"Heh, lo jadi adek kelas tuh tau diri dong! Lu tau ga nih kita main angklung buat apaan? Buat perpisahan woy! Ngga tau kan?! Makanya nggak usah banyak bacot!" Bentak Kendra yang disebelahnya ada Jessa sambil menatap salah satu adik kelas ini.
Jadi, nih adek kelas cari masalah banget. Udah tau kelas 9 udah mau perpisahan. Lah, kita latihan buat perpisahan dia malah banyak bacot.
Apalagi pake acara nulis di status Facebook segala. Isinya kayak gini:
Tolong ya, buat kakak-kakak kelas 9, jangan pada main angklung terus dong. Tau nggak ini adek kelasnya lagi pada mempersiapkan UKK! Berisik tau ga... [ tag semua anak kelas 9, termasuk gue ]
Kampret emang jadi adek kelas nggak tau diri banget dah. Ya, gara-gara ke-nggak-tau-diriannya dia, jadi kita-kita pada ngelabrak dia.
Dan sekarang dia kicep abis. LOL.
*****
Gue lagi beres-beresin tas gym gue dan tiba-tiba Om Nicholas (petugas gym, pernah nongol di chapter sebelumnya, tapi gue lupa chapter berapa, hm) nongol ditemani dengan emak gue yang berjalan di agak di depannya.
"Anna, kamu tumben betah banget disini. Mama sekarang mau ke sekolahan kamu nih, mau ada pertemuan buat tahun ajaran baru," jelas mama panjang lebar.
"Yaudah sana, aku kan entar bisa minta jemput Pak Bayu," jawab gue masih sambil ngerapihin tas.
"Nggak bisa, Pak Bayu lagi ke Bogor sekarang," jawab Mama.
"Ke Bogor? Ngapain?" Tanya gue sambil mengikat tali sepatu.
"Jemput eyangmu tuh, kan tadi malem udah mama ceritain gimana sih kamu mah," jawab mama udah mulai nggak sabar.
"Ish, yaudah nanti aku pulang sendiri aja naik taksi," jawab gue sambil menatap mama. Eh, gue baru inget kalo Om Nicholas itu masih disini. Ngapain coba...
"Lah, ini Om Nicholas ngapain ngebuntut ke sini? Nggak ada kerjaan bukan?" tanya gue agak nyolot.
"Eh iya, kamu ngapain masih disini? Sana, balik lagi ke tempat tadi," perintah mama ke Om Nicholas.
Si om malah cuman nyengir habis itu pergi.
"Dih, gaje," gumam gue.
****
Satu bulan kemudian...
Gue berjalan masuk ke dalam gedung SMA. Mulai hari ini, gue udah resmi disebut murid SMA.
Hari ini, hari pertama MOS. Dan gue entah kenapa semangat banget. Tau kenapa? Gue penasaran sama kelas dan anak-anak kelas gue.
Ada cogannya nggak, ya?
Duh apaan sih gue jadi mikir begitu mulu kan. Zzzzzz.
Akhirnya gue menemukan sebuah papan yang nempel di salah satu dinding sedang dikerubungi anak-anak kelas X yang masih memakai seragam asal SMP-nya. Pasti itu papan isinya daftar murid tiap kelas.
Penasaran. Niatnya mau nyamperin, tapi males soalnya rame banget. Mau nunggu sampe kosong juga pasti lama banget. Beuh, serba salah ini mah.
Udeh ah. Bodo amat sama anak lain. Gue ikutan aja dorong-dorongan di depannya papan. Mumpung badan gue kecil ini, bisa nyelap-nyelip gampang.
Gue berhasil masuk ke dalam gerombolan depan papan. Hell, sempit banget jir. Gue bahkan ngga bisa gerak sama sekali. Boro-boro gerak, badan gue aja dari tadi terombang-ambing kesana kemari gara-gara kedorong.
Tapi gue kan cewek strong. Harus kuat dong sama keadaan kayak gini doang.
Ceilah, gayanya strong-strong. Di lemparin kecoa mati juga langsung kabur #tbh.Gue ngeliat ke papan untuk kelas IPA. Gue mulai baca dari awal-dari kelas X IPA-1.
And WHAT?!?!?!?!?
Gue X IPA-1
:O
:O
:O
Gue cengo di depan papan. Padahal badan gue masih terombang-ambing bak perahu di pantai #lah.
Gue terhanyut pikiran gue sendiri sampai akhirnya ada yang neriakin gue, "Woy, itu yang pendek di depan kalo udah tau kelasnya langsung pergi dong! Ini yang di belakang juga mau liat kelasnya nih!"
Kampret.
Siapa sih lu. Sampe gue tau muka lu yang mana, gue bejek-bejek lu.
Males berdebat karena sempit banget, akhirnya gue keluar dari gerombolan itu masih dengan tampang cengo.
Entah kenapa, gue mikirnya kalo dapet kelas awal-awal gitu biasanya isinya anak-anak jenius semua. No kidding.
Hari pertama MOS ngebosenin as always. Cuman pengarahan-pengarahan nggak penting dan hal sebagainya, kayak selama MOS ini, setiap hari kumpul di Aula jam setengah tujuh. Like seriously? Ini masih awal tahun, gaes.
Belum sampai situ, setiap hari gue harus ngedengerin bacotan seorang guru yang bibirnya monyong banget. Ditambah perutnya menggelembung gitu. Uchul, tapi jiji gimana gitu ya...
Hari kedua gue MOS bukannya membaik malah semakin memburuk. Jauh memburuk.
Dimulai dari pertama, gue bangun kesiangan. Lalu dilanjutkan dengan water heater gue yang nggak bisa nyala, sampai akhirnya gue mandi pagi pakai air dingin. For the love of cheese cake, itu dingin banget gue nggak bohong.
Kedua, pas gue sampe di sekolahan, gue liat anak-anak angkatan gue berbondong-bondong berjalan ke arah aula. Untung banget ya belom telat.
Gue berlari ke arah aula masih sambil pakai tas tapi untungnya gue udah pakai nametag. Tapi tiba-tiba ada yang nyegat gue.
Anaknya tinggi banget, dan pakai pin OSIS. Gue tau dia salah satu senior gue. Gue liat nametagnya, "Goldy", namanya. Dia ngeliatin gue sambil melotot, terus marah-marah, "Taruh tas di kelas dulu, baru balik kesini!"Gue dengan beraninya jawab, "Tapi itu gerbang aulanya udah mau ditutup."
I'm not kidding. Maybe kalau gue naruh tas dulu, waktunya nggak bakal dapat.
Gue kesel, yaudah gue lari ke lantai tiga dimana kelas gue berada. Pas sampe di kelas, tas gue lempar ke sembarang arah dan langsung lari ke aula lagi.
But, kalian tau apa yang terjadi? Si Goldy itu ngeliat gue dari kejauhan dan langsung menutup gerbang aula sedetik sebelum gue sampai disana.
"Kak, kok ditutup?" Tanya gue dengan ketus.
"Ya lo telat," jawab Goldy seenaknya.
"Tapi kan tadi lo sendiri yang nyuruh naruh tas dulu di kelas," balas gue tanpa takut.
"Sekali telat ya tetep telat, udah sana baris!" Bentak Goldy.
Gue kaget fix. Sejak kapan ya seorang Arianna Hestia ini dibentak. Whoa, no way, no fuckin' way.
"Lo belom tau gue nggak usah ngebentak-bentak deh!" Gue ngebentak Goldy balik.
Ekspresi dia makin marah, "Lo diem atau nanti bakalan gue kasih hukuman yang parah. Silahkan dipilih," tawar Goldy.
Gue nggak ada pilihan lain selain mundur. Gue nggak bakal mau dihukum lebih parah lagi dari ini oke.
Pas gue nengok, gue liat udah ada beberapa anak lain yanh terlamat. Yah, untunglah, I'm not the only one kayak Sam Smith.
Walaupun begitu, gue yakin, pasti hari ini gue bakal dipermalukan abis-abisan. Duh, taro dimana di muka gue yang cecan ini. Yakeles di pantat.
KAMU SEDANG MEMBACA
The Ugly Truth
Teen FictionSebenernya, happy ending itu ada beneran gak sih? Apa karma benar - benar nyata? Apa kehidupan yang di novel - novel itu beneran ada? Yang selalu berakhir bahagia tanpa masalah? Yang dapat menjalani hidupnya tanpa beban? Jujur aja, gue belom tau gim...