Tarjim: Ustadzah Fatimah Novel Jindan
📍Graha UNESA Surabaya
🗓 Selasa, 22 Agustus 2023
____قل إن كنتم تحبون اللّٰه فاتبعوني يحببكم اللّٰه ..
• Mahabbah atau cinta adalah fitrah & fitrah manusia adalah mencintai sesuatu yg indah..
Sedangkan semua yg indah ini diciptakan Allah & tidak ada yg sempurna kecuali Allah.
Dan jika Allah pemilik segala kesempurnaan, maka tidak ada yg pantas dicintai selain Allah.• ingatlah nikmat² yg Allah berikan pada kita, karena sudah pasti kita tidak mampu menghitungnya.
Maka ingatlah selalu ..
Dan dgn mengingat nikmat ini bisa membantu & menuntut kita untuk cinta pada Allah dan Allah ridho pada kita.
Ingat lalu cari jalan untuk sampai pada Allah.• Sayyidil Habib Umar memberi perumpamaan :
Jika kita diundang untuk acara walimah oleh raja, dan sampai didepan istana ada anjing..
Jika kita disibukkan untuk mengusir anjing itu maka kita akan terlambat datang ke acara..
Maka bagaimana cara kita bisa melewati anjing² itu ??
“hubungi si raja karena dia yg mengundang kita, maka raja akan menyuruh pasukannya untuk mengusir anjing² tsb”ini adalah perumpamaan..
Anjing² itu ibarat hawa nafsu kita.
Maka jangan sibukkan diri kita mengurus anjing tsb, akan tetapi mintalah pada Allah perlindungan & kebebasan dari hawa nafsu tsb.• الحياء لا يأتي إلا بخير
Rasa malu tidaklah datang kecuali membawa kebaikan• الحياء شعبة من الإيمان
Sifat malu itu adalah salah satu cabangnya keimanan• Para ulama' mengatakan :
Rasa malu itu bagus dan akan lebih bagus lagi jika ini ada para diri seorang wanita• Para sahabat mengatakan, bahwa rosulullah memiliki rasa malu yg bahkan lebih besar daripada rasa malu perawan yg sedang dipingit di kamar nya.
Jika ini ada pada lelaki, ada pada rosul..
Lantas bagaimana rasa malu Sayyidah Fatimah.
Sedangkan dikatakan bahwa beliau adalah bagian dari Rosulullah..
Tidak sempurna pengikutan kita kepada rosulullah tanpa mengikuti Sayyidah Fatimah.• Sayyidah Fatimah ketika keluar rumah, tidak akan nampak mana bagian depan/belakang..
Karena pakaian beliau keseluruhannya hitam.• Yg paling istimewa tentang Sayyidah Fatimah..
Ketika rosul bertanya kpd para sahabat “apa yg terbaik untuk seorang wanita?”
Para sahabat tidak bisa menjawabnya..
Hingga akhirnya sayyidina Ali pulang & menceritakan kejadian tadi pada Sayyidah Fatimah.
Dan lihatlah akhlak Sayyidah Fatimah, beliau bertanya kpd suaminya “apakah aku di izinkan untuk menjawabnya?”
Sayyidina Ali mengizinkan..
Lantas Sayyidah Fatimah menjawab ;
خير لهـن أن لا يـرين الـرجل ولا يـرونهـنّ
Yg terbaik untuk seorang wanita adalah ia tidak melihat laki² & tidak dilihat oleh lelakiواللّٰـه أعلم
📝 فــاطمة الزهـراء الحـامد