Di suatu masa dan di suatu dimensi, kura kura berdebat dengan kelinci mengenai siapa yang lebih cepat. Akhirnya mereka memutuskan untuk adu lari dan sepakat jalurnya.
Kelinci melesat ninggalin kura kura. Setelah tahu kura kura tertinggal jauh di belakang, kelinci mutusin untuk beristirahat sejenak sebelum lanjut lagi.
"Ah, gue istirahat dulu, ntar kalo si kura kura dah deket baru gue lari lagi"
Kelinci duduk di bawah pohon (gak di atas pohon karena kelinci ga bisa manjat) dan akhirnya dia pun tertidur pules.
Kura kura akhirnya melalui kelinci yang sedang tertidur dan memenangkan adu lari. Akhirnya kelinci pun terbangun dan menyadari bahwa dirinya telah kalah.
Karena malu dan kecewa yang mendalam, kelinci melakukan Antisipasi Kegagalan (Root Cause Analysis). Dia yakin bahwa kekalahannya hanya karena dia terlalu percaya diri, ceroboh dan lalai.
"Kalau kemaren gue gak macam macam, gak mungkin gue kalah"
Pikir kelinci.
Kemudian Ditantangnya lah si kura kura
"Hei kura kura, sini loe. Gue gak trima kalo loe yang menang kemaren, ayo Kita lomba lagi, sekali ini pasti gue yang menang"
Si kura kura dengan nyantainya aja menjawab,
"Ayok, siapa takut..?"
Akhirnya, dimulailah lombanya. Dan dari awal lomba, kelinci melesat meninggalkan kura kura dan terus berlari hingga ke garis finish. Beneran juga, kelinci yang menang.
Kura kura menjadi panas dan setelah dipikir pikir dia baru nyadar kalau dia gak bakalan bisa ngalahin kelinci dengan kondisi seperti itu. Lalu Ditantangnyalah kelinci adu lari ke suatu tempat.
"Hei kelinci, ayo Kita lomba lagi. Sekarang Kita lewat jalan ini ke sana. Berani gak loe..?"
Ditantang seperti itu, kelinci langsung mau saja karena dah yakin dia yang bakalan menang, wong kemaren aja dia bisa menang. Lombapun dimulai dan dengan kencangnya kelinci berlari meninggalkan kura kura.
"Yang penting gue jangan stop, pasti gue menang"
Pikir kelinci.
Ternyata jalan di depan kelinci terhalang sungai.
"Duh, gimana nih gue nyebrangin nih sungai..? Gue gak bisa brenang lagi"
Termenung si kelinci mencari jalan menyebrangi sungai.
Lama termenung, akhirnya kelinci melihat kura kura datang dan nyebur berenang di sungai, lalu keluar lagi berjalan dengan perlahan menuju garis finish. Kelinci hanya terpaku melihat kemenangan si kura kura.
(Ketahuilah bahwa Kita punya kemampuan untuk mengubah keadaan sesuai dengan kemampuan yang Kita punya.)
Ngeliat si kelinci terpaku sedih, kura kura pun menghampirinya dan berkata,
"Sudah, jangan sedih, besok Kita ulangin lagi ya, tetapi Kita bareng bareng"
Esoknya, lomba dimulai lagi tetapi sekarang kelinci menggendong kura kura sampai ketepi sungai. Kemudian gantian kura kura menggendong kelinci menyeberangi sungai dilanjutkan kembali kelinci menggendong kura kura sampai garis finish. Hasilnya mereka berdua lebih cepat sampai di garis finish.
Pinter dan berkemapuan tetapi gak bisa bekerjasama bakalan percuma, karena dengan kerjasama maka kekurangan akan dipenuhi oleh yang lainnya.
Yang cepet dan konsisten selalu mengalahkan yang alon alon asal kelakon, namun begitu, Bekerjalah sesuai dengan kemampuan serta Kumpulkan sumber daya dan bekerjalah sebagai tim dan pastinya Ingatlah selalu Jangan menyerah bila gagal dan Berlombalah dengan situasi, jangan dengan saingan.
KAMU SEDANG MEMBACA
CERITA MOTIVASI (KOMPILASI)
RandomSatu Cerita... Beberapa Cerita... Lebih tepatnya., Banyak Cerita... Ya., Banyak Cerita yang bisa dibaca disini... cerita yang mungkin bisa memberikan sentuhan motivasi buatmu... (mungkin ya...) Sumbernya... tentu saja dari alfabet ... a sampai z...