Part 1

1.1K 23 3
                                    

"Ulfa kok kamu cemberut gitu sayang? Senyum dong, kan ini hari pertama kamu masuk SMA. Harusnya kamu seneng dong. Kok malah kek kesel gitu?" tanya ayah sembari tetap meluruskan pandangannya ke arah jalan didepan.

Aku hanya menatap malas kearah ayah. Jujur aku sangat kesal dengannya sejak ayah memutuskan untuk aku melanjutkan sekolah ke SMA 2. Jujur SMA 2 adalah sekolah yg sangat kubenci. Eh tapi aku benci bukan karena sekolah yg buruk atau gimana-gimana ya, tapi aku benci karena salah satu murid disana adalah musuh terbesarku. Sebenarnya aku sudah bersikeras untuk menolak keinginan ayah. Namun aku tak ingin mengecewakan kakek.

Flashback on
5 Bulan yg lalu,

"Wah Aryo gadis cantikmu ini sudah mau masuk SMA ya" seru tante lidya seraya menatap kearahku. Akupun hanya tersenyum canggung.

"Iya nih rencananya Ulfa mau lanjut dimana" tanya om Surya.

"Ouh masalah sekolah Ulfa saya dan istri saya sepakat memasukkannya ke SMA 2 biar dia bisa mudah nanti masuk fakultas kedokteran. Kan lulusan dari SMA 2 itu banyak yg mudah buat masuk fakultas kedokteran yg terbaik seperti UGM atau UNAIR gitu" jelas ayah kepada saudara-saudaranya itu.

Yap saat itu sedang ada acara makan malam bersama keluarga besar kami. Saat itu pula jadi ajang untuk kami semua untuk bertukar cerita.

Aku menatap ayah heran "Lah kok ayah bilang aku akan sekolah di SMA 2? Perasaan beberapa minggu yg lalu ayah ngizinin aku lanjut di SMA 1. Dan kata ayah masuk fakultas kedokteran? Aku kan nanti mau jadi Dosen, kok malah jadi kedokteran....." tiba-tiba lamunanku pecah saat bunda memanggilku.

"Eh iya bun,kenapa?" tanyaku kikuk karena tak tau apa yg sedang mereka bicarakan.

"Apa-apa, Tadi om Dika nanya, kamu siap kan jadi dokter bedah?" jelas bunda. Aku terdiam.

"Hah? Dokter bedah? Yg bener aja? Aku kan sama sekali ga mau jadi dokter bedah. Wah bener-bener nih ayah keterlaluan banget" gumamku.

"Ulfa..." panggil bunda.

"Ehe.....iya" jawabku pasrah. Ga mungkin kan aku berdebat sama ayah sekarang. Bisa-bisa malu nanti keluarga kami di depan saudara-saudara yg lain.

Setibanya dirumah,

"Ayah, apa maksud ayah tadi? Aku akan masuk SMA 2? Yg bener aja yah! Kan ayah udah izinin aku lanjut di SMA 1 kok....."

"Aarghh kok ayah gitu. Klo misal ayah ga mau aku masuk SMA 1 paling nggk jgn masukin aku ke SMA 2 yah, kan masih banyak sekolah-sekolah lain disini. Trus apa maksud ayah tadi aku bakal jadi dokter, dokter bedah lagi, yg bener aja yah" Keluhku sedikit membentak.

"Nak dengerin ayah, Ayah berubah pikiran untuk ngizinin kamu jadi dosen. Ayah pengen kamu itu jadi dokter nak. Jadi dokter itu bisa membuatmu sukses nak" jelas ayah.

"Tapi yah aku ga mau jadi dokter! Apalagi dokter bedah. Lagian emang kalo aku jadi dosen aku ga bakal sukses?" tanyaku penuh kekesalan.

"Nak sekarang pekerjaan dokter itu dinilai lebih baik dari segalanya. Teman-teman ayah banyak yg anak mereka dokter dan sangat sukses sampai sekarang. Ayah mau kamu juga kayak mereka" jawab ayah.

"Ayah ga bisa maksain masa depan aku yah. Masa depanku biar aku yg ngatur. Kalo ayah ga mau biayain aku masuk kuliah biar jadi dosen, aku bisa biayain sendiri nanti. Yg penting ayah ga bisa maksain cita-cita ku gini!" jelasku penuh amarah seraya pergi meninggalkan kedua orang tuaku yg saling pandang.

"Ayah apa-apaan sih. Bisa-bisanya ayah ngatur-ngatur gini. Iya bisa kuakuin ayah mau aku jadi dokter itu niat yg baik. Tapi kan aku udah milih masa depanku jadi dosen dan itu juga ga kalah baik sama jadi dokter

Dear MantanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang