Bagian 8. Progres?

7K 1.1K 48
                                    

Ada yang nungguin gak?

***

Ini udah minggu keempat mereka belajar bersama dan selama itu juga Jeno bisa nyimpulin kalo sebenernya itu Renjun gak bodoh. Dia malah terkesan pinter cuma anaknya aja yang males. Buktinya setiap Jeno ngasih soal Renjun selalu bisa ngerjain, ya walaupun ada beberapa yang masih nanya sih tapi sejauh ini dia pasti bisa.

Renjun juga sebenarnya aktif, aktif ngegodain Jeno maksudnya. Kaya kalo lagi serius-seriusnya, Renjun tiba-tiba tiup wajahnya Jeno. Atau tiba-tiba dia ngomong i love you pake nada bayi, atau pernah juga noel-noel pipinya Jeno pake pulpen. Jeno jengah? Iyalah. Gak jarang juga dia ninggalin Renjun sendiri di perpustakaan, atau besoknya dia ngajarin tapi bener-bener ngajarin, selain dari pembelajaran dia gak akan ngomong apapun ke Renjun. Tapi Renjun kapok gak? Ngga.

Semakin Jeno marah, Renjun malah makin seneng. Jeno juga heran sebenernya itu anak hatinya terbuat dari apa. Udah dimarahin berkali-kali juga gak kapok, malah makin parah. Dan setiap pertemuan itu pasti aja ada tingkahnya. Mana anaknya berisik banget.

Makanya pas di minggu keempat ini, di hari rabu, di dalam perpustakaan, Jeno sedikit heran kenapa Renjun dari tadi cuma diem. Si anak IPS itu juga jadi nurut banget sama Jeno dan gak ngomong apa-apa— eh ngomong sih. Tapi cuma iya, oh, ngerti, makasih. Udah cuma sekedar itu. Selainnya Renjun cuma ngangguk, ngedengerin Jeno dengan serius.

Tapi yang Jeno tangkap, suara Renjun itu jadi agak serak. Dia juga beberapa kali ngedenger Renjun batuk-batuk. Jeno tadinya pengen gak peduli, tapi serius Renjun batuknya itu sering banget, dan kayanya sakit gitu tenggorokannya.

"Ini kerjain nomer tujuh. Gue balik harus udah selesai, harus bener juga." Jeno ngegeser buku paketnya ke deket Renjun dan Renjun cuma ngangguk, ngebaca soal yang tadi ditunjuk Jeno terus mulai mikir, walaupun otaknya lagi gak bisa mikir sih, batuk sialan emang.

Jeno yang liat Renjun mulai fokus sama soal langsung berdiri terus keluar perpustakaan. Renjun cuma natap punggung tegap Jeno, bahunya merosot, bibirnya juga cemberut.

"Dasar es— uhuk uhuk."

"Ah sialan." Renjun ngusapin tenggorokannya yang gatel banget. Nyesel banget deh dia gak bawa air, padahal tadi pagi bunda Wendy nyuruh bawa.

Renjun mulai fokus ke soalnya, sebenernya itu gampang, Jeno juga udah ngejelasin, tapi gak tau kenapa Renjun males aja ngerjainnya. Kan? Renjun itu sebenernya pinter, cuma malesnya itu loh yang udah mendarah daging.

Tapi gak mau bikin Jeno marah dan malah bikin kepala dia tambah pening, Renjun coba pelan-pelan nyari rumusnya. Dia bolak-balik buku catatannya dan ketika ketemu, dia mulai menghitung.

Cukup lama Renjun ngerjainnya karena selalu keganggu sama batuknya. Renjun mau nangis aja. Serius deh dia tuh paling gak suka kalo udah batuk sama pilek, hidungnya jadi meler, dia juga jadi gak bisa fokus sama apa yang dia kerjain. Mana suaranya itu mengganggu banget. Dan dia kan malu kalo setiap batuk selalu diliatin sama orang-orang. Kaya di kelas tadi contohnya.

Renjun udah tinggal ngitung hasilnya ketika dia liat segelas teh anget— Renjun sih mikirnya itu teh anget sama sebotol air mineral di deket sikunya. Dan pas dia ngedongkak, dia liat Jeno udah berdiri di sampingnya. Si ketua OSIS itu juga ngebukain tutup botol akua yang tadi masih tersegel.

"Minum." Jeno ngasihin botol itu ke Renjun. Renjun masih diem. Dia ngerjapin matanya beberapa kali sambil natap Jeno yang berdiri menjulang.

"Ck." Si ketua OSIS itu berdecak terus ngambil tangan Renjun dan ngasih botol. "Buruan minum. Gue tau tenggorokan lo lagi sakit. Nih jahe anget juga minum." Jeno ngegeser gelas panjang itu ke depan Renjun terus dia duduk di tempatnya yang tadi. Mulai sibuk lagi sama bukunya tanpa peduli kalo Renjun masih natap dia.

CrushTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang