Suatu hari Seorang Guru berkumpul dengan murid muridnya... Lalu beliau mengajukan enam pertanyaan...
PERTANYAAN PERTAMA...
"Apa yang paling dekat dengan diri Kita di dunia ini...???"
Murid muridnya ada yang menjawab...
"Orang tua"
"Guru"
"Teman" Dan
"Kerabatnya"
Lalu Sang Guru menjelaskan,
"Semua jawaban itu memanglah benar... Tetapi yang paling dekat dengan Kita adalah
...KEMATIAN
...Sebab kematian itu PASTI adanya...!!"
PERTANYAAN KEDUA...
Lalu Sang Guru meneruskan dengan pertanyaan kedua...
"Apa yang paling jauh dari diri Kita di dunia ini...???"
Murid muridnya ada yang menjawab...
"Negara Tiongkok"
"Bulan"
"Matahari" Dan
"Bintang bintang"
Lalu Sang Guru menjelaskan,
"Semua jawaban itu memanglah benar... Tetapi yang paling jauh dari Kita adalah
...MASA LALU
...Sebab Siapa pun kita... bagaimana pun kita... dan betapa kayanya kita.... tetap Kita TIDAK bisa kembali ke masa lalu... Sebab itu Kita harus menjaga hari ini... dan hari hari yang akan datang...!!"
PERTANYAAN KETIGA...
Lalu Sang Guru meneruskan dengan pertanyaan yang ketiga...
"Apa yang paling besar di dunia ini...???"
Murid muridnya ada yang menjawab...
"Gunung"
"Bumi" Dan
"Matahari"
Lalu Sang Guru menjelaskan,
"Semua jawaban itu memanglah benar... Tetapi yang paling besar di dunia ini adalah
...NAFSU
...Karna Banyak manusia menjadi "Celaka" Karena menuruti hawa nafsunya... Segala cara dihalalkan demi mewujudkan impian nafsu duniawi... Karena itu, Kita harus hati hati dengan hawa nafsu ini,
...Jangan sampai nafsu membawa Kita ke neraka (atau kesengsaraan dunia dan akhirat)...!!"
PERTANYAAN KEEMPAT...
Lalu Sang Guru meneruskan dengan pertanyaan yang keempat...
"Apa yang paling berat di dunia ini...???"
Murid muridnya ada yang menjawab...
"Baja"
"Besi" Dan
"Gajah"
Lalu Sang Guru menjelaskan,
"Semua jawaban itu memanglah benar... Tetapi yang paling berat di dunia ini adalah
...MEMEGANG AMANAH
...Mendengar semua nasehat yang diberikan oleh orang lain kepada Kita memang sangatlah mudah, namun akan terasa berat apabila kita mencoba untuk menepatinya, karna pada dasarnya, manusia sangatlah senang menuruti kemauannya sendiri dibandingkan menuruti kehendak orang lain...!!
PERTANYAAN KELIMA...
Lalu Sang Guru meneruskan dengan pertanyaan yang kelima...
"Apa yang paling ringan di dunia ini...???"
Murid muridnya ada yang menjawab...
"Kapas"
"Angin"
"Debu" Dan
"Daun daunan"
Lalu Sang Guru menjelaskan,
"Semua jawaban itu memanglah benar... Tetapi yang paling ringan di dunia ini adalah
...TIDAK MELAKUKAN KEBAJIKAN
...Sangat sering kehidupan ini kita jalani dengan keinginan untuk menyenangkan diri sendiri, tanpa mau memperhatikan segala hal yang ada di sekeliling kita, kita sering terlena terhadap apa yang Kita perbuat sendiri, walaupun terkadang itu salah... Kita sering merasa bahwa Kita lah yang paling benar...!!
PERTANYAAN KEENAM...
Lalu Sang Guru meneruskan dengan pertanyaannya yang terakhir...
"Apakah yang paling tajam di dunia ini...???"
Murid muridnya menjawab dengan serentak...
"PEDANG... !!!"
Lalu Sang Guru menjelaskan,
"Jawaban itu memanglah benar... Tetapi yang paling tajam di dunia ini adalah
...LIDAH MANUSIA
...Lidah memang kecil, lunak dan tidak bertulang. Tetapi banyak orang yang menderita hanya karena tidak dapat mengendalikan lidahnya dan menggunakan sesuka hatinya tanpa memikirkan segala resiko yang dapat muncul sebagai akibatnya.
...Karena melalui lidah, manusia dengan mudahnya menyakiti hati dan melukai perasaan saudaranya sendiri.
Sudahkah Kita menjadi manusia yang selalu ingat akan KEMATIAN... senantiasa belajar dari MASA LALU... dan tidak menyerahkan diri pada NAFSU...??? Sudahkah Kita mampu MENGEMBAN AMANAH sekecil apapun... dengan senantiasa MENYEMAI BIBIT BIBIT KEBAJIKAN... serta senantiasa MENJAGA LIDAH kita...???
Orang bijak telah memahami semuanya ini sehingga di setiap derap langkah yang mereka lalui, selalu bermanfaat bagi semua makhluk hidup.
KAMU SEDANG MEMBACA
CERITA MOTIVASI (KOMPILASI)
De TodoSatu Cerita... Beberapa Cerita... Lebih tepatnya., Banyak Cerita... Ya., Banyak Cerita yang bisa dibaca disini... cerita yang mungkin bisa memberikan sentuhan motivasi buatmu... (mungkin ya...) Sumbernya... tentu saja dari alfabet ... a sampai z...