SOLUSI PERMASALAHAN

59 5 0
                                    



Suatu pagi yang cerah, ada seorang petani tua sedang berjalan bersama keledai tuanya menuju ke kota.

Sang petani hendak menjual hasil panennya di kota. Mereka berjalan dengan penuh semangat sambil membayangkan pundi pundi emas yang akan mereka dapatkan setibanya di sana.

Tiba tiba di tengah perjalanan, keledai tua sang petani terperosok ke sebuah sumur tua yang sangat dalam. Sumur itu memang tidak terlihat karena tertutupi oleh papan dan daun daun kering di atasnya.


Keledai tua itu lantas menjerit jerit,

"Tolong., Tolong... tolong keluarkan aku dari sini, petani..!"


Sang petani tua pun merasa sangat khawatir karena sebagian dari masa depannya, hasil panen yang melimpah ruah, turut jatuh bersama dengan keledai tua ke dalam sumur.


"Bagaimana aku dapat menyambung hidup jika aku tidak berhasil menjual hasil panenku..? Aku harus segera mengangkat keledaiku..! Karena hasil panenku terikat di punggungnya"

Gumam petani.


Petani pun lantas memutar otak untuk mengangkat keledai tuanya dari dasar sumur. Dia berkeliling di sekitar sumur dan menemukan seutas tali. Lantas, dia pun mengambilnya dan menjulurkan tali tersebut ke dalam sumur.


"Keledai, raih dan genggamlah tali itu..! Saya akan menarikmu ke atas..!"

Teriak petani.


Keledai berusaha untuk meraih dan menggenggam tali tersebut dan tentu saja sia sia..! Keledai tidak mempunyai jari jemari layaknya manusia untuk dapat mengenggam tali tersebut.


Petani kemudian memutar otaknya kembali.


"Ah, ya Saya tahu..!"

Cetus petani.


Dia lantas membuat simpul dari tali tersebut sehingga menyerupai tali laso yang biasa digunakan oleh koboi koboi di barat.

Dia lalu menjulurkan tali tersebut ke dalam sumur,

"Keledai..! Masukkan lehermu ke dalam simpul tersebut..! Aku akan menarikmu..!"


Keledai lantas menuruti perintah petani.

Namun, belum sampai beberapa detik sang keledai tertarik ke atas, dia serta merta melepaskan kepalanya dari simpul yang dibuat majikannya.


Keledai berteriak,

"Petani..! Kau ingin membunuhku dengan tali itu, ya..?"


Sang petani terperangah. Betapa bodohnya dia..!

Lantas, dia berusaha berpikir keras lagi.


"Bagaimana ini..? Aku harus mencari jalan lain menarik keledaiku"

Gumam petani dalam hati.


Dia berkeliling lagi di sekitar sumur, berusaha untuk mencari sesuatu yang dapat dipergunakan untuk mengangkat keledainya ke atas.

CERITA MOTIVASI (KOMPILASI)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang