DUA PULUH SATU

665 92 12
                                    

Karina berdecak kesal, pasalnya pemuda itu beneran datang ke kelasnya setelah pelajaran usai. Tentu saja pemandangan itu mengundang perhatian banyak orang. Gimana ya, semuanya pasti penasaran lah.

Itu artinya ucapan Javi tempo lalu saat Karina dan Liana terlibat pertengkaran benar adanya. Kalau sebenarnya dibelakang Janu, Karina itu ada hubungan sama Jerome si anak baru.

Iya—Jerome itu siswa pindahan dari sekolah lain. Dia dulunya gak tinggal di Jakarta. Sekarang rumahnya pun berdekatan sama rumah Karina. Masih satu kompleks perumahan gitu, beda gang aja. Makanya ayah Karina bisa kenal sama Jerome ini, mereka kan pergi ke gereja yang sama setiap beribadah.

"Ngapain sih lo buntuti gue mulu!" kesal Karina.

Gadis itu udah mati-matian buat ngehindar dan gak mau ada interaksi yang mendalam, eh si oknum tak tau malu ini malah terang-terangan ngedeketinnya. Alhasil desas desus itu kembali terdengar.

Iya—kaya Karina ngehianatin Janu dan milih selingkuh di depannya dengan si anak baru, Karina yang sebenarnya ngerebut Janu dari Liana. Pokoknya yang jelek-jelek aja deh. Untung aja Karina udah lengser dari jabatannya sebagai ketua cheerleaders mengingat dia udah harus fokus sama pelajarannya.

Mungkin kalo enggak, dia bakal pusing dengerin bisikan-bisikan miring tentang dia. Secara gak langsung kan dia tetap harus jaga imagenya supaya tetap baik sebagai ketua cheerleaders. Kalo sekarang bodo amat lah, yang penting belajar—kata dia.

Karina ini sebenarnya anaknya baik, gak jauh beda sama Liana. Cuma ya gitu gampang terpengaruh aja. Apalagi dengan tekanan-tekanan yang ada. Kaya yang ayahnya lakuin ke dia, alhasil kadang suka kelepasan aja jiwa ambisnya.

"Kan mau nemenin lo beli buku!"

"Gak usah, makasih. Gue gak jadi beli bukunya!"

Karina melenggang pergi begitu aja meninggalkan Jerome yang pada akhirnya mengejarnya. Dia cuma gak mau sekolah makin ribut sama urusannya. Karina bingung aja, dia bukan artis tapi pake segala masuk akun lambe turah sekolah. Aneh-aneh aja.

"Rin, tunggu!"

Teriakan Jerome berhasil mengundang perhatian Janu dan teman-temannya yang kala itu masih terlihat santai aja. Iya mereka masih di dalam kelas, males soalnya di parkiran pasti riweh sama siswa-siswi lainnya. Bakal ngantri gitu.

"Eh lo gak mau cerita apa-apa?" Javi menyenggol lengan Janu yang saat itu lagi senyam-senyum sama ponselnya persis kayak orang gila.

Hendra yang tadinya asik metikin gitarnya jadi ikut nimbrung di antara keduanya. Jangan tanyakan Rendra kemana, kan dia beda alam sama mereka bertiga. Iya alam IPA dan IPS tentunya.

"Jelasin apaan sih?" sahut Janu, merasa ke ganggu dia.

"Iya gue kepo nih udah lama gak up date sama hubungan percintaan Lo yang rumit itu!" timpal Hendra yang dibalas anggukan sama Javi yang menyetujuinya.

"Sumpah punya temen kepoan kaya kalian ribet banget!" sungut Janu kesal, alhasil pemuda itu menyudahi kegiatannya yang lagi asik ngechatin seseorang.

"Ye, serius nih. Lo sama Karina kenapa?" tanya Hendra penasaran.

"Lo kok gak bilang sih jadian sama Liana?" kini giliran Javi yang menodong pertanyaan.

Hendra yang mendengar itu sedikit terkejut, pasalnya dia kan gak tau sama kejadian pagi tadi di parkiran. Janu hanya bisa mendengus pelan.

"Kalian ini mau penjelasan dari gue apa mau ngomong sendiri?" ujar Janu, udah kesel dia.

Javi dan Hendra cengengesan aja, keduanya akhirnya mempersilahkan Janu buat bicara. Udah kayak pendongeng aja dia.

"Gue ama Karina gak ada masalah apa-apa. Tapi ya gitu, gue sama dia udah putus!"

"Hah kok bisa?!"

Hendra ngegas gitu aja. Javi langsung menonyor kepala temannya itu. Soalnya dia teriak pas di samping telinganya. Untung aja gendang telinganya masih aman-aman aja.

"Heh budek kuping gue entar!"

"Tau ih ribut banget!"

"Hehehe sorry-sorry!" Hendra mengacungkan dua jarinya—damai katanya.

"Lagian elo sih, putus ama Karina kenapa diem-diem aja!" lanjut pemuda tan itu.

"Ya kali gue harus bikin pengumuman, emang gue siapa?"

"Eh bener juga, lo kan gak penting ya!" sahut Hendra yang berhasil dapet pitingan di lehernya.

"Ahh... Sakit woy lepasin!" berontaknya.

"Berisik Lo pada!"

Semuanya menoleh ke sumber suara, ada Rendra yang menghampiri mereka. Biasalah geng sekolah paling tenar, solid gitu mereka. Sudah bukan rahasia umum lagi kalo mereka bakal keluar dari lingkungan sekolah bersama. Sampai jalan tuh penuh sama kaum hawa yang mengelu-elukan ke-empatnya.

"Salam kek kalo masuk, gak sopan!" sahut Javi kesal. Tumben dia, biasanya juga kelakuannya sama aja.

"Ye si bambang, lo juga gitu kan kalo datang ke kelas orang!"

Ok sepertinya Javi harus menyerah kalo harus adu bacot sama Rendra, tuh anak punya seribu satu cara buat balikin omongannya. Mana bener semua lagi apa yang dia omongin—sialan—batin Javi akhirnya.

"Oh iya, gue sama Liana juga gak pacaran!" lanjut Janu pada akhirnya.

"Lah terus, tadi apa? Lo senyum-senyum gitu ke arah dia!" Javi masih kepo aja.

"Ya emang deket sih, cuma gue gak berani buat langsung gas gitu aja!"

"Bagus. Kalo gitu Lo masih punya malu Jan!"

Ini sih namanya Rendra emang setor nyawa ke teman-temannya. Omongannya pedes semua coy, untung aja temen batin lainnya. Toh sekalipun pedes gak ada yang berani lawan Rendra, selagi omongannya masih bener-bener aja.

"Nah iya, udah campakin Liana eh akhirnya sekarang lo nyesel juga!" timpal Hendra, main iya-iya aja.

"Apa gue bilang, lo gak pernah tau siapa Liana sebenernya kan. Gak pernah mau dengerin gue sih!" kini giliran Javi yang menyerang.

Janu menghela napas kasar, pusing dia dengerin ocehan-ocehan sahabatnya. Mending dia nyamperin Liana yang lagi nunggu dia di kelasnya. Iya, orang yang Janu maksud tadi itu Liana.

Kemarin mereka udah janjian gitu buat jalan. Sekalian cari perlengkapan sekolah katanya. Selama liburan Liana sibuk banget sama urusan OSIS, makanya gadis itu gak terlalu banyak mempersiapkan pelengkapan sekolahnya.

Kalau Janu jangan di tanya, dia tuh emang males aja nyiapinnya. Berhubung ada alasan buat deketin Liana, ya gas aja. Kapan lagi kan jalan sama Liana. Susah soalnya. Gadis itu kan masih sungkan gitu ke sahabatnya Karina.

"Dah lah, ribut mulu kalian. Pusing gue dengernya!" Janu beranjak dari tempat duduknya.

"Mau kemana lo?"

"Nyamperin Liana, gue kan mau jalan sama dia!" sahut Janu santai.

Teman-temannya cuma gelengin kepala pelan. Maklumi aja sih Sama yang lagi kasmaran. Soalnya kan yang lagi jomblo cuma Janu seorang.

"Ya udah lah yuk cabut aja, gue udah di tunggu Sonya di depan!" Hendra juga ikut beranjak dari tempatnya.

Javi dan Rendra cuma ngikut aja pada akhirnya. Mereka sebenernya sama aja, ada orang yang lagi nungguin mereka di parkiran. Javi sendiri mau nyamperin Mia di kelasnya, tadi gadis itu bilang masih ada urusan sama anggota PMR. Kalau Rendra jelas ada Sherly yang menunggunya.

Begitulah pada akhirnya kisah cinta di SMA. Ada suka duka yang selalu menghiasinya. Kayak cinta monyet gitu, gak tentu arahnya. Bisa serius, bisa juga gak. Ya nikmatin masa muda aja lah ya, perjalanan cerita mereka masih panjang soalnya.

______________________________________

Hai guys!
Gimana-gimana? Jadi sekarang Janu ama Liana mau kaya apa? Jangan lupa tinggalin jejak ya.

Selamat membaca, jangan lupa tekan bintang ya!

SACRIFICE  [END]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang