"Syifa, asal kamu tau aku dan ka Andra......" aku menggantungkan kalimatku. Kutatap dia tengah menunggu aku melanjutkannya.
"Ka Andra itu mantan pacarku" ucapku dengan satu tarikan nafas.
"Hah? Mantan pacar? kamu bercanda kan? Ya ampun Ulfa lain kali jangan halu gitu deh. Kamu kira cuma kamu yg ngarep jadi pacar ka Andra? Nggak Fa, banyak yg ngarep jadi pacar ka Andra. Ckck lain kali kalo mau halu gausah bikin aku panik gini deh. Kirain kamu kenapa tadi" responnya heboh namun terkesan santai.
Aku memasang raut wajah bingung. Masa dia ga percaya.
"Syifa aku serius ka Andra itu mantan pacarku waktu SMP! Ini buktinya" aku menyodorkan beberapa fotoku dengan ka Andra dulu yg ada di handphone ku.
"Hah ini bukan editan kan? Kamu beneran pernah pacaran sama ka Andra? Wah gila!" ujar Syifa tak percaya.
"Kalo kamu pernah pacaran sama dia kok tadi kamu malah kabur pas mau ka Andra samperin. Trus kalian putus nya kapan? Trus kok bisa putus? Eh iya ka Riana, kapan ka Riana jadi pacar ka Andra? Jangan-jangan ka Riana yg ada dibalik putusnya hubungan kalian. Eh tapi perasaan ka Riana lain dari SMP 1 kaya kamu sma ka Andra. Trus gimana....." pertanyaan panjang lebar Syifa pun ku potong.
"Duh makanya kamu itu dengerin dulu dong penjelasanku. Ga usah nanya banyak-banyak ntar kuceritain juga" balasku kesal.
"Iya..iya. maaf. Yaudah jelasin" pintanya.
"Bentar kita ga masuk kelas ni? Perasaan dari tadi udah lewat jam istirahat" sela ku.
"Makanya coba tadi habis yg aku omongin tentang ka Andra pas dikelas kamu ga langsung lari jadi kamu tau kenapa kita ga masuk kelas sekarang" tuturnya.
"Hehe, lah emang kenapa kita ga masuk pelajaran bu Arini. Aku udah latihan lo biar suaraku bagus dan ga diomelin sama ibunya. Kok malah ga jadi masuk? Eh tapi gapapa sih" ujarku seraya terkekeh pelan.
"Kata Nessa bu Arini lagi cuti pulang kampung karena saudaranya ada yg meninggal. Jadi tadi ibunya lupa mungkin nitipin tugas jadi kita jamkos" jelas Syifa. Aku hanya mengangguk pelan.
"Jadi gimana ceritanya kalian bisa putus? Kapan? Kenapa? Trus gimana pas pacaran sama ka Andra? Rame gak?" tanyanya.
"Ish ini juga mau kuceritain semuanya" jawabku agak kesal.
Akupun menceritakan awal kami pacaran saat aku baru masuk kelas 8 dan ka Andra juga baru masuk kelas 9. Trus kami yang putusnya ga jelas pas ka Andra baru 5 bulan kelas 10 dan ternyata 2 bulan sebelumnya dia udah pacaran sama ka Riana. Dan dia ga ada ngasih tau aku gitu" jelasku singkat.
"Hmm maksudnya kalian putus ga jelas gitu? Dan kamu baru tau ka Andra udah punya pacar baru setelah 2 bulan mereka pacaran? Kok bisa? Emang selama kalian ketemuan gitu ga ada gelagat yg mencurigakan dari ka Andra?" tanya Syifa.
Aku menarik nafas panjang. Aku ga bisa nyalahin Syifa dong kalo dia ga paham. Aku sendiri juga ga paham gimana hubunganku sama ka Andra. Putus begitu aja tanpa ada ucapan langsung dari salah satu pihak. Memang ga masuk akal menurutku hubunganku ini.
"Syifa, gini ya. Aku dulu ga pernah liat ka Andra dan pacarnya bersamaan. Yg membuatku tau kalo ka Andra udah punya pacar baru yaitu sahabatku pas SMP dulu. Ka Andra baru beritau sahabatku setelah 2 bulan mereka pacaran.
Trus ga lama kemudian HP ku dibalikin dan saat itu juga sahabatku bilang kalo ka Andra mau ngakhiri hubungan kami. Kata sahabatku ka Andra mau minta putus secara langsung pas baru nembak ka Riana. Tapi pas itu HP ku masih disita jadi mungkin dia ga bisa ngasih aku kabar kalo mau ketemuan gitu.
Dan yg katamu tadi apakah aku ga liat gelagat yg mencurigakan karena setelah HP ku disita gitu kami kan ga ada saling kabar-kabar an. Dan ka Andra pun ga ada sama sekali nemuin aku" akupun menjelaskan panjang lebar ke dia.
"Ouh aku ngerti. Jadi intinya kamu sama ka Andra putusnya ga saling tatap muka dan kasih penjelasan gitu?" tanyanya.
"Ya mungkin seperti itu" jawabku santai.
"Jadi gimana perasaan mu ke ka Andra?" tanyanya.
"Aku benci dia. Dia bilang ke sahabatku dia mau putus gara-gara ga kuat jalanin hubungan beda sekolah. Kalau misal setelah itu dia ga ada berhubungan sama cewe lain, aku bisa paham dan percaya.
Namun pas aku tau ternyata dia udah nembak ka Riana, aku sakit hati banget. Itu sama aja dia bosen sama aku. Buktinya dia langsung pacarin cewek lain. Aku bencii banget!
Dan dia ga ada gitu berusaha minta aku ketemu dan memberi penjelasan. Ini malah minta tolong sahabatku untuk nyampain ke aku dasar bangsat! Arghhhhh aku benci ka Andraaa" teriakku sambil menangis. Syifa menjatuhkan ku dalam pelukannya.
"Ulfa sabar ya aku bisa ngerti perasaan kamu. Tapi ga seharusnya kamu nangisin cowo kaya ka Andra itu. Kamu harus kuat Ulfa. Maaf kalau misal gara-gara aku pengen tau masalahmu jadi bikin kamu nangis gini" sesal Syifa.
Aku melepaskan diriku dari pelukannya.
"Syifa, kamu ga salah. Kan memang kenyataannya gini. Lagian aku udah ikhlasin ka Andra kok. Udah hampir setaun juga semua itu berlalu" tuturku seraya tersenyum kecut.
"Tapi kenapa kamu milih lanjut sekolah disini Fa? Kan kamu udah tau dari awal kalo ka Andra sekolah disini dan pacarnya pun juga. Harusnya kalo kamu mau cepet move on, kamu harus hindarin ketemu sama dia. Kok kamu malah sekolah disini?" tanyanya.
"Sebenernya sih awalnya pas kami masih pacaran, kami sepakat mau sama-sama masuk SMA 2 ini. Tapi sejak ka Andra mutusin aku setaun yg lalu aku ngubah niatku buat masuk kesini dan mutusin masuk SMA 1.
Tapi beberapa bulan sebelum lulus, orang tuaku bilang almarhum kakekku pengen aku sekolah disini. Aku ga bisa dong nolak permintaan org yg udah meninggal. Mana kakekku mau aku jadi dokter lagi. Padahal aku ngehindarin masuk jurusan IPA, tapi ya gimana lagi. Jadi aku terpaksa masuk sini" jelasku.
"Emang pas mau masuk sini kamu ga mikirin kalo misal ka Andra tahu kamu sekolah di sini, sama dengannya dan pacar barunya trus dia nganggap kamu pengen hancurin hubungan mereka atau mau nguntit mereka gitu?" tanyanya lagi.
"Huft......kalo aku ga mikirin, trus ini buat apa kupake?" tanyaku seraya menunjuk kearah masker yg tepat dirahangku karena kuturunkan.
"Ouh jadi kamu selama ini pake masker gegara ga mau ka Andra ngeliat dan ngenalin kamu, pinter banget sih" pujinya seraya meninju pelan bahu ku.
"Dan asal kamu tau ya gara-gara mau nitupin identitasku dari ka Andra, aku sampe rela ngorbanin jiwa friendly dan famous dalam diriku" tuturku.
"Hah? Maksudnya?" tanyanya.
"Asal kamu tau aku di SMP itu wakil ketos dan anak eskul tari dan pramuka. Aku dulu sangat famous dikalangan murid-murid SMP 1. Dan asal kamu tau pas banyak yg mengetahui aku menjalin hubungan sama ka Andra, banyak yg kecewa dan ga percaya. Masalahnya aku dulu pacaran sama anak lugu dan pendiammmm banget, ya ka Andra itu.
Dia aja ga banyak yg kenal selain anak sekelas nya sama mungkin yg pernah sekelas dengannya dulu. Pokoknya fans laki-laki ku kecewa banget sampai ngebully ka Andra loh" jelasku panjang lebar.
"Sumpah ka Andra itu dulu ga ada apa-apanya selain cuma murid pendiam yg jarang bergaul. Coba sekarang dia justru lebih famous disini dari pada aku. Coba aja kalo aku ga terpaksa nutup diri pas sejak awal masuk sini. Sudah pasti lebih famous aku dari dia.
Lagian aku kan nutup diri biar ga banyak yg ngenal, otomatis ka Andra pasti ga tau aku disekolah ini. Tapi keknya semua itu sia-sia, dia udah tau aku ada disini" jelasku.
"Fa, udah jangan dipikirin. Anggap aja ka Andra ga tau kamu ada disini kamu bisa anggap ka Andra ga sekolah disini" sarannya.
"Duh Syif, aku ga tau setelah tau aku ada disini, ka Andra pasti mikir macam-macam tentang aku" pikirku sedih.
"Fa, udah ga usah dipikirin. Lebih baik kita balik ke kelas aja yuk. Kamu bisa tidur-tiduran dan nenangin diri di pojok belakang. Kan lagi jamkos juga" saran Syifa.
"Yaudah deh, ayo" ajakku.
Tanpa mereka sadari, sejak tadi ada yg mengamati dan menguping pembicaraan mereka.
.
.
.
.
.
Jangan lupa vote dan komentarnya💕
KAMU SEDANG MEMBACA
Dear Mantan
Teen FictionGimana rasanya kalo kita dipertemukan lagi sama mantan pacar yg sudah ninggalin kita tanpa kejelasan. Apalagi dia sering memamerkan kemesraan dgn pacar barunya didepan kita! Gimana kalo pada akhirnya kita ternyata menikah dengan nya, padahal kita sa...