadi Dewan Penggalang. Kata mereka, kegalakan gue itu manis kek asem jawa. Hehehe, gula jawa maksudnya.
"Hey, pa kabar nih?" gue berjabat tangan ama Mella.
"Kabar baik, Kak. Kakak sendiri?" pipi Mella yang ada tanda lahirnya itu mengembang.
"Seperti yang Kamu lihat. Btw, mau makan atau udah selesai, nih?"
"Baru aja selesai, Kak. Kak Aksa sendiri?"
"Baru mesen."
Pertanyaan basa basi terus berlanjut. Agak canggung sebenarnya, tapi coba gue angetin aja dengan segala macem pertanyaan gak penting.
"Tunggu, kok Kak Aksa bisa ada di sini ama Sea? Kebetulan atau gak sengaja nih?" Mella nyium-nyium bau kecurigaan.
Gue terkekeh sumbang, gue lirik ekspresi Sea yang udah nunjukin tanda gak suka.
"Gak sengaja, tadi di tempat parkir papasan. Iya, kan, Sea?" gue naik-naikin alis sambil ngerekahin senyuman.
Sea mlototin gue, "Iye." tuturnya singkat.
"Oh, gitu." Mella pun dengan polosnya percaya gitu aja.
Percakapan kami akhirnya buntu, gak ada jalan lain selain mengakhirinya. Mella pamit pulang karena kekasihnya udah nungguin di depan sana. Pesenan gue pun juga udah siap.
___💍___
Selera gue ampir musnah gegara kehadiran Mella. Gue seneng bisa ketemu sahabat lama, tapi gue males aja kalo kepergok lagi bareng si tengik. Gue gak suka ada gosip lebih tepatnya. Kita emang lagi makan karna abis ngurus kerjaan, tapi kan orang lain yang ngeliat, apa lagi temen lama pasti bakalan mikirin yang lain. Itulah gue malesnya.
Belum lagi ... You know lah kalo cewek-cewek ketemu gimana. Kalo gak bahas pasangan, kerjaan, dan gak ketinggalan pasti badan. Gue males banget kena body shaming dan ngebuat gue jadi bad mood kek gini.
Gue punya kuping, guys. Ada kalanya apa yang didenger kuping bisa teresap ke hati. Dan itu terjadi sekarang.
"Ada masalah?" si tengik ngehentiin sebentar aksi makannya dan natap gue dengan pandangan yang gak bisa gue terjemahin.
Gue menggeleng pelan, gak minat banget buat cerita. Gue nyuapin makanan ke mulut, ngunyah sambil nunduk.
"Gara-gara ketemu Mella?" lanjutnya kepo.
Gue naikin pandangan natap dia, entah kenapa bawaannya pingin ngeluapin aja ke dia. "Ketika orang lain mencemooh gue atau pun komentar tentang hidup gue, apa Lu tau apa yang ngebuat Gue marah?"
"Ucapannya." jawabannya sambil bales tatapan gue.
Gue nunduk sambil geleng kepala, "Bukan." gue menghela napas berat.
"Trus?" ternyata dia tertarik buat ngepoin.
Gue muter-muterin gelas es teh manis di depan gue, sambil ngomong "Fakta kalo Kita gak bisa mengendalikan pikiran mereka." terang gue.
"Berarti, Lu sebenarnya marah ke diri Lu sendiri ketika orang lain mencemooh kehidupan Lu, iya?" si tengik dengan cepat menarik kesimpulan.
Dengan berat hati gue ngangguk, "Bukan gue gak cinta ke diri sendiri, tapi kenyataan kalo orang lain gak bisa Gue kendaliin, kadang ngebuat Gue ambruk. Hati Gue dari segumpal darah, bukan dari baja." lanjut gue lebih jauh. Entah kenapa suasana jadi enak buat nyampein unek-unek yang gak pernah gue sampein ke siapa pun kecuali Sang Pencipta.
Gue mendongak ke langit-langit seraya mendesah berat, gue gak ingin nangis dan terlihat lemah di depan siapa pun. Kecuali, emak gue.
Suasana menghening, gue sibuk ama perasaan di hati gue yang lagi berkabut, sementara si tengik mungkin sedang mencerna ungkapan gue.
Tiba-tiba aja si tengik mindahin sepotong daging ke piring Gue, gue pun lantas ngeliat ke dia. "Lu butuh asupan buat tetep bertahan." ujarnya sambil senyum.
Gak bisa gue pungkiri, hal sederhana yang si tengik lakuin baru aja terasa menyentuh hati. Gue emang gak butuh dihibur dengan kata sabar, tabah, atau sejenisnya. Apalagi dikasihani. Gue cuman butuh ada sebuah perhatian kecil tanpa kata-kata.
"Dimakan, jan dilihatin aja. Entar dicomot kucing baru tau rasa!" candanya terasa garing, tapi sukses ngebuat ekspresi gue berubah.
____💍____
Hati gue merasa tergetar begitu Sea ngungkapin hal tadi. Gue liat ada kilat kesedihan yang tertanam di bola matanya yang mengkristal. Gue gak paham gimana persisnya perasaan dia, tapi gue ngerti kalo saat ini dia emang lagi down.
Gue merasa lega begitu Sea masukin daging yang gue beri ke mulutnya, trus lanjut makan seperti semula.
Kami makan sambil sesekali ngobrolin atau lebih tepatnya memperdebatkan hal-hal gak penting. Gue ngotot bener dan dia gak mau salah. Minum sampek pesen dua kali gegara debat, ngalahin debat presiden.
...
Gue nganterin Sea pulang usai solat magrib di masjid gak jauh dari tempat makan kami tadi. Gue anterin dia sampek depan pintu dan disambut ama ortunya."Assalamualaikum, Mak, Beh." gue nyalimin mereka.
"Wa'alaikumsalam warohmatullahi wabarokatu...." abis gue saliman, Sea langsung meluk emaknya dan nyembunyiin kepalanya di bahu emak. Gue yang tadinya udah mau pamitan, malah jadi terperanjat ngeliat Sea manja ke emaknya.
"Kenape nih? Orang mana lagi yang ngebuat anak Emak yang paling cantik ampek sedih gini? Bilang sama Emak, biar Gue uleg-uleg tuh orang!" ujar emak serem sambil ngelus punggung anak perempuannya.
Gue ngeliat pundak Sea terguncang, lama kelamaan suara tangisannya mulai keluar. Jujur, hati gue bergetar lagi. Untuk pertama kalinya gue ngeliat adegan mengharukan antara anak perempuan dan ibunya secara langsung. Sangat langka.
"Tutup telinga rapet-rapet, biarin dah mereka mau ngomong apa tentang anak Emak! Sea anak Emak, anak kebanggaan Emak. Selamanya Sea adalah anak emak. Gak usah dengerin mereka!" emak tetap tegar menyemangati anak perempuannya.
Gue pikir, dengan perdebatan kami tadi, Sea udah gak sedih lagi. Eh ternyata, dia masih nyimpen rasa sedihnya dan ditunjukin ke ortunya.
Sea makin kenceng nangis sambil meluk emaknya. Gue ama Babeh cuman bisa berdiri dan bersedekap di dekat mereka.
Kenapa gue merasa jadi bagian dari kehidupan mereka, ya? Sekelibat terlintas pertanyaan itu di benak gue.
Ada apa nih? Gue jadi mempertanyakan diri gue sendiri saat ini.
Gue agak terkejut manakala tiba-tiba aja Babeh pegang bahu gue dan nepuk-nepuk pelan. Pandangan beliau mengarah ke anaknya, sedangkan tangannya ke pundak gue.
Tunggu, maksudnya apaan nih? Gue jadi mikir ampek menjalar kemana-mana diperlakukan seperti itu. Benak gue bertanya-tanya, mencari jawaban dari misteri perlakuan Babeh. Suer, gue benci mecahin teka teki misteri.
"Jangan biarin dia kek gini lagi."
Seketika gue noleh ke Babeh yang berdiri di samping kiri gue. Ekspresi gue bener-bener merepresentasikan sebuah keterbingungan yang maha dahsyat.
Maksudnya apaan nih?
Selanjutnya ___
KAMU SEDANG MEMBACA
NIKAHPANKAPAN [TAMAT]
Romance[[KEN AKSARA MERA & SEAZALIKA JANARDANA]] "Kapan kawin?" Bisa nggak, kata itu dihilangin aja dari dunia ini?😤 "Kapan nikah?" Besok, kalo gak ujan. 😒 Selengkapnya, silahkan mampir. Dipublikasikan pertama kali tanggal 22 Mei 2020 dan tamat pada ta...